Review Mazda CX-5 2020: SUV Kompak Berpenampilan Sport nan Mewah dengan Fitur Segambreng

Enda · 8 Agu, 2020 20:00

Review Mazda CX-5 2020: SUV Kompak Berpenampilan Sport nan Mewah dengan Fitur Segambreng 01

Selain Mazda3 dan Mazda CX-30, masih ada produk Mazda lainnya yang bisa kalian banyak temui melenggang bebas di kota-kota besar di Tanah Air, salah satunya Mazda CX-5.

Dari beberapa model SUV yang dimiliki, SUV kompak dengan konfigurasi 5-Seater ini nyatanya cukup banyak digemari. Dengan begitu PT Eurokars Motor Indonesia yang mana selang dua tahun setelah peluncuran facelift pertama, pihaknya kembali meluncurkan Mazda CX-5 di penghujung 2019 lalu.

Meskipun mendapatkan penyegaran secara minor untuk model 2020, Mazda CX-5 tampil dengan bentuk wajah meruncing yang lebih sporty, merupakan bagian dari gaya desain KODO-Soul of Motion yang dianutnya. Tidak hanya fascia, tampilan samping serta buritan menampilkan garis-garis tegas yang merupakan Implementasi dari KODO desain, gabungan dari elemen kecepatan, kekuatan dan pesona.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Lantas, apa saja yang disuguhkan Mazda untuk CX-5 2020? Mari kita simak dalam review Mazda CX-5 2020.

Harga

Masuk dalam golongan SUV mewah, Mazda CX-5 2020 dihadirkan dalam beberapa varian, diantaranya: Touring, Grand Touring dan Elite. All New Mazda CX 5 tersedia dalam 3 varian. Harga mobil Mazda CX 5 berkisar dari Rp 508 juta hingga Rp 588 jutaan. Ini merupakan harga Mazda CX 5 Indonesia di tahun 2020. Untuk harga Mazda CX 5 bekas terbilang bervarian yang dimulai dari Rp 200 jutaan. Tetapi harga Mazda CX 5 ini belumlah pasti dikarenakan harga tersebut bergantung dari kondisi mobil. Mobil ini ditawarkan dengan dua pilihan warna baru. Soul Red Crystal Metallic dan Machine Grey Metallic.

HARGA MAZDA CX-5 2020
Tipe Mobil Harga Mobil
Touring Rp508.800.000
Grand Touring Rp548.800.000
Elite Rp588.800.000

Spesifikasi

Lihat tabel dibawah ini untuk mengetahui detail spesifikasi Mazda CX-5 2020.

MESIN
Tipe Mesin SKYACTIV-G 2.5 In-Line, 4-silinder DOHC 16 Valve
Kapasitas Silinder 2.488
Tenaga Maksimal 190 PS @6.000 Rpm
Torsi Maksimal 252 Nm @4.000 Rpm
Transmisi Otomatik SKYACTIV-DRIVE 6-Percepatan
Sistem Penggerak Front Wheel Drive (FWD)
Rekomendasi Bahan Bakar RON 90
DIMENSI
Wheelbase 2.700 mm
Panjang Keseluruhan 4.550 mm
Lebar Keseluruhan 1.840 mm
Tinggi Keseluruhan 1.680 mm
Ground Clearance 193 mm
SUSPENSI DAN KAKI-KAKI
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang Multi-Link
Rem Depan Ventilated Discs
Rem Belakang Solid Discs
Ukuran Ban 225/55R19
Ukuran Velg 19X7J

Sejarah

Review Mazda CX-5 2020: SUV Kompak Berpenampilan Sport nan Mewah dengan Fitur Segambreng 01

Mazda CX-5 dibangun dari sebuah mobil konsep Mazda yang diberi nama Minagi Concept pada 2011 di Geneva Motor Show. Saat itu mobil konsep Minagi sudah menganut desain KODO-Soul of Motion.

Review Mazda CX-5 2020: SUV Kompak Berpenampilan Sport nan Mewah dengan Fitur Segambreng 02

Kemudian pada 2012, Minagi dihadirkan dalam wujud nyata yang mana mulai diproduksi secara masal dan diberi nama Mazda CX-5. Dirancang oleh Masashi Nakayama, Mazda CX-5 digadang-gadang sebagai mobil pertama Mazda, yang diproduksi secara umum dengan menggunakan desain KODO-Soul of Motion.

Selain itu Mazda CX-5 dinobatkan sebagai kendaraan pertama Mazda yang menggunakan teknologi SkyActiv pada mesin dan transmisinya.

Review Mazda CX-5 2020: SUV Kompak Berpenampilan Sport nan Mewah dengan Fitur Segambreng 03

Selang tiga tahun sejak pertama kali dihadirkan, Mazda CX-5 mendapatkan facelift pertama yang dilakukan pada pertengahan 2015. Indonesia baru mendapatkan facelift pertama Mazda CX5 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Saat itu juga peluncurannya dilakukan langsung oleh PT Eurokars Motor Indonesia, selaku agen pemegang merek Mazda di Indonesia.

Review Mazda CX-5 2020: SUV Kompak Berpenampilan Sport nan Mewah dengan Fitur Segambreng 04

Kemudian pada November 2019, Mazda CX-5 kembali mendapatkan penyegaran berupa minor facelift. Generasi terakhir Mazda CX-5 yang ada saat ini, tetap menganut gaya bahasa desain KODO-Soul of Motion namun terlihat lebih bengis, dinamis dan sporty berkat adanya beberapa penyegaran. Penasaran dengan wujudnya yang sekarang? Tengok review Mazda CX-5 2020 mulai dari tampilan eksterior.

Eksterior

Tampilan luar Mazda CX-5 2020 hadir dengan guratan berupa garis tegas yang memperlihatkan lekukan agresif di setiap area bodi.

1. Tampilan depan

Meski hanya mendapatkan minor facelift, tampilan depan Mazda CX-5 terlihat lebih agresif dibanding generasi sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari adanya Under Garnish yang kini dilabur silver, membuatnya terlihat seperti Under Guard.

Review Mazda CX-5 2020: SUV Kompak Berpenampilan Sport nan Mewah dengan Fitur Segambreng 05

Tampilan depan lainnya masih sama dengan generasi sebelumnya, yang mana bentuk grill model sarang lebah berukuran besar, garis krom dengan desain Signature Wing. Hanya saja Mazda CX-5 kini memiliki sistem pencahayaan LED Projector Headlamp yang sudah dilengkapi lampu adiptif.

Dimana dalam hal ini sorotan lampu akan mengikuti gerakan putaran pada stir, sehingga visibilitas berkendara pada malam hari akan sangat terbantu.

2. Tampilan samping

Review Mazda CX-5 2020: SUV Kompak Berpenampilan Sport nan Mewah dengan Fitur Segambreng 06

Mazda CX-5 masih tetap menggunakan velg berukuran 19 inci yang dilapisi ban ukuran 225/55. Tampilan samping Mazda CX-5 2020 tetap mempertahankan guratan garis tegas dari fender hingga pintu bagian depan yang membuatnya terlihat kekar.

3. Tampilan belakang

Bergeser ke bagian buritan, Mazda CX-5 masih memiliki bentuk yang sama dengan generasi sebelumnya. Dimana pada pintu bagasi serta Stop Lamp masih memperlihatkan kesan sport dan dinamis.

Review Mazda CX-5 2020: SUV Kompak Berpenampilan Sport nan Mewah dengan Fitur Segambreng 07

Untuk membuka serta menutup pintu bagasi, Mazda CX-5 2020 dilengkapi fitur Power Lift Gate yang mana pintu bagasi dapat terbuka dan tertutup secara elektrik.

Interior

Beranjak ke sektor interior, Mazda CX-5 2020 mendapatkan penyegaran berupa tampilan ergonomis serta kekedapan untuk menambah kenyamanan dalam berkendara. Kabin masih tetap sama, dengan nuansa sporty dan elegan, dimana kabin dari pada Mazda CX-5 secara mayoritas dibalut dengan warna hitam.

1. Dashboard

Menambah kesan mewah, tampilan Dashboard dengan material Soft Touch dikombinasikan aksen Wood Panel. Mazda CX-5 2020 juga mendapatkan ubahan berupa panel instrumen berupa layar LCD 7 inci TFT beresolusi tinggi yang mana berfungsi sekaligus sebagai MID.

Review Mazda CX-5 2020: SUV Kompak Berpenampilan Sport nan Mewah dengan Fitur Segambreng 08

Untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara, stir kemudi juga sudah dilengkapi Steering Switch Audio Control, sehingga pengaturan audio menjadi lebih praktis. Selain itu adanya Paddle Shift dibalik roda kemudi, guna memberikan kemudahan pengemudi saat melakukan perpindahan percepatan.

Pengemudi Mazda CX-5 juga dimudahkan dengan adanya Active Driving Display, yang mana pengemudi bisa mendapatkan informasi penting dalam berkendara seperti: status atau keadaan kendaraan.

Review Mazda CX-5 2020: SUV Kompak Berpenampilan Sport nan Mewah dengan Fitur Segambreng 09

Sistem pengatur suhu udara dengan tampilan digital yang terletak pada Center Cluster dapat dioperasikan secara otomatis yang juga bisa diatur untuk memberikan udara dingin maupun panas.

Ketika kalian membutuhkan koneksi jaringan internet, maka sistem Audio yang terletak di atas Center Cluster mampu memberikan itu semua. Selain itu kalian juga bisa mengakses jejaring sosial seperti Facebook dan Tiwtter melalui fitur yang tersedia pada sistem Audio.

2. Jok lebih nyaman

Jok baris kedua Mazda CX-5 mengadopsi mekanisme lipat dua langkah, sehingga memungkinkan kursi belakang untuk bersandar hingga 28 derajat. Dalam hal ini penumpang bagian belakang akan merasa lebih nyaman, terlebih adanya tambahan berupa ventilasi AC di belakang konsol tengah.

Review Mazda CX-5 2020: SUV Kompak Berpenampilan Sport nan Mewah dengan Fitur Segambreng 10

Kulit jok dari pada Mazda CX-5 terasa lebih empuk dan terkesan lebih sporty, dengan dibalut bahan kulit warna hitam yang disatukan dengan jahitan benang berwarna emas.

3. Bagasi luas

Review Mazda CX-5 2020: SUV Kompak Berpenampilan Sport nan Mewah dengan Fitur Segambreng 11

Kalian yang suka berpergian membawa barang dengan jumlah cukup banyak jangan khawatir. Mazda CX-5 diklaim mampu memuat barang dengan kapasitas mencapai 442 liter. Terlebih saat jok baris kedua dilipat, maka kalian bisa membawa barang dengan jumlah lebih banyak.

Fitur keselamatan

Sebagai SUV mewah, Mazda CX-5 2020 sudah dibekali banyak fitur keselamatan. Sehingga pengendara dapat merasa nyaman dalam berkendara. Fitur keselamatan pada Mazda CX-5 setidaknya dibagi menjadi dua, aktif dan pasif.

1. Keselamatan aktif

Fitur keselamatan pintar G-Vectoring Control Plus (GVC Plus) berhasil disematkan pada SUV ini guna memberi kestabilan selama kendaraan menikung. Dalam hal ini torsi pada mesin kembali dinormalkan untuk memindahkan berat ke belakang. Saat tikungan berakir, daya pengereman diaplikasikan ke roda terluar untuk mengembalikan kendaraan dalam posisi lurus.

Review Mazda CX-5 2020: SUV Kompak Berpenampilan Sport nan Mewah dengan Fitur Segambreng 12

Mazda CX-5 2020 juga ditanami Anti Lock Breaking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) guna memberikan daya pengereman terbaik untuk menghindari tabrakan dengan objek yang ada di depan.

Fitur keselamatan aktif mobil MAZDA CX-5 lainnya yang berhasil disematkan pada SUV ini antara lain: Dynamic Stability Control (DSC), Trancton Control System (TCS), Hill Launch Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), Driver Attention Alert (DAA), Adaptive Front-lighting System (AFS), Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Smart City Brake Support (SCBS), sensor parkir depan dan belakang, kamera belakang, kamera 360 derajat yang tersambung dengan layar, dan terakhir Auto-hold menahan tekanan rem saat pengemudi berhenti dan bersiap kembali melakukan perjalanan.

2. Keselamatan pasif

Untuk memberikan perlindungan terhadap pengemudi dan penumpang di dalam kabin, mobil Mazda CX-5 turut dibekali fitur keselamatan pasif berupa Isofix, High-mount Stop Lamp, Side-impact Door Beams, serta struktur body yang sudah menggunakan SkyActiv-Body.

Spesifikasi mesin

Review Mazda CX-5 2020: SUV Kompak Berpenampilan Sport nan Mewah dengan Fitur Segambreng 13

Mobil Mazda CX-5 2020 diketahui hanya mendapatkan ubahan secara minor. Maka, sektor dapur pacu masih sama dengan generasi sebelumnya. Mesin type SKYACTIV-G 2.5L DOHC 16 Valve 4-silinder segaris menurut data di atas kertas mampu melecutkan tenaga maksimal mencapai 190 PS @6.000 Rpm yang mana menghasilkan torsi maksimal 251 Nm @3.250 Rpm.

Untuk memberikan putaran ke roda depan, mesin mobil Mazda CX-5 yang telah menganut teknologi SkyActiv ini dikawinkan transmisi otomatik 6-percepatan dengan type SKYACTIVE-DRIVE.

Performa dan Handling

Ketika mobil Mazda CX-5 2020 dibawa mengaspal, rasanya masih sama dengan generasi sebelumnya. Mesin 2.5 L dengan teknologi SKYACTIV-G mempunyai tenaga cukup besar dan tidak terasa saat mobil dibawa kencang melahap di jalan bebas hambatan.

Review Mazda CX-5 2020: SUV Kompak Berpenampilan Sport nan Mewah dengan Fitur Segambreng 14

Namun transmisi otomatik SKYACTIV-DRIVE 6-Percepatan ditarikan bawah terasa biasa saja. Jika kalian ingin merasakan performa lebih menjambak, kalian bisa menggunakan fitur Paddle Shift di balik kemudi.

Bicara soal Handling, mobil ini mempunyai Handling yang baik. Hal tersebut berkat fitur G-Vectoring Control Plus (GVC Plus) yang ditanamkan pada Mazda CX-5 2020. Fitur GVC Plus yang dimiliki oleh Mazda CX-5 2020 diketahui merupakan pengembangan fitur G-Vectoring Control (GVC) sebagai bagian dari teknologi SKYACTIV-VEHICLE DYNAMICS milik Mazda.

Hal ini memungkinkan CX-5 2020 dapat dikontrol jauh lebih baik di berbagai situasi saat melakukan Handling. GVC Plus dapat menjaga kendali mobil saat melakukan perpindahan lajur di kecepatan tinggi dan menjaga posisi kendaraan agar tetap stabil saat melintas di jalan yang licin.

Konsumsi BBM

Untuk sebuah SUV mewah dengan kubikasi besar, Mazda CX-5 2020 tergolong irit dalam penggunaan bahan bakar. Tercatat bahwa Mazda CX-5 sukses meraih angka 10.6 Km/l untuk konsumsi BBM. Hal ini berkat adanya system Direct Injection serta teknologi SKYACTIV-G.

Video

Memiliki paras yang sporty, dinamis, dan berotot, Mazda CX-5 sangat cocok dimiliki kaula muda untuk berpetualang maupun mobilitas sehari-hari.

Kesimpulan

Menginginkan sebuah SUV mewah dengan tampilan sporty, dinamis, dan berotot dengan konfigurasi 5-Seater yang siap diajak berpetualang, juga siap digunakan dalam aktifitas sehari-hari, menjatuhkan hati pada Mazda CX-5 merupakan pilihan yang tepat.

Selain banyaknya fitur keselamatan, keamanan, serta kenyamanan yang disuguhkan, All New Mazda CX-5 memiliki catatan penggunaan konsumsi yang terbilang irit. Bicara soal harga mobil Mazda CX 5 yang ditawarkan, dengan apa yang didapat, menurut kami sangat sepadan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru