Review Nissan March: City Car Compact Sarat Fitur

Anissa · 19 Sep, 2020 17:00

Review Nissan March: City Car Compact Sarat Fitur 01

Nissan March adalah salah satu model small hatchback pabrikan Nissan. Mobil yang satu ini dikenal sebagai city car yang andal digunakan di perkotaan berkat bodinya yang mungil dan compact. 

Di Jepang sendiri, Nissan March dikenal dengan nama Nissan Micra. Meskipun nama Nissan March mulai meredup karena ramainya persaingan di segmen yang sama dengan para pesaingnya seperti Honda Brio atau Mitsubishi Mirage, tetapi Nissan March ternyata memiliki keunggulannya tersendiri.

City Car yang satu ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih dan berkelas. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009 dan telah dijual di 160 negara di seluruh dunia. 

Nissan March yang pertama kali masuk ke Indonesia adalah Nissan March generasi keempat, dan pertama kali diperkenalkan di pasar otomotif Tanah Air pada tahun 2010 lalu. Saat itu, tren city car memang sedang menjamur di Indonesia, dan menarik minat Nissan untuk memasarkan mobil ini. 

Harga

Di Indonesia, mobil Nissan March tersedia dalam 5 varian. Harga Nissan March berkisar dari Rp 186 juta hingga Rp 226 jutaan. Ini merupakan harga mobil Nissan March 2020. Tentu saja dengan harga mobil March tersebut, banyak yang mengincarnya. Ini dikarenakan spesifikasi Nissan March yang terbilang unggul. Untuk harga Nissan March bekas beragam dikarenakan bergantung pada kondisi mobil tersebut. Untuk lebih rincinya, mari kita lihat pada tabel berikut ini.

Varian Harga
Nissan March 1.2 MT Rp185.800.000
Nissan March 1.2 AT Rp196.600.000
Nissan March 1.2 XS AT Rp207.400.000
Nissan March 1.5 MT Rp214.900.000
Nissan March 1.5 AT Rp225.600.000

Spesifikasi Nissan March

Dimensi Nissan March
Panjang 3.780 mm
Lebar 1.665 mm
Tinggi 1.525 mm
Wheelbase 2.440 mm
Ground Clearance 147 mm
Bobot 1.012 kg
Mesin Nissan March
Tipe Mesin

In-line 3 Silinder, HR12DE, 12 valve (1,2 L)

In-line 4 Silinder, HR15DE, 16 valve (1,5 L)

Kapasitas

1,2 liter (1.198 cc)

1,5 liter (1.498 cc)

Power Output

76 HP / 6.000 rpm (1,2 L)

100 HP / 6.000 rpm (1,5 L)

Torsi

103 Nm / 4.000 rpm (1,2 L)

143 Nm / 4.000 rpm (1,5 L)

Transmisi

Manual 5 Percepatan

Otomatis 4 Percepatan

Sistem Penggerak Front Wheel Drive
Kapasitas Tangki 41 Liter
Bahan Bakar Bensin
Kaki-kaki Nissan March
Ukuran Ban 175/60 R15
Material Velg Alloy Wheels
Suspensi dan Rem Nissan March
Suspensi Depan McPherson strut
Suspensi Belakang Torsion beam
Rem Depan Ventilated disc
Rem Belakang Drum/tromol

Sejak pertama kali hadir di Indonesia, Nisan March telah mendapatkan dua kali facelift. Yang pertama adalah pada tahun 2014, dimana Nissan Motors Indonesia memberikan grille baru berdesain V-motion. Nissan juga menghadirkan varian baru, yakni Nissan March 1.500 cc pada facelift pertamanya dengan mesin HR15DE, mesin yang sama dengan mesin milik Nissan Grand Livina. 

Review Nissan March: City Car Compact Sarat Fitur 01

Facelift yang kedua dilakukan tiga tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2017. Pada facelift tersebut, Nissan March mendapat tambahan fitur lampu Daytime Running Light (DRL) untuk menggantikan lampu kabut. 

Eksterior

Nissan March yang beredar di pasar otomotif Indonesia ini merupakan versi facelift terbaru yang telah mendapatkan perubahan. Salah satu perubahan utamanya terletak pada lampu Daytime Running Light (DRL) yang disematkan untuk menggantikan fog lamp atau lampu kabut. 

Eksterior sendiri menggunakan desain yang cenderung membulat, tampak stylish dengan penggunaan alloy wheel serta LED rear lamp baru. City Car pabrikan Nissan ini dibekali dengan velg berukuran 15 inci. Berkat LED Spoiler dengan LED High- Mounted Stop Lamp, sisi aerodinamis Nissan March semakin stabil. Selain itu, terdapat pula LED Rear Combination Lamp di bagian belakang. 

Review Nissan March: City Car Compact Sarat Fitur 02

Nissan March model tertinggi sendiri telah dilengkapi dengan tampilan eksterior terbaik, serta fitur smart key dan auto retractable door mirror, dan kaca spion otomatis. Bagian bumper bawah juga didominasi dengan nuansa hitam dan chrome, mud guard, wiper depan dan belakang, rear window defogger, serta door mirror electric yang bisa dilipat otomatis. 

Tidak hanya itu, eksterior mobil March semakin menawan berkat penggunaan back door garnish dan exhaust finisher. Sedangkan untuk pilihan warnanya sendiri, Nissan March tersedia dalam 5 pilihan warna, yakni Ruby Red, Blossom Pink, Pearl White, Platinum Silver, dan Onyx Black.

Interior

Kendati memiliki bodi yang compact, Nissan March masih memberikan interior nyaman dan leluasa. Kabinnya bisa menampung hingga 5 orang penumpang. Selain itu, Nissan March juga diperkaya dengan berbagai fitur canggih.  

Review Nissan March: City Car Compact Sarat Fitur 03

Kursi Nissan March terbuat dari material berkualitas dengan efek suede trim pada permukaan jok dan juga pada panel pintu. Disematkannya power window juga memudahkan pengemudi maupun penumpang untuk membuka dan menutup jendela secara otomatis dari panel armrest samping. Bagian konsol tengahnya dilengkapi dengan New AVMonitor with Mirroring Technology agar berkendara menjadi lebih nyaman.

Nissan March memiliki bagasi dan tempat penyimpanan yang cukup fleksibel, dan ada pula tambahan cup holder untuk penumpang di kursi belakang. Mobil hatchback ini memiliki kursi belakang yang bisa dilipat untuk memaksimalkan ruang bagasi hingga 251 liter.

Fitur

Meskipun kelihatan sederhana, Nissan March ternyata sarat dengan fitur dan teknologi modern. Sebut saja Intelligent Key & Immobilizer untuk membuka pintu sekali sentuh tanpa kunci (tersedia untuk tipe 1,5 L). Ada pula fitur steering switch audio control untuk kemudahan mengatur sistem audio ketika mengemudi (tersedia untuk tipe 1,5L). 

Sebagai fitur infotainment-nya, mobil ini mengandalkan Multi Information Display (MID). MID ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melihat berbagai menu informatif seperti trip information, intelligent fuel sensor, rest reminder, dan hingga birthday and anniversary reminder yang tersedia di tipe 1,5 L.

Review Nissan March: City Car Compact Sarat Fitur 04

Bicara soal fitur keselamatan, Nissan March ternyata memiliki fitur keselamatan yang cukup lengkap. Untuk fitur keselamatan aktifnya, Nissan March dibekali dengan Anti lock Braking System, Brake Assist, Electronic Brake Distribution, Sensor parkir, dan Vehicle Stability Control System.

Sedangkan untuk fitur keselamatan pasifnya juga tidak kalah lengkap. Mobil Nissan March hatchback kecil ini dilengkapi dengan SRS Airbags untuk pengemudi dan penumpang, sabuk pengaman 3-point ELR untuk barisan depan, hingga pengaturan kursi ISOFIX untuk penumpang anak-anak. Sementara untuk fitur keamanannya, mobil ini dilengkapi dengan security alarm with shock sensor.

Performa Berkendara

Bukan hanya menjadi City Car yang sarat dengan fitur canggih, Nissan March juga menawarkan dua pilihan mesin, yakni mesin 1.2 LHR12DE DOHC dan mesin 1.5 L HR15DE DOHC. Mesin ini pernah digunakan pada model Nissan Evalia dan Nissan Grand Livina keluaran lama. 

Nissan March berkapasitas 1,2 Liter bermesin 3 silinder, DOHC, 12 valve diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 76 HP pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak 103 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. 

Review Nissan March: City Car Compact Sarat Fitur 05

Sementara itu, Nissan March berkapasitas 1,5 liter dibekali dengan mesin 4 silinder, DOHC, 16 valve dan diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 100 HP pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi hingga 143 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Menariknya lagi, Nissan March menawarkan dua pilihan transmisi, yakni sistem transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

Nissan March bisa dibilang memiliki suspensi yang cukup halus. Suspensinya efektif meredam getaran dengan baik saat melintas di jalanan berkontur dan tidak rata, termasuk jalanan berlubang. Sayangnya, suspensinya yang halus ini justru membuat pengendaraannya kurang stabil ketika dipacu dengan kecepatan tinggi.

Video

Kesimpulan

Perlu diakui bahwa Nissan March memang merupakan salah satu City Car yang andal dan tidak bisa dianggap remeh. Desainnya yang compact membuat mobil ini sangat cocok dikendarai di daerah perkotaan.

Selain itu, fitur keselamatan mobil March yang lengkap juga dapat membuat para konsumen merasa lebih aman dan tenang saat berkendara. Nissan March juga menyediakan pilihan warna yang beragam, serta pilihan mesin dan transmisi yang bisa disesuaikan dengan selera maupun kebutuhan para konsumennya di Indonesia.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Nissan March 1.2L MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru