window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Pemilik: Suzuki SX4 2008 Crossover Perkotaan dengan Fitur Lengkap di Zamannya

Enda · 31 Des, 2022 09:00

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Suzuki SX4 yang dimilikinya selama 5 bulan.

Suzuki SX4

Informasi Mengenai Suzuki SX4 2008 yang Dimiliki

Suzuki SX4 2008 pada ulasan kali ini merupakan generasi pertamanya yang diluncurkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Indonesia pada tahun 2007. Berdasarkan tipe, untuk trimnya merupakan varian teratas dengan transmisi manual 5-percepatan.

Pemilik mobil ini menyebutkan saat itu ia mendapatkan Suzuki SX4 ini di harga Rp63 juta dengan kondisi hampir tidak ada perbaikan setelah dipakai beberapa minggu. Kendala yang dialami saat pertama membeli yakni pajak mepet dan tanpa foglamp di bagian depan. Untuk jarak tempuhnya saat itu berada di 200 ribu kilometer.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Suzuki SX4

Sebagai mobil untuk keluarga beranggotakan tiga orang, mobil ini sudah lebih dari cukup digunakan untuk berpergian di akhir pekan. Kurang lebih pemakaian dalam jangka waktu satu bulan, mobil ini mulai timbul gejala di beberapa bagian.

Salah satunya pada AC, pemilik mobil ini merasakan saat digunakan di siang hari AC nya terasa kurang dingin, terlebih ketika terjebak di kemacetan. Untuk kasus yang satu ini, setelah dilakukan pengecekan ternyata ditemukan masalah extra fan yang berkerja secara tidak maksimal untuk membuang udara panas dari kondensor.

Review Pemilik: Suzuki SX4 2008 Crossover Perkotaan dengan Fitur Lengkap di Zamannya 02

Setelah ditanya kepada montir yang menangani hal tersebut, Suzuki SX4 generasi 1 dengan kejadian extra van yang tidak dapat berkeja secara maksimal merupakan masalah umum. Hal itu dikarenakan posisinya yang berdekatan dengan header sehingga kerap membuat motor melemah.

Kasus lainnya timbul ketika mobil berjalan di kecepatan 20 km/jam dan usai melewati speed bump. Saat mulai kembali berakselerasi, seringkali pemilik merasakan gejala ngelitik (knocking) cukup keras disertai munculnya getaran mesin dengan irama yang sama.

Dirasa kurang nyaman, pemilik mendatangi bengkel untuk melakukan tune up serta menggunakan BBM dengan oktan tinggi lebih tinggi. Masalah knocking ini pun lenyap.

Baca juga: Harga Bekasnya Beda Tipis, Pilih Suzuki SX4 Gen 1 atau Suzuki Ignis?

Model Lain Sebelum Membeli Suzuki SX4 2008

Review Pemilik: Suzuki SX4 2008 Crossover Perkotaan dengan Fitur Lengkap di Zamannya 03

Sebelum membeli Suzuki SX4 2008, pemilik memiliki beberapa pilihan lain, yakni Honda Jazz dan Toyota Yaris. Namun untuk saat itu Honda Jazz di harga Rp60 jutaan pilihannya ada pada produksi tahun 2004 dan 2005 yang dengan kata lain lebih tua empat tahun.

Untuk Toyota Yaris dengan pasaran di harga Rp60 jutaan ada. Namun saat itu minus pajak cukup lama dan kondisi yang membutuhkan banyak perbaikan.

Kenapa Memilih Suzuki SX4 2008?

Suzuki SX4

Alasan pemilik menjatuhkan pilihan pada Suzuki SX4 2008 dikarenakan selain tampilannya yang tangguh ala crossover, fiturnya mobil ini terbilang lengkap. Untuk keselamatan berkendara telah dibekali rem cakram di semua roda dengan Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Guna menghindari dari tindakan pencurian, kuncinya sudah menggunakan immobilizer dan alarm.

Bagian dalamnya, pada center clusternya sudah mendapatkan layar MID kecil yang dapat menampilkan informasi secara digital baik suhu serta rata-rata penggunaan konsumsi bahan bakar. 

Tepat dibawahnya terdapat head unit yang dapat memutar CD termasuk file audio mp3 dan port AUX. Pengaturan sistem hiburannya bisa dilkendalikan melalui tombol yang terletak di palang kiri setirnya.

Baca juga: 5 Hal Menarik Suzuki SX4 Gen 1, Crossover Rp60 Jutaan dengan Fitur Keselamatan Modern

Suzuki SX4

Selain itu, fitur lainnya yang bisa kalian jumpai pada mobil ini yakni deffoger, power window, dan kaca spion electric yang dapat dilipat (retractable).

Faktor lain yang membuat pemilik memutuskan untuk membeli Suzuki SX4 2008 yakni bagasinya. Mempunyai volume yang cukup besar, pemilik dapat mengakomodir barang dengan jumlah banyak seperti tas dan perbekalan lainnya saat berpergian keluar kota.

Kelebihan Suzuki SX4 2008

  • Tampilan tangguh ala mobil SUV
  • Kabin luas
  • Fitur lengkap di zamannya
  • Rem cakram di semua roda
  • Mesin tangguh dan mudah dalam perawatan
  • Spare part banyak persamaan dengan model Suzuki lainnya

Kekurangan Suzuki SX4 2008

  • Lemah di extra van
  • Bantingan keras
  • Putaran setir terasa berat
  • Gejala knocking dan getar pada kecepatan rendah
  • Relatif boros bahan bakar
  • Kopling keras

Kesimpulan

Memiliki pasaran harga bekas yang cenderung lebih murah dibanding Honda Jazz dan Toyota Yaris, Suzuki SX4 gen 1 bisa menjadi opsi terbaik untuk kalian yang memiliki anggota keluarga tidak lebih dari 5 orang.

Memiliki tampilan yang energik dan tangguh layaknya sebuah mobil SUV, generasi pertama SX4 mempunyai fitur yang lengkap di zamannya, kabin luas, serta mudah dan murah dalam hal perawatan.

Baca juga: Harga Suzuki SX4 2008 Mulai Rp80 Jutaan, Perhatikan Kelemahannya Sebelum Beli

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki SX4 S-Cross MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil