Sebelum Membeli Daihatsu Terios 2021, Ketahui Kekurangan Saudara Kembar Toyota Rush Ini!

Enda · 17 Des 2020 16:00

All New Daihatsu Terios 2021 

Bersamaan dengan Toyota Rush, PT Astra Daihatsu Motor selaku Agen Pemegang Merek mobil Daihatsu, meluncurkan Daihatsu Terios 2021 pada akhir 2017.

Sama seperti Toyota Rush, Low Sport Utility Vehicle (LSUV) garapan Daihatsu ini mendapat banyak ubahan di sektor tampilan luar dan dalam.

All New Daihatsu Terios untuk sebutannya sekarang ini menurut situs resminya dibandrol Rp211.8 juta – Rp266.4 juta.

Sebagai LSUV yang bisa dikatakan sangat terjangkau, All New Daihatsu Terios dihadirkan dengan beberapa fitur keselamatan dan keamanan yang bisa memberikan perlindungan dan kenyamanan terhadap penggunannya.

Namun di balik kelebihannya, All New Daihatsu Terios mempunyai beberapa kekurangan, yang mungkin kalian belum mengetahuinya.

Suara bising masih bisa tembus masuk ke dalam kabin All New Daihatsu Terios?

Interior All New Daihatsu Terios 2021

Meski sudah dilengkapi dengan karpet peredam beserta silencer, nyatanya banyak pengguna mengulahkan suara bising dari luar yang masih bisa terdengar hingga ke dalam kabin. Hal ini tentunya mengurangi kenyaman berkendara.

Memang soal peredam All New Daihatsu Terios ini terbilang lebih tipis dibandingkan dengan All New Toyota Rush.

Berkurangnya fitur keselamatan dan kemanan pada tipe terendahnya?

Fitur All New Daihatsu Terios 2021

Memiliki perbedaan harga Rp15 juta hingga Rp30 juta, antara tipe X dengan tipe R, All New Daihatsu Terios X mendapatkan banyak penyunatan fitur. Sebagai trim terendah, All New Daihatsu Terios X belum dilengkapi Hill-Start Assist (HSA), remot key, Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Stop Signal (ESS).

Selain itu juga belum disematkan audio & phone handsfree steering switch, advanced audio system, key free, start stop button, AC digital, auto on headlamp, driver seat height adjuster dan 6 mid range speaker & 2 tweeter.

Lingkar rodanya juga hanya mendapat satu warna dengan ukuran 16 inci berprofil 215/65 R16.

Material plastik terkesan murah?

Material All New Daihatsu Terios 2021

Secara tampilan dalam, All New Daihatsu Terios 2021 memang lebih baik dari generasi sebelumnya. Tampilannya terkesan lebih nyaman, ergonomis dan lapang. Namun ketika kalian mencoba untuk merabanya, bahan material plastik yang digunakan terkesan murahan.

Ruang kabin terkesan lebih sempit dari Mitsubishi Xpander Cross?

Ruang kabin All New Daihatsu Terios 2021

Dimensi All New Daihatsu Terios 2021 memiliki panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.706 mm. Jarak antara kabin luar dengan permukaan aspal setinggi 220 mm.

Dibandingkan dengan Mitsubishi Xpander Cross 2021, dimensi All New Daihatsu Terios 2021  nyatanya lebih kecil. Di mana Mitsubishi Xpander Cross 2021 mempunyai panjang 4.500 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.750 mm. Sedangkan Ground Clearancenya 255 mm.

Faktor lainnya yang membuat All New Daihatsu Terios 2021 terkesan lebih sempit karena memakai penggerak roda belakang. Meski menggunakan sasis model semi monokok, kabin dibuat model bertangga untuk memberi ruang terhadap sistem diferensialnya.

Perbandingan dimensi Daihatsu Terios vs Mitsubishi Xpander Cross
Ukuran All New Daihatsu Terios 2021 Mitsubishi Xpander Cross 2021
Panjang 4.435 mm 4.500 mm
Lebar 1.695 mm 1.800 mm
Tinggi 1.706 mm 1.750 mm

Handling dikecepatan tinggi All New Daihatsu Terios 2021 masih kurang nyaman?

All New Daihatsu Terios 2021

Menggunakan suspensi depan model MacPherson Strut with Coil Spring & Stabilizer, serta 5 Link Lateral Rod with Coil Spring & Stabilizer di bagian belakang, tidak sepenuhnya berhasil memperbaiki keluhan akan body roll berkat memiliki titik tingkat gravitasi yang tinggi.

Diharapkan kedepannya Daihatsu membenahi gejala body roll ini yang kerap kali dikeluhkan oleh pelanggan.

Tenaga All New Daihatsu Terios 2021 lebih kecil dari varian sebelumnya?

Mesin All New Daihatsu Terios 2021

Sejak mendapat model terbaru secara keseluruhan, All New Daihatsu Terios 2021 juga berhasil ditanamkan mesin teranyar berkodekan 2NR-VE, 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i 1.496 cc. Jantung pacunya berhasil merilis tenaga hingga 104 PS @6.000 Rpm serta torsi maksimal 13.9 Kgm @4.200 Rpm.

Namun nyatanya mesin anyar yang ada pada All New Daihatsu Terios ini memiliki tenaga lebih kecil dibandingkan generasi sebelumnya. Di mana mesin dengan kode 3SZ-VE 1.5L dengan 4 silinder 16 Valve DOHC bersistem VVT-I ini dapat melecutkan tenaga 109 PS @.000 Rpm di angka torsi maksimal 14.4 kgm @ 4.400 Rpm.

Mesin terbaru All New Daihatsu Terios memiliki karakter torsi yang lebih merata. Hal ini membuat All New Daihatsu Terios dirasa lebih lambat dan kurang bertenaga di putaran bawah ketimbang mesin 3SZ yang ada di Rush dulu.

Transmisinya dirasa kurang responsif?

Transmisi All New Daihatsu Terios 2021

All New Daihatsu Terios 2021 masih mempertahankan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan.

Selain mendapatkan jantung mekanik baru dengan tenaga lebih kecil dari mesin Rush sebelumnya, transmisi otomatis yang dipakai juga terbilang payah.

Transmisi otomatis konvensional 4-percepatan yang digunakan terbilang jadul, lambat dan kurang nyaman. Hal ini bisa dirasakan lambanya respon ditarikan pertama, serta hentakan dari perpindahan gigi naik dan turun yang dirasa kurang halus.

Kesimpulan

Seperti yang bisa dilihat dari beberapa parameter di atas, All New Daihatsu Terios 2021 memiliki beberapa kekurangan di sektor jantung mekanik, transmisi otomatis, serta kabin yang dirasa sedikit sempit dibandingkan rivalnya.

Pada trim terendahnya juga mengalami banyak penyunatan fitur yang bisa mengurangi kenyamanan berkendara.

Komentar

Mobil Terbaru