window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daihatsu Terios R Custom Lebih Murah dari New Toyota Rush GR Sport 2024, Harga Terjangkau Malah Menang Banyak!

Enda · 2 Apr, 2024 18:02

Toyota Rush Vs Daihatsu Terios

Menyusul Daihatsu Terios, PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan New Toyota Rush GR Sport 2024 dengan mendapatkan penyegaran secara minor change pada Senin, 1 April 2024.

Seperti saudara kembarnya yang sudah lebih dulu memperoleh improvement pada Juni 2023, penyegaran pada New Rush dilakukan pada sektor desain eksterior dan interior, serta penyematan beberapa fitur terbaru.

Sebagai varian teratas, Daihatsu Terios R Custom AT saat ini dibandrol Rp306.750.000 atau lebih murah Rp3,7 juta dari New Rush 1.5 GR Sport AT 2024

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sebagai tipe termahal, New Toyota Rush GR Sport AT 2024 dinagakan Rp310.450.000 OTR Jakarta.

Baca juga: Toyota Rush GR Sport Improvement 2024 Resmi Meluncur, Ini Daftar Harganya

Harga Daihatsu Terios terbaru 2024

  • X MT: Rp240.550.000
  • X AT: Rp250.950.000
  • X ADS MT: Rp252.500.000
  • X ADS AT: Rp262.900.000
  • R MT: Rp273.450.000
  • R AT: Rp283.950.000
  • R ADS MT: Rp283.450.000
  • R ADS AT: Rp293.950.000
  • R Custom MT: Rp296.250.000
  • R Custom AT: Rp306.750.000

Harga New Toyota Rush terbaru 2024

  • G MT: Rp284.400.000
  • G AT: Rp295.200.000
  • S MT GR Sport: Rp299.750.000
  • S AT GR Sport: Rp310.450.000

Perubahan Eksterior Daihatsu Terios Lebih Banyak Ketimbang Toyota Rush GR Sport 2024

Daihatsu Terios

Daihatsu Terios R Custom

Secara tampilan eksterior menurut kami Daihatsu Terios terlihat lebih unggul dibandingkan Toyota Rush, meski bicara desain tergantung selera masing-masing orang.

Dimana pada bagian depannya untuk bumper serta grillnya memiliki bentuk lebih menyudut dengan menyematkan banyak garis tegas.  

Berbeda dengan New Rush, untuk fascianya sekilas terlihat sama dengan model sebelumnya, hanya saja desain grillnya sedikit berubah dengan menampilkan kesan sedikit lebih sporty yang dilabur warna Black Glossy Front Grille Ornament.  

Bicara sistem pecahayaan, keduanya mengadopsi smoke headlamp dan DRL LED illuminating lamp.

New Toyota Rush

New Toyota Rush S GR Sport

Untuk bumpernya Rush juga mendapat ubahan dengan aksen Black Glossy serta bentuk lebih add on yang menampilkan kesan lebih macho dan tangguh.

Meski begitu menurut pandangan kami desain bumper yang ditampilkan pada Terios terkesan lebih garang berkat bentuk yang lebar dan menyudut.

Melihat ke sisi samping, New Rush kini memperoleh warna Black Glossy pada overfender termasuk juga side body moulding dan handle pintu.

Dengan penggunaan warna hitam mengkilap tentu memberikan kesan mewah pada mobil ini.

Sedangkan pada Terios, akesoris yang ditawarkan dicat dengan warna Black Doff.

Untuk cover spion sama seperti Rush yang mana berwarna Black Glossy, namun untuk handle pintu Terios sewarna dengan body.

New Toyota Rush

Velg 17 inci New Rush S GR Sport sama seperti Terios R Custom

Mengenai lingkar roda, baik Terios R Custom maupun Rush S GR Sport kini menggunakan velg dengan desain yang sama persis yakni model kipas two-tone berukuran 17 inci.

Ke bagian belakang, keduanya sama-sama mendapatkan Black Glossy Upper Door Garnish yang mempertegas kesan sporty dan elegan.

Mengenai bumper keduanya terlihat berbeda, yang mana jika Terios memiliki kesan dinamis, Rush lebih ke arah sporty.

Head Unit Lebih Besar, New Toyota Rush GR Sport Tidak Dilengkapi Wireless Charger

New Toyota Rush

Head unit 9 inci New Rush S GR Sport

Nuansa interior daripada Terios R Custom maupun Rush S GR Sport sama-sama didominasi dengan warna gelap serta material soft touch di area dasboard.

Namun pada Terios R Custom, mobil ini memperoleh aksen jahitan benang berwarna merah pada jok dan dashboard.

Mengenai New Rush S GR Sport, mobil ini mendapatkan logo GR Sport di beberapa bagian sebagai identitasnya.

Menyoal sistem hiburan, tipe teratas Rush ini dibekali head unit layar sentuh 9 inci dengan opening GR logo model floating yang mendukung konektivitas smartphone.

Daihatsu Terios

Interior Terios R Custom

Untuk Terios R Custom, mengenai sistem hiburannya mobil ini dibenamkan head unit layar sentuh 7 inci yang juga dilengkapi format smartphone connection berupa Android Auto dan Apple Car Play.

Tidak ada pada Rush S GR Sport terbaru, Terios R Custom memiliki wireless charger.

Daihatsu Terios

Wireless charger Terios R Custom

Fitur yang terletak di balik arm rest baris pertama tersebut dapat memudahkan pengguna ketika ingin melakukan pengecasan pada smartphone hanya dengan metekannya.

Tak hanya itu, saat melakukan pengecasan penutup arm rest juga bisa direbahkan sehingga smartphone tetap aman di dalam ketika melewati jalan berkontur.

Baca juga: Lagi, Daihatsu Terios Berhasil Tumbangkan Toyota Rush Sebagai Mobil SUV Terlaris di Indonesia

Harga Baru Lebih Murah, Fitur Keselamatan Daihatsu Terios R Custom Lebih Komplit

Daihatsu Terios

Terios R Custom memiliki kamera 360 derajat

Dari segi fitur keselamatan baik Terios R Custom maupun New Rush S GR Sport sama-sama dibekali Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Emergency Stop Signal (ESS), Front Seat Safety Belt with Pretension & Force Limiter serta sensor parkir.

Berbeda dengan Rush, Terios mendapat tambahan sensor parkir di depan yang memudahkan pengemudi untuk mengatur jarak dengan kendaraan atau objek lainnya.

Selain itu pula Ada terdapat seatbelt warning lamp & buzzer, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).

Guna memberikan perlindungan terhadap semua pengguna selama berkendara, keduanya dilengkapi dengan 6 airbags yang berfungsi untuk meminimalisir cedera apabila mengalami benturan keras.

Dari segi keamanan, keduanya turut dilengkapi key free entry yang memudahkan pengguna ketika ingin membuka atau mengunci mobil.

Namun untuk Terios R Custom, mobil ini mendapat tambahan fitur berupa arround view monitor dengan kamera 360 derajat, yang mana dapat melihat kondisi sekitar mobil secara visual melalui layar pada head unit.

Dengan adanya fitur ini area blind spot dapat diminimalisir sehingga pengendara lebih waspada ketika berkendara di jalan yang sempit atau sedang memakirkan kendaraan.

Menggunakan Mesin dan Transmisi yang Sama Persis

New Toyota Rush

Mesin 2NR-VE

Terios R Custom dan New Rush S GR Sport dipersenjatai mesin 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc 4-silinder segaris, 16 Valves, DOHC, dengan teknologi Dual VVT-i. 

Performa yang dihasilkan mesin untuk keduanya sanggup memeras tenaga hingga 104 PS di 6.000 rpm serta torsi maksimal 136 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Menyoal transmisi, keduanya sama-sama dipadukan dengan transmisi otomatis 4 percepatan torque converter yang terkenal tangguh dan mudah dari segi perawatan.

Oh iya, untuk mesin keduanya memperoleh tekonolgi Eco Idle.

Fitur ini dapat mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar sekaligus menurunkan emisi gas buang.

Eco Idle merupakan fitur Idling Stop System dengan mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar yang tidak perlu dan menurunkan emisi gas buang.

Dengan begitu dapat membuat kinerja mesin lebih efisien, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. 

Konsumsi BBM Terios-Rush dengan fitur IDS diklaim lebih hemat 5-10%.

Mekanisme kerja fitur Eco Idle yakni ketika mobil berada di posisi berhenti beberapa detik setelahnya akan mematikan mesin secara otomatis.

Teknologi ini memerintahkan pusat pengendali otak ECU guna mematikan mesin mobil. Fitur Eco Idle bisa dinonaktifkan secara manual dengan tombol yang tersedia.

Mesin yang mati tersebut bukan berarti memberhentikan fungsi dari sistem elektrikal.

Ketika mesin berhenti, blower AC tetap pada posisi menyala meskipun kompressor tidak ikut berkerja.

Apabila temperatur kabin di atas 22 derajat celcius, mesin secara otomatis menyala yang menggerakan kompresor AC untuk dapat mendinginkan suhu ruangan kabin.

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi Daihatsu Terios 2023 yang Membuat Toyota Rush Terasa Kemahalan

Kesimpulan

Dijual lebih murah Rp3,7 juta, secara tampilan Rush terlihat lebih segar ketimbang Terios.

Namun secara bentuk yang disuguhkan menurut kami Terios terkesan lebih dinamis.

Tidak seperti Terios R Custom, New Rush S GR Sport dibenamkan head unit dengan ukuran lebih besar dengan model floating pada center cluster yang menyuguhkan kesan lebih modern dan mewah.

Meski begitu, Rush tidak dilengkapi wireless charger yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk melakukan pengisian daya pada gawai hanya dengan cara meletakannya saja.

Harga baru yang lebih murah, Terios R Custom memiliki fitur keselamatan lebih komplit dibandingkan Rush S GR Sport yang mana pada Terios, mobil ini berhasil disematkan sensor parkir di depan serta kamera 360 derajat.

@autofun.indonesia Akhirnya Daihatsu Terios dapet facelift juga, menurut kalian oke ga? #daihatsu #terios #teriosfacelift #mobilbaru ♬ original sound - AutoFun Indonesia

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil