Sebelum Meminang Honda Brio 2021, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio Yang Harus Kita Tahu!

Anissa · 30 Jan, 2021 19:00

Sebelum Meminang Honda Brio 2021, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio Yang Harus Kita Tahu! 01

Di tahun 2021 ini, memang ada banyak produsen mobil yang diketahui akan meluncurkan model mobil terbarunya. Salah satunya adalah Honda. Honda dikabarkan akan meluncurkan model terbaru dari Honda Brio di tahun 2021. 

Sejak pertama kali diluncurkan, Honda Brio memang sudah sangat populer di beberapa negara Asia Tenggara dan Asia selatan. Sebut saja Indonesia, Filipina, Thailand, dan India. Hal ini tentu bukanlah hal yang cukup wajar, mengingat mobil Honda Brio ini dibanderol dengan harga yang murah dan menawarkan value for money yang cukup baik.

Sebelum Meminang Honda Brio 2021, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio Yang Harus Kita Tahu! 02

Tetapi tentu saja, setiap mobil memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Honda Brio pun demikian. Dan kali ini, kita akan memprediksi kelebihan dan kekurangan dari Honda Brio 2021 dengan membahas tentang kelebihan dan kekurangan apa saja yang yang dimiliki model yang sudah ada sekarang. Langsung disimak informasinya!

Sekilas Tentang Honda Brio

Sebelum masuk ke pembahasan kelebihan dan kekurangan Honda Brio, mari kita bahas sedikit tentang mobil ini. Honda Brio merupakan salah satu model mobil dari Honda yang semenjak hadirnya memang diperuntukkan untuk penggunaan di daerah perkotaan dan digunakan sebagai mobil harian.

Honda Brio memiliki desain yang kompak, tetapi atraktif, serta memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi. Tidak heran jika kemudian kita melihat ada banyak mobil Honda Brio yang lalu lalang di daerah perkotaan.

Sebelum Meminang Honda Brio 2021, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio Yang Harus Kita Tahu! 03

Tidak hanya memiliki desain yang atraktif dan efisiensi bahan bakar yang tinggi, Honda Brio juga populer dan banyak digemari berkat harga spare partnya yang cukup terjangkau. Tidak hanya itu, harga mobil bekasnya pun cenderung masih tinggi sehingga nilai mobilnya tidak cepat turun.

Ada dua generasi dari Honda Brio yang sudah diluncurkan di Indonesia. Kedua generasi dari Honda Brio ini pun memiliki perbedaan yang bisa dibilang cukup signifikan. Perbedaan ini juga bukan terdapat hanya pada bagian eksteriornya saja, melainkan juga pada bagian interior Honda Brio.

Honda Brio ini pertama kali muncul dengan model subcompact hatchback. Mobil ini juga awalnya hanya diproduksi di Thailand dan India. Honda Brio secara resmi diluncurkan di Thailand pada tahun 2011 dan Indonesia setahun kemudian.

Sebelum Meminang Honda Brio 2021, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio Yang Harus Kita Tahu! 04

Pada tahun 2012, PT. Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM resmi Honda di Indonesia memboyong Honda Brio dari Thailand untuk dipasarkan di Tanah Air. Ada beberapa varian dari Honda Brio yang dipasarkan di Tanah Air, yakni Honda Brio 1.2L A/T, Honda Brio RS, dan Honda Brio Satya yang merupakan mobil LCGC.

Respons masyarakat Indonesia terhadap line-up Honda Brio ini ternyata sangat baik. Honda pun mulai merakit Honda Brio secara lokal mulai tahun 2013, satu tahun setelah peluncurannya di Indonesia.

Nama Honda Brio ternyata memiliki arti yang cukup unik. Kata “Brio” berasal dari bahasa Italia yang berarti “ceria”. Dengan menggunakan nama tersebut, Honda berharap bahwa para konsumen yang menggunakan Honda Brio ini akan selalu ceria dan bersemangat.

Kelebihan Honda Brio

1. Desain Eksterior Sporty

Kelebihan yang paling terlihat dari Honda Brio terletak pada desain eksteriornya yang sporty. Mobil ini memiliki desain eksterior yang sesuai dengan selera konsumen muda di Indonesia. Tidak hanya sporty, kesan modern yang dipancarkan desain Honda Brio ini juga membuatnya semakin atraktif.

Sebelum Meminang Honda Brio 2021, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio Yang Harus Kita Tahu! 05

Generasi terbaru Honda Brio sudah memiliki desain lampu depan dan lampu belakang baru yang menegaskan kesan sporty pada mobil ini. Bukan itu saja, velg yang digunakan mobil yang satu ini juga senada dengan bahasa desain eksteriornya secara keseluruhan.

2. Desain Interior Modern dan Kaya Fitur

Honda Brio memiliki bahasa desain interior yang modern. Meskipun mobil ini merupakan sebuah Low Cost Green Car, tetapi hal itu tidak mmenjadikan Honda Brio menurunkan kualitas di dalam kabinnya. Tidak hanya modern, tetapi kabin Honda Brio juga dilengkapi dengan beragam fitur yang mumpuni.

Sebelum Meminang Honda Brio 2021, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio Yang Harus Kita Tahu! 06

Honda Brio sudah menggunakan fitur Digital AC, sehingga pengguna akan lebih mudah melakukan pengaturan AC. Setirnya pun sudah dilengkapi dengan berbagai tombol pengaturan audio yang dapat memudahkan pengemudi melakukan pengaturan ketika berkendara. Mobil ini juga dilengkapi dengan auto door lock by speed dan door mirror.

Untuk fitur keselamatannya, Honda Brio ini dilengkapi dengan sistem pengereman Anti lock Braking System dan Electronic Brake Distribution pada semua variannya. Mobil ini juga sudah dibekali sabuk pengaman, Dual Front SRS Airbags, wave key, dan keyless entry.

3. Harga Relatif Terjangkau

Sebagai sebuah Low Cost Green Car, Honda Brio ini dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau. Di Indonesia sendiri untuk saat ini, Honda Brio dibanderol dengan harga mulai dari Rp149 jutaan hingg Rp204 jutaan. Tidak heran jika mobil ini banyak diminati oleh kalangan konsumen muda di Indonesia.

4. Konsumsi Bahan Bakar Irit

Selain harganya yang terjangkau, fitur melimpah dan desain yang atraktif, kelebihan utama yang dimiliki oleh Honda Brio ini adalah tingkat konsumsi bahan bakarnya yang sangat efisien. Untuk konsumsi bahan bakar di dalam kota, mobil ini bisa menempuh jarak sejauh 21 km untuk setiap liter bensinnya. Sedangkan untuk penggunaan di luar kota, Honda Brio ini bisa menempuh jarak sejauh 30,1 km dengan satu liter bensinnya.

Kekurangan Honda Brio

1. Kapasitas Mesin Kecil

Sebelum Meminang Honda Brio 2021, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio Yang Harus Kita Tahu! 07

Meskipun irit bahan bakar, mesin yang dimiliki oleh Honda Brio ini memang memiliki kapasitas yang kecil. Mobil ini hanya dibekali dengan mesin berkapasitas 1,2 liter. Penggunaan mesin yang berkubikasi kecil ini memang bisa menjadi salah satu cara untuk menghemat bahan bakar, tetapi berdampak pada mesin yang juga terasa kurang mumpuni jika digunakan dalam kapasitas penuh dan melewati medan dengan tanjakan terjal. Mesin yang diusung Honda Brio hanya menghasilkan tenaga puncak sebesar 90 HP dan torsi maksimal 110 Nm.

2. Kabin dan Bagasi Relatif Kecil

Salah satu kekurangan lain yang juga terasa pada Honda Brio ini adalah ruang kabin dan bagasinya yang relatif kecil dan kurang leluasa. Mobil yang satu ini memang memiliki dimensi yang kecil, sehingga tidak heran jika mobil ini harus mengorbankan ruang kabin dan bagasi. Tetapi hal ini tentu akan mengurangi kenyamanan konsumen dan akan sulit jika konsumen harus bepergian dengan membawa banyak barang.

Kesimpulan

Layaknya mobil pada umumnya, Honda Brio ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Sebagai salah satu Low Cost Green Car (LCGC), mobil ini memang memiliki kelebihan dari segi harga dan efisiensi bahan bakar. Harga per unitnya relatif terjangkau, dan konsumsi bahan bakarnya juga cukup irit. Bukan itu saja, mobil ini juga memiliki desain eksterior yang sporty dan bergaya, cocok untuk konsumen muda di Indonesia. Konsumen juga dimanjakan dengan desain interiornya yang modern dan fiturnya yang mumpuni.

Sebelum Meminang Honda Brio 2021, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio Yang Harus Kita Tahu! 08

Sayangnya, mobil ini masih memiliki beberapa kekurangan. Kapasitas mesinnya yang rendah membuatnya kurang bertenaga, sehingga jika ada konsumen yang menginginkan tenaga yang lebih, harus melakukan tuning pada mesinnya. Selain itu, kabin dan bagasinya pun kurang leluasa, sehingga akan sulit jika harus melakukan perjalanan dengan membawa banyak barang maupun banyak penumpang.

Tetapi jika kita lihat secara keseluruhan, sebenarnya Honda Brio ini memiliki value for money yang cukup baik. Dan melihat beberapa kekurangannya ini, tentu para konsumen di Indonesia mengharapkan Honda Brio 2021 nanti akan menawarkan sesuatu yang lebih baik dibandingkan dengan versi lamanya tersebut.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Brio Satya S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru