window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sekilas Mirip, Berikut Perbedaan Honda Jazz GE8 Tipe A dan S

Enda · 24 Okt, 2023 11:02

Honda Jazz

Honda Jazz GE8 atau generasi kedua Jazz di Tanah Air untuk kondisi bekasnya hingga saat ini masih banyak diburu.

Berbeda saat pertama kali meluncur pada 2008, Jazz ditawarkan dalam dua varian, yakni S dan RS.

Pada versi penyegaran yang diluncurkan pada April 2013, genersi kedua Jazz di Indonesia hadir dalam tiga varian, A, S dan RS.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sekedar informasi, saat itu Jazz A dibandrol Rp191 juta dan Rp205,5 juta untuk varian S.

Mengenai pasaran harga bekasnya, kini Jazz lansiran 2013 diniagakan mulai dari Rp130 jutaan.

Jika kalian tertarik membeli Jazz 2013, ketahui perbedaan tipe A dan S berikut ini supaya tidak salah pilih.

Baca juga: Honda Jazz Bekas Jadi Hatchback Serba Bisa Untuk Perjalanan Dalam Kota atau Luar Kota?

Honda Jazz Tipe A Gunakan Velg Kaleng

Honda Jazz

Honda Jazz A

Generasi kedua Honda Jazz tipe A disebut-sebut merupakan versi lama (S) yang dipertahankan, namun memiliki sejumlah fitur yang didowngrade.

Jika dilihat, antara Jazz 2013 tipe A dan S sekilas terlihat sama untuk tampilan eksteriornya tidak dilengkapi body kit baik di bumper maupun side skirt.

Menggunakan grill dengan bentuk heksagonal, pada tipe S sudah diberi sentuhan aksen krom yang membuat tampilannya terlihat lebih mewah.

Beranjak ke bagian samping, kedua tipe sama-sama disematkan velg berukuran 15 inci, tetapi pada varian terendahnya masih menggunakan velg kaleng dengan dop.

Tak hanya itu, perbedaan lainnya terletak pada spion samping yang mana tipe S sudah diaplikasikan lampu sein pada cover.

Oh iya, untuk spion samping tipe A diletakan di fender depan, dan cover spion serta handle pintu yang dilabur warna hitam.

Bergeser ke buritan, kedua varian ini sama-sama mendapatkan high mount stoplamp, defogger dan juga wiper belakang.

Untuk diketahui tipe S baik high mount stoplamp maupun lampu blakangnya sudah dibekali teknologi LED yang terlihat lebih modern.

Tipe Terendah Tidak Dilengkapi Telescopic Steering

Honda Jazz

Interior Jazz A

Melihat tampilan dalam daripada keduanya, Jazz 2013 untuk tipe A dibenamkan head unit single din pada center clusternya yang mendukung format CD, radio, MP3 dan AUX.

Sedangkan varian satu tingkat diatasnya, Jazz S sudah mengaplikasihan head unit 2din yang kompatibel dengan  iPod, iPhone, USB, CD dan MP3.

Selain sistem hiburan yang berbeda, tipe A untuk pengaturan setirnya hanya dibekali fitur tilt steering.

Sedangkan pada varian S, pabrikan sudah menyematkan tilt&telescopic yang memudahkan pengguna ketika ingin mengatur posisi tinggi-rendah maupun maju-mundurnya setir dan kaca pada sunvisor.

Sekedar informasi, mulai dari tipe paling murah Jazz GE8 sudah dilengkapi ultra seat yang menyuguhkan keluasan kabin dan serba praktis.

Seperti diketahui fitur ultra seat pada mobil ini terdiri dari 4 mode, yaitu; Utility Mode, Long Mode, Tall Mode dan Refresh Mode yang dapat disesuaikan akan kebutuhan pengguna.

Baca juga: Pasaran Honda Jazz GE8 Bekas Masih di Atas Rp100 Juta, Ini 3 Hal Menarik yang Membuat Harganya Stabil

Fitur Keselamatan Honda Jazz GE8 Tipe S Lebih Komplit

Honda Jazz

Interior Jazz S

Jazz GE8 tipe A dan S sama-sama dilengkapi ABS maupun EBD pada sistem pengeremannya yang mencegah tergelincirnya roda ketika pengemudi melakukan pengereman secara mendadak.

Namun pada tipe S, remnya sudah menggunakan cakram di semua roda yang memudahkan penggunanya ketika melakukan deselerasi, sedangkan tipe A rem belakangnya mengandalkan tromol.  

Bicara keamanan berkendara, tipe S mendapatkan keyless entry dan alarm system, sedangkan tipe A hanya mengandalkan kunci dengan immobilizer.

Tipe A Tidak Memiliki Transmisi Matic

Honda Jazz

Kokpit Honda Jazz S

Honda Jazz GE8 dibekali mesin L15A 4-silinder segaris SOHC i-VTEC berkapasitas 1.500 cc yang memiliki performa paling besar di kelasnya.

Meilhat data di atas kertas, tenaga yang dihasilkan sebesar 120 PS di 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm pada putaran mesin 4.800 rpm.

Pada varian terendah, Jazz A dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan, sedangkan tipe diatasnya mendapatkan opsi transmisi matic 5-percepatan torque converter,

Menariknya, transmisi matic yang digunakan dilengkapi Grade Logic Control untuk mencegah perpindahan gigi yang berlebihan pada jalanan yang berbukit.

Lainnya terdapat teknologi Shift Hold Control berfungsi untuk mencegah perpindahan gigi yang berlebihan pada jalanan berliku.

Baca juga: Walau Banyak Diminati, Ini 5 Alasan Tidak Memilih Honda Jazz GE8 Bekas

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil