Setahun Wuling Hongguang Mini EV Terjual Lebih dari Setengah Juta Unit, Jadi Mobil Listrik Terlaris

Prasetyo · 7 Jan, 2022 09:08

Setahun Wuling Hongguang Mini EV Terjual Lebih dari Setengah Juta Unit, Jadi Mobil Listrik Terlaris 01

Wuling Hongguang Mini EV juga sudah dipamerkan di Indonesia
  • Wuling Hongguang Mini EV telah terjual 550.000 unit selama 2021
  • Penjualannya tertinggi di lini produk GSEV
  • Wuling Mini EV jadi mobil listrik terlaris selama 16 bulan berturut-turut

SAIC-GM-Wuling baru saja mengumumkan akumulasi penjualan dari seluruh lini produk GSEV Wuling. Ini adalah jajaran model elektrik (EV) dari pabrikan Cina tersebut, termasuk Wuling Hogguang Mini EV.

Perlu diketahi, GSEV merupakan singkatan dari Global Small Electric Vehicle. Sebuah platform mobil listrik Wuling yang dikemas dalam bentuk sangat compact. Yang termasuk dari GSEV dan saat ini sedang dipasarkan adalah Wuling Hongguang Mini EV, Wuling KiWi EV, dan Wuling Nano EV.

Namun sebenarnya perusahaan aliansi ini juga pernah memiliki tiga model GSEV lain. Yaitu Baojun E100, Baojun E200, dan Baojun E300. Ketiganya sama-sama menuai sukses di Cina. Namun memang tak sesukses penjualan Wuling Hongguang Mini EV yang kerap mencatatkan rekor.

Baca juga : Wuling Mini EV Catatkan Rekor Baru Penjualan di Cina, Sehari Terjual Hampir 2.000 Unit

Penjualan GSEV Hampir 1 Juta Unit Selama 2021

Setahun Wuling Hongguang Mini EV Terjual Lebih dari Setengah Juta Unit, Jadi Mobil Listrik Terlaris 01

Wuling GSEV torehkan penjualan lebih dari 750.000 unit tahun lalu

Dikutip dari Autohome, secara komulatif, total penjualan Wuling Hongguang Mini EV, Wuling Nano EV, dan Wuling KiWi EV tahun lalu mencapai 750.000 unit. Kontribusi penjualan terbesar berasal dari Hongguang Mini EV yang menyentuh lebih dari 550.000 unit atau sekitar 74 persen dari total penjualan GSEV.

Bahkan pada Desember 2021 saja, penjualan Wuling Mini EV tercatat 55.729 unit. Angka ini menorehkan prestasi baru bagi Wuling sebagai kendaraan dengan energi baru paling laris selama 16 bulan berturut-turut di Cina.

Wuling Mini EV Disukai Wanita Cina

Setahun Wuling Hongguang Mini EV Terjual Lebih dari Setengah Juta Unit, Jadi Mobil Listrik Terlaris 02

Konsumen wanita banyak menyukai Wuling Mini EV

Dalam perhelatan Haikou International New Energy Vehicles and Intelligent Connected Vehicle Exhibition di Hainan, Cina, pihak Wuling juga membeberkan data jika lini produk GSEV sudah berhasil mengurangi lebih dari 1,04 juta ton emisi karbon di negara itu. Ini berarti turut membantu rencana negara tersebut menciptakan udara yang bebas karbon dalam 10 tahun ke depan.

Kemudian Wuling juga membeberkan jika produk GSEV telah digunakan masyarakat setidaknya menempuh 5,5 miliar kilometer. Adapun kaum wanita disebutkan menjadi pemilik terbanyak Wuling Hongguang Mini EV.

Baca juga : Wuling Mini EV Buat Indonesia Pakai GSEV Generasi Berikutnya, Harga Dipastikan Tetap Murah

Setahun Wuling Hongguang Mini EV Terjual Lebih dari Setengah Juta Unit, Jadi Mobil Listrik Terlaris 03

Wuling KiWi EV juga pernah ditampilkan di Indonesia

Wuling merasa, apa yang dilakukan melalui GSEV termasuk Mini EV berhasil membidik kesenjangan pasar antara mobil bermesin pembakaran internal (ICE) dengan mobil listrik. Itulah yang memungkinkannya jadi mobil "hijau" paling laris saat ini di negara asalnya.

Wuling Juga Akan Luncukan GSEV di Indonesia Tahun Ini

Setahun Wuling Hongguang Mini EV Terjual Lebih dari Setengah Juta Unit, Jadi Mobil Listrik Terlaris 04

Wuling Nano EV

Berbekal kesuksesan inilah Wuling Motors (Wuling) juga berencana memasarkan satu produk GSEV di Indonesia. Meski belum jelas apa modelnya, tetapi diklaim jika itu adalah next generastion GSEV. Yang jelas, Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors menuturkan kalau mobil ini tetap akan menawarkan harga terjangkau buat konsumen Indonesia.

"Selama ini kita ternyata menemukan persepsi di masyarakat kalau mobil listrik biasanya jauh lebih mahal dari mobil pembakaran biasa. Kami akan mempertimbangkan supaya mobil ini nantinya secara merata dapat menjangkau semua kalangan," jelas dia ketika ditemui di GIIAS 2021.

Baca juga : Bukan Cuma Hongguang Mini EV, Wuling Juga Punya Mobil Listrik Kecil Ini, Semuanya Murah

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Wuling Mini EV Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru