Tampang Serupa, Apakah Spesifikasi Esemka Bima 1.2L Ikut Menjiplak Changan Star Truck?

Enda · 14 Feb, 2022 20:00

Esemka Bima 1.2L vs Changan Star truck

Esemka Bima 1.2L vs Changan Star truck
  • Esemka Bima 1.2L punya bak lebih lebar dan tinggi ketimbang Changan Star Truck
  • Esemka Bima 1.2L dan Changan Star Truck menggunakan mesin E-power I4

Salah satu mobil karya anak bangsa yang diproduksi oleh perusahaan nasional, yakni PT Solo Manufaktur Kreasi, Esemka Bima 1.2L memilki kesamaan dari segi penampilan dengan Changan Star Truck buatan Chongqing yang dijual di China.

Dimana pada tampilan luar keduanya, mobil niaga muatan ringan tersebut mengadopsi bentuk sedikit mengapsul yang secara tidak langsung meningkatkan keaerodinamisan berkendara. Pada fascianya sendiri berhasil disematkan sistem pencahayaan modern dengan ditambahkannya projector yang dibungkus rumah reflektor bermodel kristal.

Pada bumpernya, baik Esemka Bima 1.2L maupun Changan Star Truck terbuat dari bahan plastik yang dilabur dengan warna hitam, dengan tambahan rumah fog lamp di kedua sisinya. Menilik bagian sampingnya, keduanya juga masih terlihat sama. Seperti yang bisa dilihat, pada pintunya mendapat tarikan garis tegas pada pinggang serta lekukan di tengah pintu.

Mengenai lingkar rodanya, Esemka Bima 1.2L dan Changan Star Truck disematkan velg kaleng R14 dengan lubang baut berjumlah lima di setiap rodanya. Begitupun kargonya, kedunya terlihat seperti tidak adanya perbedaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Punya tampilan serupa, namun apakah spesifiaksi Esemka Bima 1.2L dan Changan Star Truck juga sama? Daripada penasaran, simak ulasan keduannya di bawah ini.

Baca juga: Apa Kabar Esemka? Sudah Terjual 300 Unit, Masih Model Pikap Bima 1.2 dan 1.3?

Dimensi Esemka Bima 1.2L vs Changan Star Truck

Esemka Bima 1.2L vs Changan Star truck

Dimensi bak Esemka Bima 1.2L sedikit lebih lebar dan tinggi

Melihat data di atas kertas, Esemka Bima 1.2L memiliki panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.890 mm. Bagaimana dengan saudara kembarnya yang berasal dari Negeri Tiongkok? Seperti yang diketahui, Changan Star Truck secara dimensi sama seperti Bima 1.2L dengan panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.890 mm.

Bicara kapasitas kargonya, Esemka Bima 1.2L sendiri tercatat memperoleh panjang 2.750 mm, lebar 1.600 mm serta tinggi 460 mm. Pada Changan Star Truck, panjang serta lebar bak sama seperti Bima 1.2L. Hanya saja untuk tingginya Star Truck tercatat hanya 370 mm.

Dimensi Esemka Bima 1.2L Vs Changan Star Truck 
Keterangan Esemka Bima 1.2L Changan Star Truck 
Panjang 4.560 mm 4.560 mm
Lebar 1.645 mm 1.645 mm
Tinggi 1.890 mm 1.890 mm

 

Dimensi Bak Esemka Bima 1.2L Vs Changan Star Truck 
Keterangan Esemka Bima 1.2L Changan Star Truck 
Panjang 2.750 mm 2.750 mm
Lebar 1.600 mm 1.600 mm
Tinggi 460 mm 370 mm

Esemka Bima 1.2L Dilengkapi AC, Changan Star Truck Belum

Esemka Bima 1.2L vs Changan Star truck

Esemka Bima 1.2L dilengkapi sistem pendingin udara (AC)

Mobil niaga kelas ringan kini rata-rata telah disematkan fitur berpendingin udara. Meski produk dalam negeri, Esemka Bima 1.2L berhasil dilengkapi fitur berpendingin udara (AC). Adanya AC, baik pengemudi maupun penumpang akan merasa lebih nyaman ketika berada didalamnya, meskipun pengaturan tombol AC terlihat sederhana dengan mengandalkan model putar.

Untuk Changan Star Truck, mobil ini belum dilengkapi dengan sistem pendingin udara. Namun, keduanya sudah dibekali fitur hiburan berupa head unit single din yang mengadopsi format AM/FM serta AUX.

Baca juga: Mobil Listrik Changan Eado EV460 Bakal Dirakit di Malaysia, Masuk Indonesia Jadi Model Baru Esemka?

Mesin Sama, Tenaga Esemka Bima 1.2L dengan Changan Star Truck Berbeda?

Esemka Bima 1.2L vs Changan Star truck

Esemka Bima 1.2L dan Changan Star Truck sama-sama dibekali mesin E-power I4

Mengetahui akan jantung pacu yang digunakan, baik Esemka Bima 1.2L maupun Changan Star Truck disematkan mesin E-power I4 1.243 cc DOHC 4-silinder segaris dengan teknologi fuel injection yang mampu menghasilkan daya maksimal 99 PS dan torsi maksimal 119 Nm. Untuk tingkat percepatan, keduanya dikawinkan transmisi manual 5-percepatan yang kemudian ditranslasi ke penggerak roda belakang (RWD).

Kandungan Lokal Esemka Bima 1.2L Sejumlah 62 persen

Esemka Bima 1.2L vs Changan Star truck

Esemka Bima 1.2L memuat komponen lokal sejumlah 62 persen

Meski belum menggunakan muatan lokal sepenuhnya, Esemka Bima 1.2L telah menggunakan bahan baku lokal sejumlah 62 persen.

Hal tersebut seperti yang pernah disampaikan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, sebanyak 62 persen komponen yang ada di Esemka Bima menggunakan bahan material dalam negeri. Meski demikian, penggunaan komponen dalam negeri tersebut masih lebih rendah dari produksi mobil pabrikan asal negara lain salah satunya Jepang.

Guna meraih angka 62 persen komponen muatan lokal, dalam pembuatan Esemka Bima 1.2L menjalin kerja sama dengan pemasok lokal, yang diantaranya; PT Industri Kereta Api (INKA) untuk pembuatan chassis, kemudian blok mesin dan blok transmisi dibuat oleh PT Cikarang Persada Manufacturing. Dashboard dan setir (PT Usra Tampi) Radiator (PT Tokyo Radiator Selamat Sempurna), Kaca Depan (PT Armada Indah Agung Glass), Ban (PT Gajah Tunggal) Bak/Kargo (ACC Bawen Karoseri dan PT INKA), dan Pelumas (Pertamina).

Tak hanya itu, ada juga oil filter dan fuel filter dibuat oleh PT Selamat Sempurna, Accu (PT Nippress Energi Otomotif), Air Filter (PT Duta Nichindo Pratama), knalpot (Catur Karya Manunggal), Jok (Bawen Karoseri), starter assy (Fuller Autoparts Indonesia), per daun (Indospring), Shock Breaker (Samudra Luas Paramacitra), Kampas rem Pasindo (Para Amerta Sejahera Indonesia) dan masih ada beberapa lainnya.

Kesimpulan

Setelah berhasil melakukan kompasrasi antara keduanya, secara konklusi bak Esemka Bima 1.2L lebih tinggi dan lebar dari Changan Star Truck. Bukan cuma itu, Bima 1.2L juga sudah dilengkapi dengan sistem pendingin udara (AC) yang diketahui mampu meningkatkan kenyamanan dalam berkendara.

Baca juga: Changan Shenqi T30 Dirilis, Calon Esemka Bima Terbaru yang Lebih Mewah dari Carry Pickup

 

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 DFSK Gelora Blind Van

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru