Ternyata Ada Land Rover Range Rover Velar dengan Nama Terpanjang, Kayak Apa Spesifikasinya?

Bent Aulia · 14 Mar, 2021 10:00

Land Rover Range Rover Velar SVAutobiography Dynamic Edition

Kata Velar berasal dari bahasa Latin “velare” yang diterjemahkan menjadi “tersembunyi”, mengingat insinyur Range Rover ingin menyembunyikan identitas 26 kendaraan Range Rover ketika diproduksi 1969 lalu. Salah satu variannya dikenal dengan nama Land Rover Range Rover Velar SVAutobiography Dynamic Edition. Selain nama yang panjang, bagaimana spesifikasi mobil ini?

SUV premium bergaya coupe

Di luar, kesan mewah langsung terasa ketika menilik model premium asal Inggris ini. Eksteriornya dipenuhi garis-garis melengkung yang menawan dan proporsional. Ada bumper depan baru dengan intake udara yang lebih besar untuk memberi makan mesin V8 di bawah kap mesin dan mendinginkan sistem pengereman yang telah ditingkatkan.

bagian depan Land Rover Range Rover Velar SVAutobiography Dynamic Edition

Fascia depan mendapatkan grille baru serta revisi desain pada tulisan Range Rover pada kap mesin dan pintu belakang. Guratan dinamisnya terasa dari depan hingga belakang. Dinobatkan sebagai SUV bergaya coupe, garis atap yang datar memberikan lebih banyak ruang kepala bagi penumpang di belakang.

Velg aluminium 21 atau 22 inci disandingkan dengan roda yang lebih besar, mendapatkan ground clearance 210 mm. Ban baru membantu menghasilkan lebih banyak cengkraman dan mengakomodasi rem yang lebih besar. Tenaga pengereman ekstra terlihat mencolok dengan kaliper rem berwarna merah.

gagang pintu Land Rover Range Rover Velar SVAutobiography Dynamic Edition

Yang menarik pada mobil ini adalah kehadiran handle pintu bergaya flush. Gagang pintunya dapat diatur sehingga akan sejajar dengan bodi ketika tidak digunakan. Gaya rata menciptakan garis yang bersih pada sisi samping. Land Rover menyebutkan bahwa fitur ini meningkatkan efisiensi aerodinamis dan mengurangi kebisingan angin.

bagian belakang Land Rover Range Rover Velar SVAutobiography Dynamic Edition

Pelapis knalpot quad terintegrasi bisa ditemukan pada bagian belakang. Lampu belakang berbentuk kotak dibuat sejajar dengan logo Range Rover di belakang. Dan untuk membedakannya dengan model lainnya, ada papan nama Velar pada sisi kiri dan SV Autobiography pada sisi kanan di bagian bawah lampu belakang.

Mewah di dalam kabin

Interior Range Rover Velar memang menggagumkan. Sedang SVAutobiography Dynamic Edition memadukan kepribadian mobil performa dengan kenyamanan. Jok berlapis kulit dan dijahit ganda serta roda kemudi bergaya sporty akan menyambut pengemudi ketika masuk ke dalam kabin. Tombol pengontrol pada infotainment dan pemindah gigi rotary menghadirkan kesan mewah pada mobil ini.

interior Land Rover Range Rover Velar SVAutobiography Dynamic Edition

Land Rover Velar memiliki fitur jok depan dengan pemanas dan pendingin, digabungkan dengan pengaturan 20 arah untuk memudahkan mendapatkan posisi berkendara terbaik. Fungsi memori dan fitur pijat sebagai standar juga disematkan pada mobil ini.

Elemen desain premium terlihat dari instrument kluster interaktif berukuran 12,3 inci menghadirkan berbagai informasi selama berkendara. Di depan pengemudi terdapat setir multifungsi dengan pengaturan elektrik memberikan feedback dan kontrol yang akurat pada kecepatan yang lebih tinggi.

dashboard Land Rover Range Rover Velar SVAutobiography Dynamic Edition

Ruang kaki di bangku baris pertama terasa sangat baik, meski bagi pengemudi dengan tinggi di atas rata-rata penduduk Eropa. Sayangnya sedikit kekurangan pada mobil ini adalah ruang kaki terasa kurang di baris kedua. Walaupun untuk ukuran rata-rata tinggi penduduk Indonesia masih bisa diterima.

Bagi yang ingin kemewahan lebih, interior Range Rover Velar bisa dipersonalisasi. Range Rover menawarkan pelanggannya untuk memilih material kabin, termasuk jok, headliner, pilihan pelapis kulit, suede, serta aksen logam atau kayu.

setir Land Rover Range Rover Velar SVAutobiography Dynamic Edition

Bukan hanya berfokus pada pengemudi, kepraktisan Range Rover Velar terlihat sangat menawan untuk sekelas SUV mewah. Kapasitas bagasi yang besar tak berubah dibandingkan varian lainnya. Sedangkan kursi belakang fleksibel dengan konfigurasi 40:20:40 yang bisa diatur sedemikian rupa untuk variasi ruang penyimpanan di belakang.

Fitur lengkap dan mesin bertenaga

Untuk menghibur penghuninya, konsol tengah Velar dilengkapi dengan sistem infotainment layar sentuh 10 inci. Tak sepenuhnya digital, pengaturannya didukung dengan knop fisik yang lebih praktis. Semua fitur SUV Land Rover ini menjadi lebih mudah diakses dengan layar sentuh yang lebih rendah.

speaker Land Rover Range Rover Velar

Menemani perjalanan jauh ada 17 speaker dan subwoofer Meridian Surround Sound System dengan amplifier 825W tersedia sebagai fitur standar. Velar juga mendapatkan fitur pendukung kepraktisan seperti konektivitas Apple CarPlay, Android Auto, dan Bluetooth.

Didukung oleh mesin bensin V8 5.0L supercharged yang menghentak dari Jaguar Land Rover membawa tenaga maksimal hingga 550 PS pada 6.500 rpm dan 680 Nm pada 3.500 rpm. Disandingkan dengan transmisi 8-percepatan otomatis, Range Rover Velar SVAutobiography Dynamic Edition memberikan pengalaman berkendara yang mengesankan.

mesin Land Rover Range Rover Velar SVAutobiography

Dibandingkan varian lainnya, mesin 5.0L Velar merupakan yang terbesar dengan model paling bertenaga. Varian entry level menggunakan mesin 2.0L turbocharged 4-silinder “hanya” menawarkan tenaga 250 PS pada 5.500 rpm serta 365 Nm pada 1.200–4.500 rpm, meskipun masih dengan transmisi 8-percepatan otomatis.

Performa tinggi dari Range Rover Velar edisi khusus ini ini setara dengan mobil sport, meski bodinya terlihat masif. Pasalnya Land Rover ingin memberikan rasa berkendara penuh kemewahan namun tetap aman ketika melintasi medan berat yang menjadi ciri khas Range Rover. Velar bahkan mampu berakselerasi dari diam hingga 100 km/jam hanya dalam 4,5 detik.

Kemewahan dan rasa berkendara yang maksimal tentu saja datang dengan harga yang setimpal. Dengan statusnya sebagai model edisi khusus dan varian yang tertinggi di kelasnya, harga Range Rover Velar SVAutobiography Dynamic Edition dibanderol mulai dari £ 86.685, atau sekitar Rp 1,7 miliar.

Kesimpulan

Dengan harga yang ditawarkan, Range Rover Velar menghadirkan SUV berperforma tinggi yang enak dibawa di semua kondisi jalan. Terkhusus SVAutobiography Dynamic Edition, kenyamanan yang diberikan masih tetap mengesankan. Apalagi fitur di dalam kabin senada dengan kualitas premium yang menjadi ciri khas Land Rover.

Komentar