Mari Bandingkan Ruang dan Kepraktisan Toyota Land Cruiser dengan Pesaingnya Ini

Anissa · 20 Jul, 2020 12:00

Mari Bandingkan Ruang dan Kepraktisan Toyota Land Cruiser dengan Pesaingnya Ini 01

Untuk sebuah mobil SUV, ruang merupakan salah satu aspek yang sangat penting. Tidak hanya itu, mobil SUV juga diharapkan bisa memberikan fitur-fitur yang menunjang kepraktisan dalam penggunaanya.

Sebagai salah satu mobil SUV kenamaan, Toyota Land Cruiser disebut-sebut memiliki ruang yang luas dan kepraktisan yang cukup baik. Tetapi salah satu pesaingnya, yakni Land Rover Range Rover Velar juga ternyata tidak kalah dalam kedua aspek ini.;

Lalu mana yang lebih baik? Kali ini kita akan membandingkan ruang dan kepraktisan yang dimiliki oleh kedua model mobil ini.

Ruang

Ruang yang luas memang dapat menjadi salah satu daya tarik dan kelebihan dari sebuah mobil SUV. Baik Toyota Land Cruiser maupun Land Rover Range Rover Velar, keduanya memang dikenal memiliki ruang kabin yang cukup luas. Tetapi untuk membandingkan dengan lebih jelas, mari kita lihat tabel berikut ini.

Keterangan Dimensi Toyota Land Cruiser Dimensi Range Rover Velar
Panjang 4.950 mm 4.803 mm
Lebar 1.970 mm 2.145 mm
Tinggi 1.905 mm 1.665 mm
Wheelbase 2.850 mm 2.874 mm
Kapasitas Penumpang 7 orang 5 orang
Kapasitas Bagasi 456 liter 632 liter

Jika kita lihat dari tabel di atas, bisa kita simpulkan bahwa secara dimensi bodi, Toyota Land Cruiser lebih panjang dan tinggi, tetapi Land Rover Range Rover Velar memiliki dimensi bodi yang lebih lebar. Dimensi yang panjang dan tinggi memungkinkan Toyota Land Cruiser untuk memiliki leg room dan head room yang lebih leluasa. Kapasitas penumpang yang dimiliki oleh Toyota Land Cruiser juga lebih banyak dibandingkan dengan pesaingnya ini.

Mobil Toyota Land Cruiser tersedia dalam 2 varian, yakni Toyota Land Cruiser VX Grade dan VX-R. Toyota Land Cruiser harganya berkisar dari Rp 2,18 Miliar hingga Rp Rp 2,52 Milyar. Ini merupakan harga Toyota Land Cruiser 2020.

Awalnya digunakan untuk keperluan militer, Land Cruiser FJ40 mulai dibuat elegan untuk pengendaraan sehari-hari perkotaan. ​ Namun yang paling terkenal tentu saja Toyota Land Cruiser XV 80 yang diset sebagai SUV off-road yang fashionable namun tetap nyaman dikendarai. Dan saat ini, DNA SUV mewah Land Cruiser 2020 ditawarkan dalam 2 tipe, 200 STD Spec dan 200 Full Spec.

Mari Bandingkan Ruang dan Kepraktisan Toyota Land Cruiser dengan Pesaingnya Ini 02

Tetapi jika kita bicara soal kapasitas bagasi, Toyota Land Cruiser jelas kalah telak dari Land Rover Range Rover Velar. Pasalnya, mobil ini memiliki kapasitas bagasi 632 liter sementara Toyota Land Cruiser hanya bisa menampung 456 liter saja.

Kepraktisan

Baik mobil Toyota Land Cruiser maupun Land Rover Range Rover Velar, keduanya memiliki desain interior bagian depan yang driver oriented atau mengutamakan kemudahan pengendalian oleh pengemudi. Hal ini bisa dilihat dari peletakkan tombol-tombol kendali yang berada dekat dengan pengemudi, sehingga pengemudi bisa tetap melakukan pengaturan tanpa takut kehilangan fokus saat berkendara.

Mari Bandingkan Ruang dan Kepraktisan Toyota Land Cruiser dengan Pesaingnya Ini 03

Tidak bisa dipungkiri bahwa mobil Toyota Land Cruiser 2020 memang SUV premium yang dipenuhi dengan berbagai fitur mewah yang praktis dan bisa memudahkan pengemudi saat berkendara. Setirnya sendiri menggunakan desain empat palang berlapis bahan kulit mewah yang nyaman digenggam. Setir ini juga sudah dilengkapi dengan tombol-tombol pendukung berkendara di bagian atas dua palangnya, sehingga lebih mudah diakses pengemudi.

Tombol-tombol pada bagian setir tersebut bisa digunakan pengemudi untuk mengendalikan sistem ICE, mengatur panggilan telepon, kontrol laju kendaraan, dan juga berbagai fitur fungsional lainnya ketika sedang berkendara sekalipun.

Mari Bandingkan Ruang dan Kepraktisan Toyota Land Cruiser dengan Pesaingnya Ini 04

Pada bagian tengah dashboard berdesain dual-tone dengan aksen kayu yang dimiliki oleh mobil Toyota Land Cruiser 2020 ini terdapat layar besar 8 inci serta ventilasi udara terpusat, yang mampu menyajikan berbagai fitur infotainment secara efisien. Ada pula pengaturan iklim otomatis sehingga pengemudi tidak perlu repot menyesuaikan suhu di dalam mobil dengan cuaca di luar.

Sementara itu, pada Land Rover Range Rover Velar, terdapat fitur transfer switch, driving mode switch, wireless charger, dan kombinasi speedometer dengan layar Multi Information Display dengan layar TFT 4,2 inci untuk memberikan informasi akurat tentang kendaraan yang bisa diakses dengan mudah oleh pengemudi ketika berkendara.

SUV berdesain elegan dan sederhana ini memiliki konsep yang mengedepankan kenyamanan dan kepraktisan pengguna. Hal ini bisa terlihat dari konsep Sistem Infotainment Touch Pro Dual Display yang menjadi bagian utama di dalam mobil ini.

Pengemudi diberikan layar MID High Definition Analogue Dial with Central TFT Display selebar 12,3 inci. Melalui layar MID yang berteknologi Interactive Driver Display ini, pengemudi dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang akurat seputar kondisi mobil.

Mari Bandingkan Ruang dan Kepraktisan Toyota Land Cruiser dengan Pesaingnya Ini 05

Selain itu, demi memudahkan pengemudi melakukan pengaturan sistem audio, Land Rover Range Rover Velar dibekali sistem kemudi dengan tombol switch yang terintegrasi di beberapa menu di layar sentuh sehingga pengemudi bisa mengatur hiburan tanpa kehilangan fokus berkendara.

Jika dilihat dari fiturnya, sebenarnya Toyota Land Cruiser 2020 memiliki fitur keselamatan dan fitur hiburan yang lebih lengkap dibandingkan dengan Land Rover Range Rover Velar. Tetapi bicara soal kepraktisan dan kemudahan pengguna, Land Rover Range Rover Velar bisa mengungguli Toyota Land Cruiser dengan menyematkan beragam fitur yang memudahkan pengemudi dalam melakukan pengaturan.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Land Cruiser VX Grade

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru