Perbandingan Pengalaman Berkendara Toyota Land Cruiser dan Land Rover Range Rover Velar

Anissa · 24 Jul, 2020 19:00

Perbandingan Pengalaman Berkendara Toyota Land Cruiser dan Land Rover Range Rover Velar 01

Dari sekian banyak aspek yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli sebuah mobil, rasanya pengalaman berkendara bisa dibilang merupakan salah satu aspek yang cukup penting. Ketika mengendarai sebuah mobil, sebagian besar waktu kita akan dihabiskan di dalam mobil, dan karena itulah, pengalaman berkendara menjadi sangat penting untuk dipertimbangkan.

Sebagai mobil SUV premium, Toyota Land Cruiser diklaim bisa menghadirkan pengalaman berkendara yang nyaman dan aman berkat beragam fitur yang dimilikinya. Tetapi salah satu pesaingnya, yakni Land Rover Range Rover Velar juga menghadirkan pengalaman berkendara yang tidak kalah menarik.

Mobil Toyota Land Cruiser tersedia dalam 2 varian, yakni Toyota Land Cruiser VX Grade dan VX-R. Toyota Land Cruiser harganya berkisar dari Rp 2,18 Miliar hingga Rp Rp 2,52 Milyar. Ini merupakan harga Toyota Land Cruiser 2020. Awalnya digunakan untuk keperluan militer, Land Cruiser FJ40 mulai dibuat elegan untuk pengendaraan sehari-hari perkotaan. ​Namun yang paling terkenal tentu saja Toyota Land Cruiser XV 80 yang diset sebagai SUV off-road yang fashionable namun tetap nyaman dikendarai.

Kali ini, kita akan membandingkan pengalaman berkendara yang diberikan kedua model mobil ini. Kira-kira, mobil mana yang lebih unggul?

Pengalaman Berkendara Toyota Land Cruiser

Pertama, untuk memberikan kenyamanan saat berkendara, jok mobil Toyota Land Cruiser 2020 dilapisi dengan material berkualitas tinggi. Agar tetap stabil dan nyaman ketika dikendarai di jalan yang tidak rata, mobil ini mengandalkan suspensi depan bertipe Double Wishbone dan suspensi belakang 4 Link Coil Rigid with Lateral Rod. Performa yang dihasilkan mobil Toyota Land Cruiser juga akan lebih bertenaga di medan-medan offroad berkat gigi yang lebih tinggi dan rasio lebih besar.

Perbandingan Pengalaman Berkendara Toyota Land Cruiser dan Land Rover Range Rover Velar 02

Kemudian, untuk menunjang keamanan pada mobil ini, Toyota Land Cruiser dibekali dengan berbagai fitur canggih. Ada fitur Blind Spot Monitor (BSM) yang mendeteksi kendaraan di posisi blind spot belakang dan samping kendaraan dan menampilkan kondisi seluruh bodi mobil Toyota Land Cruiser 2020 dengan bantuan 4 kamera wide angle di bagian depan, belakang, dan samping.

Ada pula fitur Rear Cross Traffic Allert (RCTA) yang akan memberikan peringatan kepada kendaraan lain yang mendekat saat mobil akan berputar arah. Sebagai fitur keselamatan standar, mobil Land Cruiser 2020 ini juga dilengkapi dengan 10 buah Airbags yang tersebar kursi depan hingga kursi belakang. Fitur Hill Start Assist juga disematkan agar kendaraan tidak mundur saat berhenti atau melaju di tanjakan.

Perbandingan Pengalaman Berkendara Toyota Land Cruiser dan Land Rover Range Rover Velar 03

Toyota juga memberikan fitur Vehicle Stability Control yang memungkinkan kendaraan tetap berada di jalurnya saat sedang berakselerasi dan menikung. Untuk keamanan dan kenyamanan penumpang bayi maupun anak-anak, Toyota juga menyematkan fitur Isofix dan Toyota Mini pada mobil ini.

Pengalaman Berkendara Land Rover Range Rover Velar

Sebagai mobil SUV premium yang terkenal elegan dan mewah, Land Rover Range Rover Velar tentu harus menawarkan hal yang lebih dari sekadar mesin yang andal. Pada mobil ini memang diketahui terdapat berbagai fitur yang canggih dan fungsional yang menunjang pengalaman berkendara agar terasa nyaman dan aman.

Land Rover Range Rover Velar menggunakan jok premium yang dilapisi dengan dua bahan, yakni Premium Textile and Suedecloth, serta Perforated Windsor Leather. Jok yang dimilikinya ini terintegrasi dengan sistem kontrol di layar sentuh dashboard sehingga lebih mudah untuk melakukan pengaturannya.

Perbandingan Pengalaman Berkendara Toyota Land Cruiser dan Land Rover Range Rover Velar 04

Untuk menunjang keselamatan, pada rem mobil SUV asal Inggris ini telah disematkan 3 teknologi sekaligus, yakni EBD, AEB dan ABS. Hal ini akan memudahkan pengemudi mengontrol kecepatan.

Sebagai fitur keamanan standar, pada mobil ini juga telah disematkan 6 Airbags untuk melindungi penumpang dan pengemudi ketika kecelakaan atau benturan. Untuk memberikan pengendaraan yang lebih mulus, Land Rover Range Rover Velar menggunakan suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan Multi Link di bagian belakang.

Dengan suspensi ini, Land Rover Range Rover Velar dinilai dapat memberikan kenyamanan yang lebih untuk pengemudi maupun penumpang ketika berkendara. Tidak hanya itu, suspensi mesinnya pun dilengkapi dengan Electronic Air Suspension.

Perbandingan Pengalaman Berkendara Toyota Land Cruiser dan Land Rover Range Rover Velar 05

Yang menarik dari mobil ini adalah bagian pintunya. Pintu mobil SUV berkapasitas 5 orang penumpang ini telah menggunakan sebuah teknologi modern yang disebut Flush Deployable Door. Teknologi ini diklaim bisa meningkatkan sisi aerodinamis dari mobil ini.

Bukan itu saja, pengalaman berkendara yang mewah juga bisa kita rasakan melalui Panaromix Glass yang dimiliki mobil ini. Berkat Panoramix Glass ini, dilihat dari sisi eksteriornya pun mobil ini terlihat lebih futuristik.

Kesimpulan

Seperti yang kita tahu, baik Toyota Land Cruiser maupun Land Rover Range Rover Velar, keduanya merupakan model mobil SUV premium yang memiliki kemampuan off road yang sangat baik. Keduanya juga dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung yang akan menjamin pengalaman berkendara yang nyaman, aman, dan stabil.

Tetapi jika dilihat secara keseluruhan, ada beberapa fitur pendukung yang terdapat pada Land Rover Range Rover Velar, tetapi belum dimiliki oleh mobil Toyota Land Cruiser 2020. Misalnya saja seperti Panoramix Glass dan Flush Deployable Door. Beberapa fitur ini pasti akan dapat memberikan pengalaman berkendara yang berbeda dari SUV lainnya.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Land Cruiser VX Grade

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru