window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tips Merawat Power Window Mobil Anda, Nomor Tiga Paling Mudah

Evan · 14 Sep, 2021 09:30

Tips Merawat Power Window Mobil Anda, Nomor Tiga Paling Mudah 01

Sepele, tapi sangat berguna

Hampir semua mobil baru yang dijual sekarang sudah menggunakan fitur power window untuk menaikkan atau menurunkan jendela. Fitur satu ini membutuhkan peran motor listrik yang terpasang di balik door trim, maka perlu didukung dengan perawatan. 

Untuk itu, kita perlu melakukan perawatan agar fungsi penggerak dapat berjalan dengan benar dan memiliki umur pakai yang panjang. Mengingat untuk mengganti motor yang rusak mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Cara merawat pun sebetulnya tidak sulit, bisa dilakukan sendiri asal dilakukan berkala.

Tips Merawat Power Window Mobil Anda, Nomor Tiga Paling Mudah 02

Regulator, sama pentingnya

Selain motor pada bagian power window juga terdapat regulator, yang terhubung pada motor dan berfungsi sebagai frame untuk memegang kaca jendela. Bagian ini juga perlu diperhatikan karena masalah kadang-kadang bukan karena motor, tetapi lebih kepada regulator yang aus.

Berikut merupakan lima tips menjaga komponen power window tersebut agar awet.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca Juga:Bukan Cuma Gaya, Ini Fungsi Spoiler Pada Mobil

Biasakan Tidak Menjemur Kendaraan Dibawah Sinar Matahari Terlalu Lama

Tips Merawat Power Window Mobil Anda, Nomor Tiga Paling Mudah 01

Terkena sinar matahari langsung

Terkadang beberapa pemilik seringkali parkir tepat dibawah sinar matahari tanpa proteksi apapun dan dalam waktu yang lama. Mereka berpikir bahwa mobil masa kini sudah didesain agar tahan terhadap segala cuaca. 

Ini merupakan pemikiran yang salah besar, mobil justru seharusnya dihindarkan dari paparan sinar matahari. Karena apabila terkena sinar matahari matahari langsung secara terus-menerus akan membuat komponen grease di motor akan mengeras. 

Efeknya akan membuat motor menjadi aus karena motor terus bekerja tetapi tidak ada gerakan, dan hal terburuknya bisa saja terbakar. Apabila memang ingin memarkirkan mobil di area yang tidak ada perlindungan, dapat menggunakan cover atau peredam panas di kabin.

Bersihkan Karet Kaca Mobil Secara Rutin, Bisa dengan Silicone Spray

Tips Merawat Power Window Mobil Anda, Nomor Tiga Paling Mudah 02

Kaca pelipit harus rapat

Fungsi karet pelipit kaca mobil adalah untuk menjaga agar tidak ada celah diantara kaca jendela saat proses naik turun agar debu dari luar tidak masuk. Karena hal inilah terkadang debu justru menempel pada karet tersebut.

Karena power window bekerja menggunakan motor listrik untuk menurunkan dan menaikkan jendela, apabila debu atau kotoran tadi menempel pada karet pelipit maka akan membuat kerja motor lebih berat dan memperpendek umur pakai. 

Hal ini bisa diatasi dengan menyemprot silicone spray di sepanjang jalur karet pelipit kaca, termasuk pada frame pintu mobil.

Baca Juga:Mitos Keliru soal Fitur Overdrive di Mobil Matic, Apakah Aman Kalau Sering Digunakan?

Penggunaan Patut Diperhatikan, Mempengaruhi umur Power Window

Tips Merawat Power Window Mobil Anda, Nomor Tiga Paling Mudah 03

Motor listrik punya umur pakai

Semua alat yang memiliki mekanisme khusunya elektris tentu mempunyai umur, begitu juga dengan power window. Semakin sering digunakan maka kemungkinan untuk rusak akan semakin besar. Agar lebih awet, sebaiknya menurunkan kaca jendela seperlunya.

Jika kira-kira diturunkan sedikit saja sudah cukup untuk melakukan aktivitas ataupun memasukkan udara dari luar ke dalam mobil, maka tidak perlu sampai menurunkan kaca jendela secara keseluruhan.

Tips nomor tiga ini tampaknya yang paling sulit diterima akal sehat banyak orang, tetapi sebetulnya hal ini justru berdasarkan pengalaman pribadi banyak pemilik mobil di media online.

Baca Juga:Jangan Sampai Salah, Berikut Cara Mudah Merawat Transmisi Matic dan Manual

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Renault Duster 1.5L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil