window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Walau Gak Perlu Isi Bensin, Begini Cara Mudah Merawat Mobil Listrik DFSK Gelora E Agar Tetap Prima

Enda · 25 Jun, 2023 19:00

Cara mudah merawat mobil listrik

Saat ini DFSK Gelora E jadi satu-satunya mobil niaga di Tanah Air yang mengusung teknologi elektrifikasi. Sebagai mobil listrik murni, dari segi perawatan tentunya Gelora E lebih mudah dibandingkan mobil niaga apapun yang masih menggendong mesin berjeniskan Internal Combustion Engine (ICE).

Namun begitu pemilik atau pengguna juga diwajibkan untuk melakukan pengecekan sejumlah komponen agar kondisinya tetap optimal.

"DFSK Gelora E sebagai kendaraan listrik juga tetap membutuhkan pengecekan kondisi dan perawatan berkala," ungkap Marketing Head PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi, melalui keterangan resminya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dan berikut adalah 5 cara yang wajib dilakukan untuk perawatan mobil listrik khususnya DFSK Gelora E.

Baca juga: Esemka Bima EV Vs DFSK Gelora E, Siapa yang Paling Unggul dari Segi Spesifikasi?

1. Wajib Mengecek Radiator Setiap 60.000 Kilometer

Cara mudah merawat mobil listrik

Walaupun tidak menggunakan mesin dengan sistem ruang bakar, mobil listrik khususnya DFSK Gelora E masing mempunyai radiator. Untuk itu kalian diwajibkan melakukan pengecekan setiap 60.000 kilometer sekali.

Fungsi radiator pada mobil ini tak lain untuk mendinginkan kerja baterai dan motor listrik supaya suhunya tetap stabil.

2. Memahami Buku Panduan

Pemilik mobil listrik juga diharuskan membaca buku manual kendaraan. Di sini terdapat seluruh informasi teknis yang terkait dengan kendaraan dimiliki.

Bisa dibilang kendaraan listrik adalah arang baru buat mayoritas pengguna. Mungkin saja ada aspek-aspek penting yang belum diketahui, dan semua informasi tersebut ada di buku manual.

Baca juga: Mobil Listrik Niaga Termurah, Biaya Service DFSK Gelora E Bikin Tercengang

3. Ganti Filter AC DFSK Gelora E Secara Berkala

Cara mudah merawat mobil listrik

AC double blower DFSK Gelora E

Guna memberikan kenyamanan selama berkendara, DFSK Gelora E telah dilengkapi dengan sistem pendingin udara atau yang kita kenal dengan sebutan AC.

Meski tidak berkaitan langsung dengan performa dari kendaraan, perawatan AC pada mobil listrik juga wajib dilakukan. Salah satunya mengganti filter AC secara berkala apabila hembusan udara yang keluar sudah tidak lagi segar.  

Selain menjaga udara di kabin tetap segar, penggantian filter AC secara teratur juga dapat menjaga kesehatan setiap penggunanya.

4. Mengganti Oli Gardan

Untuk membuatnya berjalan, putaran yang dihasilkan motor listrik pada DFSK Gelora E selanjutnya diteruskan ke penggerak roda belakang. Sebelum sampai di roda, putaran lebih dulu sampai di gardan (differential).

Di dalam gardan terdapat berbagai macam komponen seperti gear, bearing serta bahan metal lainnya yang membutuhkan pelumas supaya tidak mudah aus. Untuk periode oli gardan sendiri dilakukan setiap 20.000 KM atau 12 bulan pemakaian.

5. Lakukan Servis dan Pengecekan di Bengkel Resmi Setiap 10.000 Kilometer

Cara mudah merawat mobil listrik

Jika mengalami kesulitan untuk mengecek semua kondisi komponen tersebut, kalian bisa mengunjungi bengkel resmi. Service sebaiknya dilakukan saat mobil menginjak pemakaian kelipatan 10.000 kilometer.

Sekedar informasi, untuk biaya perawatan berkala 1 tahun / 20.000 kilometer DFSK Gelora E hanya cukup mengeluarkan uang Rp280.554. Selanjutnya perawatan berkala 3 tahun / 50.000 kilometer cukup menyiapkan uang Rp1.034.575.

Baca juga: Gak Sampai Rp50 Ribu, DFSK Gelora E Buatan Lokal Tempuh Perjalanan Jakarta-Bandung Tanpa Ribet

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

DFSK Gelora Mini Bus 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil