window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Wuling Air ev Lite Buka Segmen Baru di Indonesia, Populasi Mobil Listrik Bisa Lebih Agresif

Herdi · 19 Agu, 2023 15:01

Wuling Air ev Lite Buka Segmen Baru di Indonesia, Populasi Mobil Listrik Bisa Lebih Agresif 01

Wuling Motors menambah amunisi baru untuk menyasar segmen mobil listrik terjangkau di Indonesia dengan menghadirkan Wuling Air ev Lite.

Kehadiran Air ev dengan tambahan varian Lite, menjadikan mobil tersebut paling terjangkau di antara keluarga Air ev lainnya.

Bagaimana tidak, harga Wuling Air ev Lite yang normalnya Rp206 juta karena mendapatkan subsidi dari pemerintah, maka menjadi Rp188 jutaan on the road Jakarta.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Wuling Air ev Kini Ada Versi Lite, Lebih Murah dari Seres E1

Wuling Air ev Lite

 Air ev Lite

Lain halnya, dengan kedua saudara mereka yaitu Air ev tipe Standard Range dan Long Range, yang  masing-masing harganya tembus Rp243 juta dan Rp299,5 juta.

Menurut Brand and Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani, kehadiran Air ev Lite sengaja dilakukan untuk semakin memperluas potensi market elektrifikasi di Indonesia. 

Baca juga: Ini Fitur yang Ada di Wuling Air ev Lite Dibanding Standard Range

Wuling Air ev

Wuling Air ev Long Range

"Jadi setelah Air ev Long dan Standard Range mendapat sambutan cukup baik, dengan adanya Air ev Lite ini harapannya kita bisa menjangkau semakin banyak segmen, karena harganya lebih accessible untuk segmen yang lebih luas," jelas Dian, saat ditemui di booth Wuling GIIAS 2023.

Lebih lanjut Dian menuturkan, dengan adanya Air ev Lite, maka varian ini tidak hanya dapat digunakan secara personal atau privat, tapi membuka segmen baru untuk kendaraan full listrik bagi setiap perusahaan atau instansi pemerintah di Indonesia.

"Kami juga membuka kemungkinan untuk perusahaan, maupun fleet user yang ingin memanfaatkan fungsionalitas Air ev tapi dengan harga yang tidak terlalu tinggi," jelas Dian.

Baca juga: Ada Wuling Air ev Pakai Motif Batik Betawi di GIIAS 2023

Wuling Air ev jadi mobil KTT ASEAN 2023

Air ev juga bisa jadi mobil ambulans

Dian tak menampik, bahwa saat ini masyarakat sudah mulai tak meragukan mobil-mobil listrik, hal ini karena mobil nyetrum beberapa diantaranya sudah sanggup menghadirkan sejumlah keunggulan dibandingkan mesin bensin.

Hal ini pula yang membuat mobil Air ev, selain imut dan enak dipandang, tapi secara keseluruhan memang cukup menarik perhatian masyarakat Indonesia. 

Oleh karena itu, Jika Anda ingin mengetahui apa saja keunggulan dari Wuling Air ev di masing-masing tipe, lihat ulasannya di bawah ini:

Wuling Air ev Lite

Wuling Air ev Lite depan dan Long Range

Wuling Air ev Lite rilis di GIIAS 2023

Wuling meluncurkan Air ev Lite di GIIAS 2023 model paling basic dari Air ev. Namun secara tampilan sebenarnya tak jauh berbeda dengan tipe Standard Range, kecuali balutan satu warna atau single tone, jadi ciri khas versi Lite.

Kendati demikian, warna yang sama pada seluruh body justru memberikan efek menarik bagi mobil tersebut karena tetap terkesan lucu dan imut, karena bentuk mobil mungil.

Varian Air ev Lite juga sudah dilengkapi pilihan lima warna Pristine White, Galaxy Blue, Avocado Green, Lemon Yellow, dan Peach Pink.

Baca juga: Tiga Varian Wuling Air ev Dukung Mobilitas Berkelanjutan Dengan Beragam Kemudahan

Wuling Air ev Long Range bagian belakang

Wuling Air ev Lite bagian belakang

Namun pada varian terendahnya ini, desain body-nya terlihat lebih unik dan menggemaskan karena warna lebih menyeluruh di body tanpa tertutup warna hitam pada body bagian atas.

Adapun untuk bagian penerangan utama pada mobil ini masih menggunakan halogen.

Air ev Lite juga sudah dilengkapi spion yang dapat diatur secara manual, serta velg kaleng yang ditutupi dop, dan lampu bohlam pada bagian belakang.

Pada bagian interior, Air ev Lite dilengkapi dengan satu speaker dan airbag di bagian pengemudi.

Wuling Air ev

Interior Air ev Lite

Varian terbaru Air ev ini dibekali dengan TPMS, ISOFIX dan sound module for pedestrian warning.

Bagian jok mobil ini juga bisa dilipat sehingga jadi semakin lebar dan luas untuk menampung barang bawaan.

Mobil listrik mungil ini juga sudah disematkan fitur keselamatan sama seperti Standard Range.

Adapun untuk untuk Air ev sudah dibekali satu kantung udara atau airbag yang dapat melindungi pengemudi.

Baca juga: Ini Fitur yang Ada di Wuling Air ev Lite Dibanding Standard Range

Wuling Air ev Lite melintasi genangan air

Diuji untuk melintasi genangan air 

Untuk jantung pacu, versi Lite dibekali baterai Lithium Ferro-Phosphate berkapasitas 17,3 kWh dengan standar IP67 dan telah melalui pengujian dalam berbagai kondisi ekstrem.

Menggunakan pengisian daya AC bertegangan 2.0 kW, untuk lama waktu pengecasan dari habis hingga 100% membutuhkan sekitar 8 jam.

Dengan kapasitas baterai terisi penuh kondisi penuh mobil ini sanggup menempuh jarak 200 km.

Oh iya, mobil ini dibekali motor listrik tunggal yang diletakan di belakang dengan menghasilkan tenaga sebesar 30 kW (40,7 PS).

Wuling Air ev Tipe Standard Range

Lampu Wuling Air ev Standard Range belum dilengkapi LED

Air ev Standard Range juga belum dilengkapi LED

Jika Anda ingin punya rasa lebih privasi dan berbeda dengan Air ev tipe Lite, maka Anda cukup satu tingkat lebih di atas, yaitu memilih tipe Standard Range dengan beberapa hal tetap dipertahankan.

Bagian yang dipertahankan tersebut antara lain penggunaan lampu LED membentang dari kanan ke kiri, termasuk logo Wuling jadi bisa menyala.

Yang membedakan dengan Air ev Lite, yaitu terdapat warna two tone, dan juga bagian belakang sudah dilengkapi kamera mundur.

Masuk ke kabin, semua yang ada pada Air ev Lite dibenamkan pada versi Standar Range.

Secara kelsuruhan

Tipe Standard Range sudah Dual Tone

Termasuk, interior bernuansa abu-abu terang, meter cluster full colour berukuran tujuh inci.

Air ev Standard Range sama seperti Lite, sudah ada radio, pemutar music melalui Bluetooth atau USB, serta mobil ini juga sudah ada dual airbags.

Khusus untuk fitur keamanan, mobil ini sudah dilengkapi immobilizer, alarm, dan juga sudah menggunakan rem cakram di depan dan rem tromol di belakang.

Sementara untuk jantung pacunya, tetap sama seperti Wuling Air ev Lite, dimana baterai tipe ini mampu menempuh jarak hingga 200 km.

Wuling Air ev Tipe Long Range

Wuling Air ev

Sudah Two Tone

Tipe Long Range merupakan varian paling tinggi dari Air ev, maka dari itu semua yang ditawarkan pada tipe Standard Range ada di varian tertinggi ini.

Akan tetapi, karena tipe ini paling tinggi maka ada beberapa hal yang ditambah sehingga menjadi lebih mengasyikan.

Seperti halnya pada bagian Logo Wuling di tipe ini sudah bisa menyala, ditambah penerangan menggunakan LED di bagian depan dan belakang yang bertingkat.

Wuling Air ev

Lampu depan L​​​​​ED

Untuk warna body masih sama dengan Standard Range, yaitu Two tone.

Masuk kabin, varian Long Range ini dilengkapi dua layar yang digabungkan jadi berukuran 10,25 inci, hal ini juga semakin membuat tampilan dashboardnya terkesan keren.

Kemudian sarung bangku terbuat dari kulit sintetis, demikian juga dengan lingkar kemudi. Alhasil tampilannya juga tak kalah menarik.

Wuling Air ev

Deretan mobil listrik Wuling Air ev  

Sementara varian Long Range sudah menggunakan rem cakram di keempat rodanya alias depan belakang.

Pada bagian kabin, tipe ini memiliki warna lebih gelap, ditambah sudah ada dual airbag.

Air ev tipe Long Range ini sudah ada fitur seperti messaging, navigation, dan juga online music.

Selain itu, tipe tertinggi dari Wuling Air ev juga sudah dilengkapi, ABS, EBD, tambahan fitur Electronic Stability Control (ESC). Kemudian Electric Parking Brake (EPB) yang sudah dilengkapi Hill Hold Control.

Tipe tertinggi ini juga dijejali Smart Start System, dimana fitur ini memungkinkan mobil listrik ini dioperasikan tanpa harus menekan tombol tertentu atau memutar anak kunci.

Wuling Air ev dilengkapi fitur

Tipe Long Range dilengkapi teknologi teknologi internet of Vehicle (IoV) dan Wuling Indonesian Command (WIND)

Yang paling menarik, pada mobil listrik mini ini juga tersemat berbagai fitur canggih seperti teknologi internet of Vehicle (IoV) dan Wuling Indonesian Command (WIND).

Teknologi IoV ini memungkinkan pengguna mobil Air ev untuk memiliki konektivitas dengan kendaraan melalui koneksi internet. Dengan begitu, pengguna mobil mampu mengontrol menggunakan perintah melalui smartphone.

Teknologi IoV ini dapat dimanfaatkan untuk mengoperasikan berbagai fitur seperti navigasi online, Bluetooth, wireless mirrorlink, pesan online, geo fencing, vehicle positioning dan perintah mendengarkan musik favorit. 

Tidak hanya itu, teknologi IoV juga bisa memberikan kemudahan bagi pengguna untuk membuka dan mengunci pintu mobil, menyalakan dan mematikan mesin kendaraan hingga mengontrol AC.

Interior Wuling Air ev

Interior tipe Long Range 

Sedangkan WIND merupakan teknologi perintah suara yang memungkinkan pengguna mobil Wuling Air ev untuk mengoperasikan berbagai fitur menggunakan perintah suara dalam bahasa Indonesia.

Berbagai fitur yang ada pada mobil mini ini dapat dioperasikan dengan teknologi WIND antara lain seperti mengakses aplikasi online, mendengarkan musik, menelepon, memutar stasiun radio, mengatur volume, membuka jendela, mengoperasikan sunroof, menyalakan AC dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Untuk mengaktifkan perintah suara Anda hanya perlu menekan pada tombol voice command yang ada di sisi kiri kemudi kemudian ucapkan “Halo Wuling” sebagai kata kuncinya.

Wuling Air ev

Baterai Wuling Air ev direndam air 

Nah, untuk performa, tipe Long menggunakan baterai berkapasitas 26,7 Kwh, dan motor penggerak yang memiliki daya hingga 30 kW.

Dengan tenaga yang dimiliki, mobil ini sanggup melaju hingga sejauh 300 km.

Gimana, mau pilihan Wuling Air ev tipe mana?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Wuling Air EV Standard Range 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia