Istimewanya Yamaha R1 GYTR VR46 Tribute Edisi Perpisahan Valentino Rossi, Dijejali Komponen WSBK

Ilham · 26 Nov, 2021 13:30

Nama Valentino Rossi sebagai pembalap legendaris di ajang balap dunia MotoGP memang sudah tidak bisa dilupakan. Sayangnya, pembalap asal Italia tersebut memutuskan pensiun tahun ini. Sehingga aksinya tak dapat disaksikan tahun depan. Dan sebagai bentuk penghargaan, Yamaha Motor Europe menghadirkan motor spesial untuknya.

Istimewanya Yamaha R1 GYTR VR46 Tribute Edisi Perpisahan Valentino Rossi, Dijejali Komponen WSBK 01

Grafisnya menarik khas VR46

Motor tersebut berjuluk Yamaha R1 GYTR VR46 Tribute yang dirilis dalam ajang One More Lap di pameran EICMA 2021 di Milan, Italia pekan ini. Selubung motor tersebut langsung dibuka oleh Valentino Rossi dan Presiden Yamaha Motor Europe N.V., Eric de Seynes. Pihak Yamaha menyebut jika motor ini merupakan hadiah spesial dari mereka untuk perjalanan bersama Rossi hingga saat ini.

Hadir sebagai sebuah penghargaan, ada banyak hal istimewa di Yamaha R1 GYTR VR46 Tribute yang tidak terdapat di versi standarnya. Mulai dari livery hingga ke detail komponennya.

Baca Juga: Setelah Yamaha YZF-R7,Yamaha Siapkan Amunisi Anyar Bernama Yamaha YZF-R9

Dirancang Oleh Drudi Performance

Dari sisi eksterior, Yamaha R1 GYTR VR46 Tribute langsung menyolok mata lewat kombinasi warna biru dan kuning sebagai ciri Yamaha dan pembalap berjuluk VR46 itu. Kombinasi tersebut terlihat mulai dari fairing depan, nomor start hingga cover mesin dan buntutnya.

Istimewanya Yamaha R1 GYTR VR46 Tribute Edisi Perpisahan Valentino Rossi, Dijejali Komponen WSBK 01

Perancangnya Aldo Drudi

Cirinya sangat khas Rossi. Tak perlu heran, karena desainer yang membuat grafis livery tersebut adalah Aldo Drudi dari Drudi Performance. Aldo Drudi dikenal penggemar VR46 karena kerap membuat grafis helm-helm Rossi yang ikonik.

Dengan tampilan grafis yang unik ini, para pengguna motor sport fairing lokal di Indonesia, seperti Yamaha R15 2021 dan Yamaha R25 2021 juga bisa mengaplikasikan pada motor kesayangannya.

Baca Juga: Setelah Honda dan Kawasaki, Giliran Yamaha Kembangkan Yamaha YZF-R4?

Punya Aksesoris Spesial

Kembali ke Yamaha R1 GYTR VR46 Tribute, seperti disebutkan sebelumnya jika motor ini juga dibekali sederet komponen istimewa. Pasalnya sederet komponen dan fitur dari GYTR (Genuine Yamaha Technology Racing) yang baru dijual pada 2022, sudah tertanam di motor tersebut. Termasuk sebagian spare parts yang membantu Toprak Razgatlioglu merebut gelar juara WSBK 2021.

Istimewanya Yamaha R1 GYTR VR46 Tribute Edisi Perpisahan Valentino Rossi, Dijejali Komponen WSBK 02

Panel spidometer unik

Diantaranya bodi dan fairing kit berbahan carbon fiber. Lalu subframe belakang full karbon. Serta tangki dengan kapasitas lebih besar, yakni 22 liter dan panel spidometer LCD yang menampilkan kata 'Grazie Vale' (Terima Kasih Rossi). Detail lainnya adalah electronic throttle, slipper clutch, head gasket, radiator kit, air funnel set, handlebar set hingga front brake protector keluaran GYTR.

Pakai Spek WSBK

Dari sisi performa terdapat ECU REX 140 Marelli sebagai 'otak' dari superbike tersebut, serta knalpot Akrapovic. Kemudian ada filter udara berspek WSBK, suspensi garapan Ohlins, rem Brembo hingga sepasang velg Marchesini, serta masih banyak komponen detail lainnya.

Istimewanya Yamaha R1 GYTR VR46 Tribute Edisi Perpisahan Valentino Rossi, Dijejali Komponen WSBK 03

Langsung dibuka oleh Rossi

Sayangnya, belum ada keterangan mengenai kapan motor ini dilepas umum, termasuk berapa harga jualnya. Atau bahkan motor ini bisa saja hanya menjadi kado bagi Rossi semata. Yang jelas dengan grafis livery kerennya bisa diaplikasikan ke motor sport berfairing di Indonesia. Ada yang mau bikin?

Komentar