window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Jangan Lengah, Motor Berfitur Keyless Kini Juga Diincar Maling!

Ilham · 14 Okt, 2022 17:00

Jangan Lengah, Motor Berfitur Keyless Kini Juga Diincar Maling! 01

Keyless tidak 100 persen aman
  • Bisa dilakukan dengan alat sederhana.
  • Moge juga bisa dijebol.

Salah satu fitur pengamanan motor dari tindakan pencurian yang dihadirkan oleh pabrikan adalah keyless ignition. Pasalnya, fitur on/off mesin dengan knob dan remote tersebut dirasa lebih aman ketimbang versi kunci konvensional yang bisa dijebol dengan kunci T.

Fitur ini bisa ditemui pada motor-motor skuter premium seperti Yamaha NMax, XMax, Aerox hingga matic kecil sekelas Lexi, Freego dan Fazzio. Dari pabrikan Honda ada di PCX, ADV, Scoopy dan Vario Series. Lalu ada juga motor sport sekelas Suzuki GSX-R150.

Toh demikian, hal ini tidak menjamin kendaraan 100 persen aman. Sebab motor-motor tersebut masih bisa dijebol oleh para pelaku curanmor. Seperti kasus yang terungkap di Demak, Jawa Tengah belum lama ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca Juga: Punya Honda Vario Lawas? Bisa Tukar Gratis Sama Honda Vario 125 2023 Nih!

Terkuak Lewat Operasi Polisi

Lebih lanjut, kasus pencurian motor yang sudah dilengkapi keyless ini terkuak lewat aduan masyarakat. Di mana terdapat 19 kasus yang berhasil diungkap dan ditindaklanjuti lewat Operasi Sikat Jaran Candi 2022 yang berlangsung 3-16 Oktober ini.

Jangan Lengah, Motor Berfitur Keyless Kini Juga Diincar Maling! 01

Kontak keyless motor.

Pencurian motor dengan keyless bisa dilakukan dengan cara menjebol rumah kunci. Kemudian instalasi kelistrikan motor ke ECU diakali dengan penggunaan peralatan sederhana, sehingga motor dapat menyala.

Cara lainnya adalah pencurian dengan mendorong motor dan mengangkutnya ke dalam mobil box. Metode lawas ini biasanya dilakukan pencuri yang bakal menjual motornya lagi dalam kondisi pretelan.

Baca Juga: Pabrik Selesai, Motor Listrik ALVA One Bisa Diproduksi 100.000 Unit Per Tahun!

Potensi Pencurian Motor Keyless

Meski jadi salah satu fitur penambah keamanan motor yang cukup signifikan, tapi ternyata keyless ignition system masih memiliki kelemahan. Karena sistem keyless masih bisa dijebol dengan peralatan sederhana.

Jangan Lengah, Motor Berfitur Keyless Kini Juga Diincar Maling! 02

Honda ADV 160 salah satu yang pakai keyless.

"Iya, benar keyless masih bisa dijebol," ucap Rahadi Wibowo, pemilik bengkel spesialis moge Motociclo di WTC Mangga Dua, saat Autofun konfirmasi beberapa waktu lalu. 

Menurutnya bukan cuma sistem keyless di motor kecil yang bisa dijebol, seperti yang umum beredar di Indonesia saat ini. Bahkan peranti seperti keyless di moge juga belum sepenuhnya aman. 

Hal ini kerap terjadi di Eropa. Seperti kejadian hilangnya moge penjelajah BMW R1150GS milik bikers Indonesia, Jeffrey Polnaja di Belanda tahun 2012 silam. Saat itu, Kang JJ sapaannya tengah memakai motor tersebut untuk touring ke berbagai negara dalam tajuk Ride for Peace.

Jangan Asal Saat Parkir

Untuk itu, meski terkesan lebih aman tapi ada baiknya pemilik motor keyless jangan lengah dengan memarkirkan motornya secara sembarangan. "Selain itu, bisa juga dengan menambah pengaman tambahan," ucap Rahadi.

Jangan Lengah, Motor Berfitur Keyless Kini Juga Diincar Maling! 03

GPS Tracker

Pengaman tambahan bisa berupa GPS tracker atau alarm. Atau bisa juga menambah kunci cakram atau tombol rahasia di motor tersebut. Jadi jangan asal parkir sembarangan ya!

Waspadalah.. Waspadalah..

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });