window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Yamaha NMax 2020 Muncul di Etalase Motor Bekas, Menarik Ketimbang Beli Baru?

Ary · 18 Feb, 2021 20:00

Anda tentu masih ingat kapan Yamaha Indonesia meluncurkan Yamaha XSR 155. Di akhir 2019 silam produk tersebut, produk tersebut dirilis bersamaan dengan Yamaha WR155R dan All New Yamaha NMax. Jikapun dihitung maju, setidaknya baru setahun ini perjalanan ketiganya berlangsung di Tanah Air.

Termasuk Yamaha NMax yang kali itu mengedepankan konektivitas gawai, sebagai salah satu penawaran teranyar. Dengan ketersediaan fitur baru tersebut, pihak pabrikan berharap memberikan nilai lebih bagi sang pemilik. Ditambah lagi, kenaikan harga yang tak kepalang signifikan dibanding model pendahulu.

Yamaha NMax 2020 Muncul di Etalase Motor Bekas, Menarik Ketimbang Beli Baru? 01

All New Yamaha NMax punya sorot lampu utama lebih tegas. 

Walau begitu, hal tersebut nyatanya tak menghentikan keputusan pengguna Yamaha NMax terbaru untuk menjualnya kembali. Pemandangan demikian pun terlihat di beberapa platform jual-beli motor bekas berbasis daring. Di situ kami lihat, tak kurang dari 50 unit Yamaha NMax 2020 diniagakan di sekitaran Jakarta.

Mengenai unitnya sendiri, kebanyakan merupakan varian standar. Berdasarkan pantauan kami, ada saja pemilik menjual Yamaha NMax 2020 bekas di angka Rp 25 jutaan. Tentu menjadi pertanyaan. Pasalnya, terjadi penurunan signifikan untuk motor dengan jarak tempuh yang masih pendek. Seperti diketahui, pihak pabrikan membanderol Yamaha NMax standar dengan harga Rp 29,750 juta (on the road Jakarta).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Pasaran Harga Yamaha NMax 2020 Bekas

Kendati demikian, rata-rata penjualnya masih menetapkan harga jual NMax 2020 mereka di kisaran Rp 26 juta sampai Rp 27 jutaan. Selain kilometer masih rendah, alasan mereka memasang harga tingi pastilah karena kondisi fisik yang masih sangat baik. "Mesin orisinil, ban depan-belakang tebal dan good condition," begitulah deskripsi salah satu penjual merayu calon pembeli.

Yamaha NMax 2020 Muncul di Etalase Motor Bekas, Menarik Ketimbang Beli Baru? 01

Pasca meluncur akhir 2019, harga Yamaha NMax Connected baru diumumkan pada Februari 2020.

Walau didominasi Yamaha NMax tanpa konektivitas dan ABS (anti-lock braking system), ada saja penjual yang memajang varian teratas di etalase. Hanya saja, pasaran Yamaha NMax Connected ABS itu terbilang masih lumayan tinggi. Harga bekasnya saja masih ditetapkan mulai dari Rp 30 jutaan. Turun sebanyak Rp 3,750 juta dibanding unit baru berbanderol Rp 33,750 juta.

Dari kedua varian NMax bekas itu, sejatinya menguntungkan andaikata Anda membelinya secara tunai. Sebaliknya menjadi kurang ideal ketika Anda meminang NMax bekas tersebut dengan cara kredit. Skema salah satu pedagang motor bekas memperlihatkan, pembeli harus menyerahkan uang muka minimal sebesar Rp 7 juta dengan ketersediaan tenor 11, 17, 23, 29 hingga 35 bulan. Sedang untuk nominal, berkisar antara Rp 1,1 juta sampai Rp 2,7 jutaan.

Selisih Kredit Yamaha NMax Baru dan Bekas

Kalaupun dihitung kembali, alangkah lebih baik jika Anda membeli unit baru dari diler. Misal saja mengacu pembelian di Yamaha Mekar. Dengan down payment tersebut Anda bisa mencicil Yamaha NMax tipe standar dengan angsuran Rp 1,2 jutaan saja untuk 35 bulan. Sekalipun Anda pilih tenor 11 bulan, cicilan reguler Anda sebesar Rp 2,9 jutaan.

Yamaha NMax 2020 Muncul di Etalase Motor Bekas, Menarik Ketimbang Beli Baru? 02

Harga Yamaha NMax Connected ABS di pasar motor bekas masih cukup tinggi.

Sementara untum kepemilikan Yamaha NMax Connected ABS, tinggal tambah Rp 300 ribu (Rp 7,3 juta). Untuk tenor paling lama atau 35 bulan, setoran wajib Anda sebesar Rp 1,4 jutaan. Jika mau lebih singkat sekaligus ideal, coba lah menetapkan pembeliannya dengan durasi kredit selama 23 bulan. Cicilan Anda di skema ini adalah Rp 1,8 jutaan.

Penawaran dari pihak diler Yamaha pun tak sekadar kompetitif terkait nominal. Toh, rasanya ada pula program berupa potongan diskon NMax baru yang diberikan kepada calon pembeli. Selain itu, kita juga tahu bahwa Yamaha Indonesia sudah menghadirkan pula varian tambahan yaitu All New Yamaha NMax Connected. 

Lini ini mengisi kesenjangan ruang antara tipe bawah dan atas. NMax dengan konektivitas gawai namun tanpa ABS ini dilego Rp 31 juta. Dari sisi harga lebih murah dari NMax Connected ABS. Selain itu, varian tersebut juga belum ada di pasaran motor bekas. 

Yamaha NMax 2020 Muncul di Etalase Motor Bekas, Menarik Ketimbang Beli Baru? 03

Pembalap MotoGP Yamaha, Maverick Vinales hadir dalam peluncuran Yamaha NMax. 

Apa yang Membuat Yamaha NMax 2021 begitu Menarik?

Dari sisi desain, Yamaha NMax 2021 jauh lebih impresif. Meski cukup identik dengan NMax lama, versi paling anyar jauh lebih berkarakter berkat penambahan list di bagian dalam lampu utama. Bentuk rumah lampunya pun menjadi lebih kecil, diikuti pula dengan merelokasi lampu sein ke area bawah tebeng depan. 

Perubahan terlihat mencolok pada area buritan. Lampu belakangnya kini lebih atraktif lantaran punya pahatan menajam. Bertambah sporty, terlebih dengan desain sepatbor barunya itu.

Yamaha NMax 2020 Muncul di Etalase Motor Bekas, Menarik Ketimbang Beli Baru? 04

Konektivitas gawai hadir di Yamaha NMax Connected dan NMax Connected ABS.

Penyajian panel meter digital masih jadi hal utama yang disuguhkan All New Yamaha NMax. Cover bulat yang sebelumnya dipakai model lama tak ditemui lagi pada NMax baru. Alhasil, membuat tampilan bagian ini tampak lebih lapang. 

Kebaruan juga terlihat karena terdapat beberapa informasi tambahan. Selain informasi dasar, pada panel meter kedapatan indikator seperti lambang VVA (variable valve actuation). Tanda itu bakal muncul ketika teknologi pada jantung mekanis itu aktif. Di situ pula Anda dapat melihat, keterhubungan antara smartphone dengan NMax. Ditandai oleh munculnya logo baterai smartphone dan App. 

Sementara indikator yang ditandai dengan lampu, berpindah ke bagian atas layar utama. Ada juga penambahan di sini. Selain lambang engine check, ada pula indikator Traction Control System (TCS), Anti-lock Braking System (ABS), Stop & Start System (SSS) hingga lambang telepon. 

Yamaha NMax 2020 Muncul di Etalase Motor Bekas, Menarik Ketimbang Beli Baru? 05

Fitur penyala-mati mesin otomatis tersedia di Yamaha NMax baru.

Terlihat pula, tak ada lagi tombol untuk mengatur tampilan layar seperti di NMax lama. Bukannya dihilangkan, karena tombol pengatur pada NMax terbaru itu sekarang berpindah ke area setang sebelah kiri. Simple dan efektif karena memudahkan pengendara dalam mengganti informasi, tanpa harus melepaskan tangan dari kemudi. 

Sedang di sebelah kanan, tersedia tombol untuk mengaktifkan SSS. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan penggunaan bahan bakar. Ketika aktif, maka mesin bakal mati otomatis saat bertemu dalam kondisi idle antara 3-5 detik. 

Khususnya pada varin tertinggi, pengayaan bukan sekadar ABS semata. Terapan berupa kontrol traksi otomatis pun terintegrasi menjadi keamanan tambahan NMax. Lalu keberadaan lambang telepon, baterai smartphone dan App, menjadi identitas soal konektivitas gawai yang dibawanya. 

Yamaha NMax 2020 Muncul di Etalase Motor Bekas, Menarik Ketimbang Beli Baru? 06

Konektivitas Yamaha NMax dilakukan oleh CCU yang terhubung via Bluetooth pada smartphone.

Ya, inilah salah satu fitur utama yang ditawarkan Yamaha Indonesia kepada konsumen Yamaha NMax di Indonesia. Pasalnya, melalui panel meter inilah Anda dapat mengetahui jika ada panggilan telepon, pesan atau email yang masuk ke smartphone.  

Tak cuma itu. Ketika sudah terhubung via jaringan Bluetooth, pemilik Yamaha NMax bisa memanfaatkan aplikasi bernama Y-Connect untuk mengetahui panduan rekomendasi perawatan secara berkala. Termasuk pula soal data penggunaan bahan bakar, revs dashboard hingga pemberitahuan jika ada malfungsi pada motor. 

Untuk dicatat, konektivitas gawai ini hanya Anda dapatkan ketika meminang NMax Connected dan NMax Connected ABS. Pada varian itu pula Anda mendapatkan sistem kunci pintar Smart Key System. 
  
All New Yamaha NMax mendapatkan peningkatan pada kapasitas tangki bahan bakar. Dari sebelumnya 6,6 liter menjadi 7,1 liter. Cukup wajar mengingat pabrikan ikut merombak sektor jantung mekanis NMax 2021. Satu diantaranya adalah menggunakan piston yang merupakan kepunyaan Yamaha R15.  

Yamaha NMax 2020 Muncul di Etalase Motor Bekas, Menarik Ketimbang Beli Baru? 07

Baru atau seken, Yamaha NMax 2020 layak dibeli berkat ubahan yang dimiliki.

Kesimpulan

Menurut kami, tak ada salahnya Anda membeli Yamaha NMax 2020 bekas. Dengan catatan unit tersebut dibeli secara tunai. Dari beberapa penjual terlihat, penurunannya lumayan untuk skutik yang masih punya catatan kilometer rendah. Selain itu, kondisi fisiknya sendiri pastilah masih cukup baik. 

Jika ingin mencicil, alangkah baiknya melakukan pembelian terhadap Yamaha NMax terbaru. Toh dari simulasi yang kami berikan tadi, selisihnya tak kepalang jauh dengan kredit Yamaha NMax bekas. Meski begitu, semua keputusan tetap kembali kepada Anda. Terlepas dari itu, Toh Yamaha NMax anyar menawarkan keragaman dari sisi pengembangan.  
 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });