Yamaha R15 Lele Bisa Jadi Alternatif Murah R15 V3 Yang Dirasa Kemahalan, Apa Bagusnya Motor Ini?
Harry · 5 Agu, 2021 17:30
0
0
Medio 2010-an konsumen di Indonesia harus bersusah payah untuk bisa mendapatkan motor sport bermesin 150 cc. Ya motor kala itu sangat jarang yang bermesin 150 cc, kalau pun ada motor sport, justru kapasitas mesinnya di atas 150 cc.
Tak heran kalau sempat ramai impor motor sport dari Thailand lewat tangan importir umum seperti Honda CBR150R versi karburator. Meski dijual mahal, motor ini pun laris manis dan disukai banyak konsumen Indonesia.
Yamaha melihat celah ini dan merilis Yamaha YZF-R15 pada tahun 2014, yang merupakan generasi kedua dari YZF-R15. Untuk diketahui, generasi pertama motor ini tak masuk Indonesia, jadi langsung pada generasi kedua ini.
Dijual dalam rentang waktu 2014 sampai 2017, Yamaha YZF-R15 V2 ini punya julukan R15 Lele karena tampak depannya yang lebar. Performanya pun terbilang memuaskan berkat mesin 150 cc, SOHC 4 katup pendingin cairan.
Kini Yamaha YZF-R15 telah masuk generasi ketiga yang disebut Yamaha YZF-R15 V3. Dengan mesin berteknologi VVA, motor ini menjadi salah satu kuda besi sport 150 cc favorit masyarakat.
Tapi harga Yamaha YZF-R15 V3 ini sudah semakin tinggi dan terlalu mahal. Harganya kini Rp 37,405 juta sampai Rp 37,685 juta jika kalian beli yang MotoGP Edition.
Alternatif Terjangkau
Kalau kalian menganggarkan dana maksimal Rp 20 juta, kenapa tidak melirik Yamaha YZF-R15 V2 saja? Toh modelnya timeless dan masih menggoda untuk dimiliki karena memang sangat sporty dan cocok untuk anak muda.
Melihat situs jual-beli online, harganya untuk rakitan 2014 sampai 2017 relatif mirip. Harga jualnya bermain diangka Rp 13 jutaan hingga Rp 18 jutaan. Kalau pun melirik generasi ketiga, untuk rakitan 2017 saja masih Rp 20 juta lebih!
Keunggulan Yamaha YZF-R15 Lele
Sebagai motor sport 150 cc, Yamaha YZF-R15 V2 dibekali dengan beragam kelengkapan yang cukup unggul. Meski sudah tak diproduksi lagi unit barunya, motor ini masih menjadi incaran anak-anak muda.
Tapi apa saja daya tarik dari motor ini? Mari simak selengkapnya.
Desain Sport Tulen
Anak muda doyan motor yang sporty dan merunduk agar kesan racy lebih dapat. Yamaha YZF-R15 V2 mampu mengakomodir hal tersebut, karena menawarkan posisi berkendara ala motor sport tulen yang merunduk, seolah pengendara memeluk sepeda motornya.
Bentuknya turunan dari Yamaha YZF Series yang memang kental aura sporty yang kuat. Wajahnya yang lebar dengan lampu ganda ukuran besar cukup menggoda, meski akhirnya dijuluki R15 Lele oleh masyarakat luas.
Desain fairing cross layer memberikan kesan big bike yang kental. Apalagi melihat buritannya yang tinggi, mengingatkan pada sosok big bike Yamaha YZF-R6 yang sempat dijual Yamaha Indonesia.
Mesin Bandel
Kinerja jantung pacu motor satu ini dikenal bandel dan awet. Dengan tenaga mencapai 16,5 PS pada 8.500 rpm serta torsi sebesar 14,5 Nm di 7.500 rpm, membuatnya mampu melaju dengan cukup cepat.
Dengan basis mesin yang sama dengan Yamaha Vixion, kalian tak perlu bingung soal perawatan karena mesin ini sudah familiar dikalangan mekanik. Perkara spare part juga tersedia sangat banyak, baik original atau aftermarket untuk meningkatkan performanya.
Kesan big bike juga terlihat pada area kaki-kaki motor ini loh. Kalian bisa lihat lengan ayun berbahan alumunium yang digunakan motor ini, punya bentuk melengkung dan berukuran besar. Penggunaan komponen ini pun dipertahankan oleh Yamaha pada model YZF-R15 V3.
Panel Meter Keren
Meski belum full digital, area dashboard motor terlihat mewah dengan panel meter keren, yang mengandalkan paduan digital dan analog. Takometer ukuran besar dengan jarum merah mencolok, mudah dipantau saat berkendara.
Layar LCD di kiri berisi informasi yang lengkap, mulai dari spidometer, fuel meter, trip meter. Di atasnya terdapat indikator gigi netral, lampu sein, high beam, check engine dan suhu mesin.
Kesimpulan
Dengan harga tak sampai Rp 20 juta untuk setiap tahun pembuatannya, Yamaha YZF-R15 V2 bisa menjadi alternatif menarik untuk memiliki motor sport 150 cc. Fitur-fiturnya masih mumpuni dan layak pakai ditahun 2021 ini.
Namun jangan lupa, sediakan dana untuk melakukan servis dan mengganti cairan-cairan seperti oli mesin, minyak rem agar kondisi motor kembali prima. Dan yang tak kalah penting, harus teliti dalam memilih unitnya, jangan tergoda harga murah ya.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil