window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Hal Menarik Isuzu Panther Kotak, Mobil Keluarga Untuk Kelas Pemula

Yongki Sanjaya · 1 Sep, 2023 13:00

5 Hal Menarik Isuzu Panther Kotak, Mobil Keluarga Untuk Kelas Pemula 01

Isuzu Panther Kotak harganya kini cukup terjangkau untuk sebuah mobil diesel. Ini karena desainnya yang jadul, banyak anak muda yang tak menyukainya. Padahal minibus ini punya banyak kelebihan sebagai mobilnya para pemula. 

Isuzu Panther sudah mengaspal di Indonesia sejak 1991 dan pensiun pada 2021 lalu. Isuzu Panther pertama kali dikembangkan di Jepang dengan kode Asian Utility Vehicle (AUV). 

Baca juga: 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Isuzu Panther dirancang sesuai dengan kondisi iklim, kondisi jalan, serta cocok dengan budaya kebanyakan negara Asia yang bersifat kekeluargaan. 

5 Hal Menarik Isuzu Panther Kotak, Mobil Keluarga Untuk Kelas Pemula 01

Untuk budget kisaran Rp50 juta, pilihannya ada Panther PPL alias Panther rakitan Astra. Mobil ini tersedia dalam berbagai varian, yakni Standar, Deluxe, Grand Deluxe hingga Hi-Grande yang merupakan varian termewahnya. Bahkan untuk tipe Hi Sporty dengan penampilan ala SUV, pasarannya di angka Rp65 juta.

Isux

Lantas apa saja hal menarik yang membuat Isuzu Panther ini layak kalian jadikan mobil pertama? Berikut ini ulasannya. 

1. Isuzu Panther Kotak Didukung Mesin Diesel yang Irit

5 Hal Menarik Isuzu Panther Kotak, Mobil Keluarga Untuk Kelas Pemula 01

Panther dicari karena mesin diesel memiliki torsi yang besar. Selain itu, harga biosolar di Indonesia pun lebih murah ketimbang harga Pertalite yang digunakan oleh mobil bensin. 

Pada versi awal, Isuzu Panther Kotak didukung mesin berkubikasi 2.238 cc, dengan tenaga 71 hp dan torsi maksimal 140 Nm. Soal perawatan mesin Panther pun tak rumit, berbeda jauh dibandingkan diesel commonrail modern saat ini. 

Sementara itu pada Panther facelift keluaran 1996-2000 dibekali mesin berkode 4JA1 direct injection. Tenaga puncaknya sebesar 78,9 hp pada 3.900 RPM dan torsi puncak 170 Nm pada 2.300 RPM. 

Mesin diesel konvensional memiliki daya tahan yang tinggi, artinya mesin ini bisa dimasukan dengan solar jenis apapun. Hal ini menguntungkan dari sisi perawatan yang anda lakukan hanya menjaga kebersihan filter udara saja.

5 Hal Menarik Isuzu Panther Kotak, Mobil Keluarga Untuk Kelas Pemula 02

Isuzu Panther memiliki konsumsi BBM yang tergolong irit untuk luar kota. Mobil ini disebut mampu menempuh jarak antara 12 hingga 18 km untuk tiap liter solar. Angka tersebut mirip dengan konsumsi BBM mobil bensin 1.500 cc seperti Avanza atau Xpander. 

2. Perawatan yang Mudah Karena Teknologi Mesin yang Sederhana

5 Hal Menarik Isuzu Panther Kotak, Mobil Keluarga Untuk Kelas Pemula 03

Mesin Panther Kotak tergolong paling basic di Indonesia. Perawatannya mudah sekali dan banyak bengkel umum yang bisa menangani. Hampir semua mekanik mobil mampu mengatasi permasalahan pada kendaraan ini apabila sedang rewel.

Kalian tidak perlu repot lagi utak atik atau ke bengkel spesialis. Bawa saja ke bengkel truk bila tiba-tiba terjadi masalah di perjalanan.

Apabila perlu melakukan penggantian sparepart yang mengalami kerusakan, mendapatkan part penggantinya juga cukup mudah. Kalian tidak perlu khawatir, karena sparepart Isuzu Panther sudah tersedia dimana-mana dan harganya yang cukup terjangkau. 

3. Kabin Isuzu Panther Cukup Luas untuk Perjalanan Bersama Keluarga 

5 Hal Menarik Isuzu Panther Kotak, Mobil Keluarga Untuk Kelas Pemula 04

Sisi kenyamanan tak melulu diukur dari banyaknya fitur yang terdapat pada interior suatu mobil. Sebagai mobil yang berusia cukup lawas, Isuzu Panther memang tak dilengkapi fitur hiburan yang berlimpah. 

Namun Isuzu tetap berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada penghuni kabin Panther. Kabin luas dan AC yang super dingin sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi aspek kebutuhan dasar suatu kendaraan bagi sebagian orang. 

Mobil ini mampu membawa hingga 9 orang penumpang. Ini karena kursi baris ketiganya saling berhadapan, sehingga bisa untuk empat orang. 

Dengan ruang kabin yang begitu luas sebenarnya membuat penumpang juga dapat merasakan kenyamanan lebih baik bila hanya dibuat mengangkut maksimal tujuh orang. Caranya yaitu kalau kursi belakangnya diubah hadap depan. 

4. Suspensi Isuzu Panther Kotak Paling Empuk

5 Hal Menarik Isuzu Panther Kotak, Mobil Keluarga Untuk Kelas Pemula 05

Isuzu Panther dibekali suspensi jenis MacPherson Strut untuk roda depan, dan per daun untuk roda belakang. Bicara soal kenyamanan berkendara, Isuzu Panther Kotak terkenal dengan peredaman suspensi yang nyaman. 

Saking empuknya, Panther bisa melaju dengan tenang di kondisi jalan bergelombang. Hanya roda mobil yang bergoyang mengikuti kontur jalan yang tidak rata. Sedangkan bagian bodi tidak mengalami goncangan yang berlebihan, seakan berkendara di jalanan yang mulus tanpa gelombang.

5. Material Body Masih Kokoh

5 Hal Menarik Isuzu Panther Kotak, Mobil Keluarga Untuk Kelas Pemula 06

Namanya motuba, biasanya dibangun dari plat baja yang kokoh. Selagi kalian pintar memilih unit yang seluruh bodinya masih utuh dan mulus, niscaya gejala keropos khas mobil tua bisa dihindari. 

Hal ini berbeda dengan kebanyakan MPV keluaran baru yang menggunakan body berbahan plat yang lebih tipis. Dengan begini Panther Kotak akan terkesan kokoh dan durable untuk digunakan setidaknya 5 tahun ke depan.

Kesimpulan

Performa mesin yang efisien, kabin yang lapang dan nyaman, serta kapasitas bagasi yang cukup lega menjadi keunggulan Panther. Terlebih harga bekasnya kini sudah murah sehingga terjangkau bagi kalian yang ingin beralih dari roda dua ke mobil keluarga. 

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Isuzu Panther SMART

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil