window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Hal Penting yang Harus Kamu Tahu dari Mazda CX-30

Mark Jacob · 16 Agu, 2020 20:00

 

5 Hal Penting yang Harus Kamu Tahu dari Mazda CX-30 01

Mazda CX-30 merupakan crossover terbaru yang dimiliki oleh Mazda Indonesia. Mobil yang meluncur pada awal tahun 2020 ini dibanderol seharga Rp479 juta hingga Rp520 jutaan. Secara tampilan, mobil ini punya desain yang cukup oke dan mewah. Tak heran banyak orang ingin membelinya. Tapi sebelum kamu membelinya, ada baiknya kamu mengetahui 5 hal penting yang harus kamu tahu dari Mazda CX-30 ini.

5 Poin yang Harus Kamu Tahu dari Mazda CX-30

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dimensi

Mazda CX-30 bisa dibilang memiliki dimensi yang cukup kompak. Tak terlalu kecil, dan juga bisa dibilang tak terlalu besar. ukurannya cukup sedang, dan cocok bagi mereka yang tidak menyukai mobil berukuran besar dan lebar. Panjangnya mencapai 4.395 mm, lebar 1.795 mm dan tinggi 1.540 mm. Dengan dimensi tersebut, rasanya mobil berkapsitas 5 orang penumpang ini jadi salah satu mobil yang cukup bisa diandalkan.

5 Hal Penting yang Harus Kamu Tahu dari Mazda CX-30 01

Ada Dua Varian

Di Indonesia, Mazda CX-30 ditawarkan dalam 2 varian, yakni varian Touring dan GT. Harganya pun berbeda. Untuk CX-30 varian Touring dibanderol Rp479 jutaan, sedangkan versi GT dibanderol Rp520 jutaan. Secara dimensi dan mesin menggunakan spesifikasi yang sama. Bedanya hanya pada fitur. Versi GT dibekali fitur tambahan seperti electric glass sunroof, Mazda radar cruise control dan kursi yang sudah dibalut bahan kulit premium.

Eksterior dan Interior Mewah

Dengan konsep desain Kodo, seakan Mazda menjelma menjadi merek yang cukup diperhitungkan. Desainnya benar-benar menjadi sangat mewah dan elegan. Berbeda dengan beberapa tahun lalu. Eksterior dan interior dari mobil Mazda generasi terbaru dibuat dengan aura mewah yang cukup oke. Tak heran jika banyak orang yang kepincut membeli mobil ini.

5 Hal Penting yang Harus Kamu Tahu dari Mazda CX-30 02

Jago Melibas Tikungan

Mobil yang sepintas terlihat susah bermanuver ini ternyata memiliki kemampuan bermanuver yang cukup apik. Berkat penggunaan G-Vectoring Control Plus, mobil ini mampu melahap berbagai tikungan dengan baik. Handlingnya pun benar-benar tak menggambarkan sebagai sebuah crossover. Malah bagi sebagian orang handling mobil ini seperti sedan. Ditambah dengan fitur i-Activ AWD, fitur ini mampu mendeteksi beban vertical pada keempat rodanya.

Punya Fitur i-Activsense

Fitur i-Activsense merupakan kesatuan dari fitur keselamatan yang terdiri dari Lane-keep Assist System (LAS) & Lane Departure Warning System (LDWS). Fitur tersebut akan aktif pada kecepatan 60 km/jam yang mencegah pengendara berpindah jalur. Selain itu, LDWS akan membaca marka jalan serta memberi peringatan bila mobil sudah mulai menyimpang. Fitur ini jelas menjadi fitur utama yang dimiilki oleh Mazda CX-30.

5 Alasan Mengapa Mazda CX-30 Layak Dibeli

Punya Fitur Canggih

Selain fitur i-Activsense, Mazda CX-30 ini juga dibekali dengan berbagai fitur canggih. Diantaranya adalah cruise control yang dapat mengikuti kecepatan mobil di depan. Jika mobil di depan sedang menurunkan kecepatan, maka secara otomatis cruise control radar ini juga akan membuat mobil melambat. Selain itu, ada juga Advanced Blind Sport Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

5 Hal Penting yang Harus Kamu Tahu dari Mazda CX-30 03

Interior Mewah

Interior dari Mazda CX-30 dibalut dengan bahan kulit premium. Sehingga saat disentuh akan memberikan kesan mewah dan elegan. Hal tersebut dapat dilihat dari penyematan bahan soft touch pada dasbor, setir, doortrim, dan juga joknya. Seluruhnya memakai jahitan asli, sehingga kenyamanan di dalam kabin menjadi prioritas utama bagi Mazda.

Mesin Mumpuni

Mazda CX-30 dibekali mesin 1.998 cc, 4 silinder, DOHC, SKYACTIV-G. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga hingga 155 ps @6.000 rpm dengan torsi maksimal yang dapat diraih mencapai 200 Nm @4.000 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda bagian depan menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan. Mazda CX-30 ini sanggup mencatatkan konsumsi bahan bakar hingga 18,2 km/liter. Dengan hasil tersebut, mesin ini bisa dibilang cukup irit.

5 Hal Penting yang Harus Kamu Tahu dari Mazda CX-30 04

Kabin Kedap

Soal kekedapan, Mazda CX-30 ini juga terbilang memiliki kekedapan kabin yang amat bagus. Ia dibekali dengan dua lapis karet yang terdapat pada setiap pintu-pintu. Di bagian atap dan dek, ia juga memakai peredam dengan bahan seperti kain yang mampu menyerap suara dengan baik. Pada saat mengendarai mobil ini, suara berisik dari luar hanya sedikit terdengar.

Rasa Mobil Eropa

Bagi yang sudah pernah mengendarai Mazda generasi terbaru, mereka akan mengatakan jika Mazda saat ini memiliki rasa berkendara layaknya mobil Eropa. Hal tersebut juga dapat dirasakan pada Mazda CX-30 ini. Suspensi, handling, pengereman semua terasa layaknya mobil Eropa. Bahkan mereka yang baru pertama kali mengendarai mobil ini pun percaya jika Mazda saat ini jelmaan mobil Eropa yang ada di Jepang.

5 Alasan Mengapa Mazda CX-30 Tidak Layak Dibeli

Harga Mahal

Di kelas crossover, Mazda CX-30 memiliki banderol yang cukup mahal. Ia berhadapan langsung dengan beberapa crossover yang ada di Tanah Air. Sebut saja Toyota C-HR, Honda HR-V, Eclipse Cross, Hyundai Kona. Diantara kompetitornya, boleh jadi harga Mazda CX-30 ini menjadi sedikit lebih mahal karena varian tertingginya sudah mencapai harga lebih dari Rp500 juta.

5 Hal Penting yang Harus Kamu Tahu dari Mazda CX-30 05

Spare Part Mahal

Sebagai mobil yang menyandang status mewah dan elegan, tentunya hal tersebut harus dibayar dengan biaya perawatan yang cukup mahal. Harga spare part dari Mazda CX-30 ini bisa dibilang terbilang cukup mahal. Akan tetapi, mereka yang membeli mobil ini biasanya sudah tak memikirkan hal tersebut karena sudah menjadi konsekuensi. Lain halnya dengan mereka yang ingin mencoba, bisa saja mereka akan sedikit terbebani dengan harganya.

Bengkel Sulit

Jumlah jaringan diler Mazda memang tak sebanyak pabrikan Jepang lainnya. Mazda hingga saat ini memiliki jaringan diler sebanyak 48 yang tersebar di 10 kota besar di Indonesia. Ini artinya bengkel Mazda hanya dapat ditemui di kota besar saja. Terutama di pulau Jawa, akan cukup mudah dijumpai. Berbeda dengan di luar pulau Jawa, pastinya diler tersebut akan sedikit sulit ditemui.

5 Hal Penting yang Harus Kamu Tahu dari Mazda CX-30 06

Jok Baris Kedua Tak Bisa Recline

Kenyamanan pada jok baris kedua dipertaruhkan, karena tidak dapat direbahkan atau di recline. Hal ini jelas akan menjadi kekurangan bagi penumpang baris kedua. Kenyamanan saat berkendara bagi penumpang belakang akan menjadi berkurang.

Kursi Elektrik Hanya di Pengemudi

Spesifikasi Teknis

Mazda CX-30

Dimensi

Panjang 4.395 mm, lebar 1.795 mm, tinggi 1.540 mm

Mesin

1.998 cc, 4 silinder, SKYACTIV-G, DOHC

Tenaga

155 ps @6.000 rpm, torsi 200 Nm @4.000 rpm

Transmisi

Otomatis 6 percepatan

Velg dan ban

18 inci / 215-55

Rem

Ventilated disc

Harga OTR Jakarta

Rp479 juta - Rp522,9 juta

Sayangnya, kursi bagian depan yang sudah dibekali dengan pengaturan elektroik hanya berada di sisi pengemudi saja. Penumpang bagian depan belum mendapatkan pengaturan elektronik dan masih digerakkan melalui perangkat mekanik manual. Dengan harga tersebut, tentunya ini menjadi kekurangan bagi Mazda CX-30.

Dari 5 hal yang harus kamu ketahui dari Mazda CX-30 ini, kira-kira mana yang menjadi fokus utama kamu?

 

Mark Jacob

Tergila-gila dengan mobil tua, apalagi buatan Eropa. Pastinya suka berteman dengan mobil yang boros, dan pintunya cuma dua.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Mazda CX 30 Touring

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil