window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Beli Mobil SUV

Herdi · 15 Feb, 2023 10:09

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Beli Mobil SUV 01

Tren mobil Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia semakin meningkat. Bahkan berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) selama tahun 2022, mobil SUV khususnya jenis medium SUV mampu berkontribusi sebesar 20 persen terhadap total penjualan mobil Nasional. 

Meningkatnya penjualan mobil SUV diakui 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales Donny Saputra. Menurut dia, mobil jenis SUV dinilai memiliki sejumlah kelebihan yang cocok untuk kondisi jalan di Indonesia. Selain itu, perkembangan teknologi membuat SUV menjadi lebih rasional dan efisien.

Baca juga: Suzuki Bakal Hadirkan Banyak Mobil SUV di 2023, Mulai dari Jimny 5 Pintu Hingga Grand Vitara

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Beli Mobil SUV 01

"Dari segi desain, SUV pada umumnya dirancang dengan desain eksterior yang gagah dan elegan. Sedangkan untuk meningkatkan daya tarik pelanggan, kini banyak SUV yang hadir dengan kapabilitas dan kualitas berkendara yang lebih baik, fitur dan teknologi yang fungsional, interior nyaman, peningkatan perangkat keselamatan serta semakin ramah lingkungan," ungkap Donny dalam keterangannya, Rabu (15/2/2023).

Meski SUV semakin banyak dan menarik, namun Donny menyatakan, untuk membeli SUV membutuhkan pertimbangan matang. Selain melihat dari fungsi, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum membelinya. 

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Beli Mobil SUV 02

Baca juga: 7 Pilihan SUV Kecil di Indonesia, Ini Perbedaan Mesin dan Harga Terbarunya

Oleh karena itu, Donny memberikan beberapa tips jika ingin membeli SUV, diantaranya:

1. Dimensi yang pas dengan desain sporty

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Beli Mobil SUV 03

Ada beberapa kategori dan dimensi yang dapat menjadi pertimbangan bagi pelanggan yang hendak memiliki SUV. Pada umumnya SUV dapat dibedakan dari kategori dua baris
dan tiga baris tempat duduk, selain itu secara dimensi SUV memiliki rentang yang cukup lebar seperti compact, small, medium dan large. 

Pemilihan dimensi SUV disesuaikan dengan beberapa faktor yang berhubungan dengan kebutuhan pelanggan seperti design
yang sporty, kapasitas penumpang, luas bagasi serta kenyamanan. Belakangan ini, tren dan minat masyarakat terhadap medium SUV semakin bertumbuh tinggi.

2. Mesin responsif dan semakin ramah lingkungan

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Beli Mobil SUV 04

Awalnya SUV dikenal sebagai kendaraan yang memiliki mesin berkapasitas besar dan membutuhkan konsumsi bahan bakar yang cukup tinggi. Akan tetapi seiring dengan perubahan kebutuhan pelanggan yang menuntut SUV sebagai urban cruiser, para engineer mengembangkan mesin yang tidak lagi yang besar melainkan mesin yang kompak dan beralih ke efisiensi bahan bakar agar semakin ramah lingkungan.

Kecanggihan teknologi yang disematkan pada produk SUV menunjang perjalanan dalam kota serta tetap menghasilkan tenaga yang responsif dan memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan.

3. Ground clearance tinggi, menambah keyakinan

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Beli Mobil SUV 05

Umumnya pelanggan memilih SUV dengan ground clearance yang cukup tinggi untuk menambah keyakinan berkendara saat menghadapi lintasan jalan yang tidak menentu dan kurang baik. Selain itu, tingginya ground clearance juga akan menunjang penampilan sebuah SUV agar terlihat semakin gagah dan berkarakter. 

Kenyamanan yang seimbang di medan aspal maupun offroad ringan juga menjadi penentuan penting bagi pelanggan untuk membuat pengalaman perjalanan semakin berkesan.

Baca juga: Suzuki Jimny 5 Pintu Meluncur Tahun 2023, Pakai Mesin Ertiga

4. Teknologi keamanan dan keselamatan untuk memberikan ketenangan

SUV Grand Vitara 2023 akan meluncur di Indonesia

SUV Grand Vitara 2023 akan meluncur di Indonesia

Tak sedikit konsumen yang membeli SUV karena alasan keamanan dan keselamatan. Hal inilah yang membuat mobil SUV banyak diminati. 

Adapun rancang bangun sebuah SUV yang baik akan mementingkan kekuatan konstruksi serta dipadukan dengan perangkat keselamatan untuk memberikan perlindungan bagi pengendara dan penumpangnya, selain itu pemanfaatan teknologi untuk kestabilan berkendara juga menjadi perhatian penting.

5. Reputasi brand

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Beli Mobil SUV 07

Di luar dari keunggulan teknis mobil, hal yang tidak kalah penting bagi pelanggan adalah nama besar dan reputasi sebuah brand otomotif yang telah berpengalaman dan piawai
dalam menciptakan sebuah SUV yang baik. 

Donny sendiri tak menampik, jika Suzuki merupakan brand yang telah lama dikenal dan dipercaya sebagai produsen SUV berdimensi kompak, bermesin tangguh dan efisien, serta memiliki kemampuan jelajah yang memuaskan sebagai sebuah SUV.

Di Indonesia sendiri, Suzuki sudah memiliki model SUV sejak tahun 1970-an hingga 1980-an yang populer di jamannya yaitu Jimny dan diteruskan dengan Katana hingga tahun 2000an awal. 

Beberapa mobil SUV besutan Suzuki, diantaranya pada tahun 1990-an ada Vitara, Escudo dan Sidekick, kemudian di tahun 200a-an Grand Escudo 2.0, Grand Escudo XL-7 dan Escudo 1.6. Selain itu Suzuki juga memiliki Grand Vitara 2.0 dan 2.4. Untuk saat ini Suzuki melengkapi diri dengan SX4 X-Over dan SX4 S-Cross, XL7, Ignis, S-Presso hingga Jimny.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Suzuki Grand Vitara GL 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil