window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

7 Hal Menarik dari Mitsubishi Xpander Cross 2022, Bukan Cuma Luarnya Aja yang Berubah

Prasetyo · 29 Agu, 2022 15:17

  • Mitsubishi Xpander Cross facelift diluncurkan di GIIAS 2022.
  • Harga Mitsubishi Xpander Cross mulai dari Rp309 jutaan.
  • Ada banyak perubahan di LSUV ini termasuk tambahan fitur.

Mitsubishi akhirnya merilis Xpander Cross facelift di pameran GIIAS 2022. Parasnya berubah total dan sekarang makin selaras dengan Mitsubishi Xpander facelift yang lebih dulu diluncurkan tahun lalu.

Ada dua varian yang ditawarkan Mitsubishi untuk New Xpander Corss. Yakni yang menggunakan transmisi manual dan tipe Premium bertransmisi CVT.

Harga Mitsubishi Xpander Cross 2022:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });
  • Xpander Cross MT: Rp309.950.000
  • Xpander Cross Premium CVT: Rp335.750.000

1. Mirip Tapi Tak Sama dengan New Xpander

7 Hal Menarik dari Mitsubishi Xpander Cross 2022, Bukan Cuma Luarnya Aja yang Berubah 01

Lampu utama dan gril bernuansa hitam

Meskipun secara sepintar kini fascia depan New Xpander Cross identik dengan New Xpander, namun detil-detil yang diberikan Mitsubishi pada kedua mobil ini ternyata berbeda. Untuk jejeran lampu LED di bawah kap mesin memang masih sama-sama berfungsi sebagai LED dan lampu sein. Namun ke bawahnya terjadi diferensiasi.

Misalnya lampu utama berbentuk T-Shape memang seakan mirip, padahal pada Xpander Cross facelift dimensinya sedikit terlihat lebih kecil lantas diberi aksen smoked bukan chrome seperti pada Xpander. Kemudian grill depan juga diberi finishing hitam.

7 Hal Menarik dari Mitsubishi Xpander Cross 2022, Bukan Cuma Luarnya Aja yang Berubah 02

Versi dengan tambahan aksesoris rear upper spoiler

Bentuk bemper depan juga total baru yang membuatnya terlihat makin laki, utamanya di area bemper bagian bawah. Komponen front under garnish dengan aksen silver metallic di bagian bawah kendaraan juga turut memperkuat kesan agresif.

Bagian berlakang Xpander Cross facelift ini juga tetap pakai LED stop lamp model T-Shape sama seperti New Xpander. Lekuk pintu bagasi juga direvisi, termasuk bentuk bemper belakang yang karakter sportinya senada dnegan bemper depan.

Baca juga : Live Update GIIAS 2022: New Mitsubishi Xpander Cross 2022 Resmi Dirilis, Harganya Mulai Rp309 Jutaan

2. Lebih Proporsional Pakai Velg 17 Inci

7 Hal Menarik dari Mitsubishi Xpander Cross 2022, Bukan Cuma Luarnya Aja yang Berubah 03

Wheel arc pada fender roda dibuat lebih tipis, desain velg juga baru

Lanjut ke samping, secara detil juga terjadi perbedaan pada New Xpander Cross dibanding versi sebelumnya. Antara lain dari wheel arc folding di area fender roda kini dibuat lebih tipis. Trik ini mampu menjadikan mobil tidak terlihat over gambot.

Tubuhnya juga terlihat makin proporsional berkat penggunaan desain velg baru meksipun tetap mempertahankan ukuran 17 inci. Hal menarik lainnya New Xpander Cross memiliki ground clearance yang cukup tinggi yaitu 220 milimeter. Jadi aman deh melibas trek yang sedikit kurang bersahabat atau ketika ada genangan air.

3. Interior Hitam dengan Aksen Karbon

7 Hal Menarik dari Mitsubishi Xpander Cross 2022, Bukan Cuma Luarnya Aja yang Berubah 04

Joknya pakai warna biru tua

Interior Mitsubishi Xpander Cross 2022 juga tak luput dari sentuhan baru. Nunasa kabin memang masih punya benang merah dengan New Xpander, namun tema warna yang dipilih lebih gelap. Lihat saja balutan kulit pada dasbor yang dipadukan aksen carbon hitam.

Begitupun material pelapis joknya, Mitsubishi menggunakan warna biru tua yang jika di ruangan gelap terlihat seperti hitam. Dipadu jahitan pada area tengah, jok ini terlihat lebih sporty dibanding New Xpander.

4. Setir dan Meter Cluster dari Mitsubishi Pajero Sport

7 Hal Menarik dari Mitsubishi Xpander Cross 2022, Bukan Cuma Luarnya Aja yang Berubah 05

Setir jadi lebih nyaman digenggam

Hal baru lainnya ada di area kokpit, karena Xpander Cross facelift sekarang pakai setir dari Mitsubishi Pajero Sport. Jadi mengemudikan mobil ini serasa ada di balik kemudi Pajero Sport.

Tak cuma itu, meter cluster 8 inci di New Xpander Cross juga dicomot dari Pajero Sport. Dengan tiga mode tampilan layar, tentu saja ini akan memberikan nuansa berbeda ketika berkendara dengan New Xpander Cross.

Baca juga: Naik Rp9 Jutaan, Ini yang Baru di Mitsubishi Xpander Cross Facelift 2022 Dibanding Versi Lamanya

5. Headunit 9 Inci dengan Kamera 360 Plus Wireless Charging

7 Hal Menarik dari Mitsubishi Xpander Cross 2022, Bukan Cuma Luarnya Aja yang Berubah 06

Kamera 360

Hal menarik lain dari Mitsubishi Xpander Cross facelift adalah dari sisi infotainment. Karena di bagian tengah dasbor sudah terpasang monitor 9 inci baru yang sudah support Android Auto. Menariknya lagi kini ada fitur kamera 360 yang bisa memantau keberadaan objek lain disekeliling mobil.

Biar pengemudi makin nyaman, ada juga fitur Wireless Charging, Electric Parking Brake, Idling Stop System, dan transmisi yang diubah jadi CVT layaknya Xpander facelift. Sementara mesinnya tetap mempertahankan engine 1.5L MIVEC DOHC 16 valve 4 silinder berkapasitas 1.499 cc. Mesin ini mampu menghantarkan tenaga puncak 105 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 141 Nm di 4.000 rpm.

6. Suspensi Belakang Pakai Kepunyaan Pajero Sport

7 Hal Menarik dari Mitsubishi Xpander Cross 2022, Bukan Cuma Luarnya Aja yang Berubah 07

Suspensi Pajero Sport

Secara dimensi, New Xpander Cross memiliki panjang 4.595 mm lebar 1.790 mm tinggi 1.750 mm. Seperti halnya New Xpander, untuk suspensi belakang juga mendapatkan perbaikan dengan terpasangnya shock absorber milik Pajero Sport. Selain itu penggunaan katup-katup yang biasanya digunakan oleh mobil-mobil sedan premium Eropa juga diadaptasi pada New Xpander Cross ini.

"Mitsubishi New Xpander Cross memiliki kenyamanan yang sangat baik meski ground clearance yang tinggi. Biasanya mobil yang ground clearance tinggi akan sangat berdampak pada kenyaman. Namun kami memasang breket suspension di bagian depan dan structural adhesive di bagian belakang sehingga kenyamanannya tetap terjaga," ucap Muhammad Arif Dwianto, Head of Training Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

7. Fitur AYC Bikin Kontrol Berkendara Makin Presisi

7 Hal Menarik dari Mitsubishi Xpander Cross 2022, Bukan Cuma Luarnya Aja yang Berubah 08

Fitur AYC bekerja saat mobil menikung

Hal menarik terakhir yang patut dicatat dari sebuah Mitsubishi Xpander Cross 2022 adalah kebaradaan Active Yaw Control (AYC). Fitur keselamatan berkendara yang sejatinya ada di sebuah Mitsubishi Lancer Evolution ini bisa membuat pengemudi makin presisi ketika berkendara.

Fitur bakal bekerja memberikan pengereman otomatis ketika pengemudi menikung baik di jalan kering atau basah. Sisi roda bagian dalam akan memberikan pengereman sehingga kontrol setir dapat terus terjaga. Pada saat fitur ini aktif, akan ada indikator di panel instrumen.

Baca juga: Operasi Plastik, Mitsubishi New Xpander Cross Kini Adopsi Banyak Komponen Pajero Sport

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Mitsubishi Xpander Cross MT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil