window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

7 Kelebihan Wuling Air ev Dipakai Harian, Hematnya Mirip Pakai Sepeda Motor

Prasetyo · 9 Nov, 2023 12:03

kelebihan wuling air ev

Ada beberapa kelebihan Wuling Air ev yang menarik untuk dibahas jika Anda mulai tertarik dengan mobil listrik kecil ini buat kendaraan harian.

Ya, mobil listrik memang semakin mendapatkan perhatian di seluruh dunia, tak terkecuali oleh masyarakat di Indonesia. 

Satu dari beberapa mobil listrik yang sangat populer di negara ini adalah Wuling Air ev, sebuah mobil listrik yang memiliki sejumlah kelebihan ketika memilikinya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai keuntungan yang dapat Anda rasakan dengan memilih Wuling Air ev sebagai kendaraan harian.

Baca juga: Sikat Promo Wuling Akhir Tahun 2023, Ada DP Minim Buat Air ev

1. Kelebihan Wuling Air ev adalah Harganya yang Terjangkau

harga wuling aie ev lite

Tipe Lite jadi Air ev paling murah

Hal menarik pertama dari Wuling Air ev adalah harganya yang terjangkau di pasar EV. 

Dikutip dari situs resmi Wuling Motors, Air ev tersedia dalam tiga pilihan, yaitu Long Range, Standard Range, dan Lite, Harga Wuling Air ev Long Range per November 2023 adalah Rp 299.500.000, tipe Standar Range Rp 243.000.000, dan tipe Lite Rp206.000.000.

Namun karena Wuling mendapatkan subsidi PPN menjadi 1% lantaran Air ev diproduksi di Indonesia dengan tingkat kandungan lokal yang cukup besar, maka harga Wuling Air ev pun jadi lebih terjangkau.

Untuk harga Wuling Air ev Long Range menjadi Rp 273,5 jutaan, Standard Range seharga Rp 222 jutaan, dan tipe Lite harganya jadi Rp 188,9 jutaan. 

Ini menjadikan mobil listrik Wuling sangat terjangkau dibanding mobil jenis BEV lain yang ada di Indonesia.

Baca juga: Wuling Air ev Lite Buka Segmen Baru di Indonesia, Populasi Mobil Listrik Bisa Lebih Agresif

2. Bebas Ganjil-Genap

wuling air ev

Setiap kendaraan dengan plat nomor yang dibubuhi warna biru maka bebas melintas di kawasan ganjil-genap

Satu masalah yang kini sering dihadapi oleh pengendara di kota-kota besar seperti Jakarta adalah aturan ganjil-genap. 

Namun kelebihan Wuling Air ev adalah Anda tidak perlu khawatir tentang hal ini mengingat pihak kepolisian dan dinas perhubungan membebaskan aturan ganjil-genap untuk kendaraan yang sepenuhnya digerakkan oleh baterai listrik (BEV).

Berarti Anda dapat menggunakan mobil ini kapan saja kemana saja tanpa batasan hari atau waktu, sehingga memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam menunjang aktivitas sehari-hari.

3. Biaya Isi Baterai Lebih Murah dari Isi Bensin

biaya ngecas wuling air ev

Baterai bisa dicas dari sumber listrik di rumah atau SPKLU

Wuling Air ev menawarkan pengalaman pengisian daya yang sangat ekonomis. 

Biaya untuk mengisi daya dari baterai yang kosong hingga penuh hanya sekitar Rp50.000. Untuk memberikan gambaran lebih lanjut, mari bandingkan biaya pengisian daya baterai Air ev menggunakan tarif listrik rumah tangga dan biaya di SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum). 

Baca juga: Wuling Air ev Raffi Ahmad Jadi Inspirasi Modifikasi Bertema Retro Futuristic

Kelebihan Wuling Air ev isi daya baterai pakai tarif listrik rumah tangga:

Tarif listrik rumah tangga berdaya 2.200W sekitar Rp1.444,70 per kWh, sedangkan tarif daya 3.500W sekitar Rp1.699,53 per kWh. 

Jika Anda mengisi penuh daya baterai Air ev  tipe Long Range dengan baterai berkapasitas 26,7 kWh, biaya pengisian daya hanya sekitar Rp 38.573 (1.444,70 X 26,7) atau sekitar Rp 45.371 untuk daya 3.500W.

Sementara untuk Air ev tipe Standard Range dan Lite yang punya kapasitas baterai 17,3 kWh, maka biaya isi full charge baterai tersebut hanya Rp 24.993 dengan daya listrik 2.200W atau Rp29.401 untuk daya listrik rumah sebesar 3.500W. 

Dengan harga listrik per kWh hanya sekitar Rp 1.699, Anda dapat mengisi daya mobil Anda dengan biaya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan mengisi bahan bakar kendaraan konvensional seperti bensin atau diesel non subsidi.

spklu pln

Contoh SPKLU PLN

Biaya isi baterai Wuling Air ev di SPKLU:

Sekarang kita bandingkan dengan biaya di SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum). 

Biaya pengisian daya baterai Air ev di SPKLU juga terjangkau, untuk tipe Long Range misalnya biaya pengisian daya hanya berkisar sekitar Rp 65.868.

Sementara untuk tipe Standard Range dan Lite, biayanya sekitar Rp 42.679 jika harga satu kWh di SPKLU adalah sekitar Rp 2.467.

Baca juga: Harga Mobil Listrik Wuling Binggo Buat Indonesia Terungkap, Gak Beda Jauh dari Air ev

4. Gak Perlu Repot ke SPBU

wuling air ev chrger

Saat diparkir di garasi bisa sambil dicas

Kelebihan Wuling Air ev lainnya adalah kemudahan mengisi daya listrik baterai di rumah sehingga Anda tak perlu selalu datang ke SPKLU.

Ini mengungkinkan lantaran mobil listrik Wuling tersebut juga sudah dibekali kemampuan Easy Home Charging System atau bisa juga mendapatkan Wall Charger.

Dengan begitu Anda bisa menghindari antrian di SPKLU dan waktu yang terbuang dalam perjalanan ke stasiun pengisian daya listrik tersebut, ibaratnya mirip punya SPBU pribadi di rumah!

5. Didukung Fitur WIND dan IoV yang Canggih

wuling air ev remote apps

Bisa terkoneksi dengan ponsel melalui aplikasi MyWuling+

Meski jadi mobil terkecil Wuling, namun Air ev juga sudah didukung oleh teknologi WIND (Wuling Indonesia Command) dan Wuling remote Control App.

Ini memungkinkan mobil ini terhubung dengan internet, memberikan Anda akses ke berbagai layanan dan informasi yang berguna selama perjalanan. 

Anda dapat memantau status mobil, mengunci pintu mobil, mengaktifkan atau mematikan AC, mencari lokasi pengisian daya terdekat, dan bahkan mengakses berbagai aplikasi lainnya hanya melalui ponsel.

Kemudian selama berkendara Anda juga bisa memberikan perintah untuk mengakses sejumlah fitur seperti menaikkan volume suara audio, serta mengatur suhu AC.

Perintah suara ini bisa juga untuk mengganti saluran radio atau lagu, hingga membuka kaca jendela dan sunroof cuma lewat perintah suara berbahasa Indonesia.

Baca juga: 5 Alasan Beli Wuling Air ev Kalau Mau Beralih ke Mobil Listrik

6. Mobil Compact dengan Safety yang Lengkap

wuling air ev

Murah tapi fiturnya lengkap

Ketika datang bicara fitur keselamatan, Wuling juga tidak main-main. 

Mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan, termasuk 2 airbag, ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution), ESC (Electronic Stability Control), EPB (Electric Parking Brake).

Kemudian ada juga AVH (Active Vehicle Hold), ISOFIX, Sound Module for Pedestrian Warning, TPMS (Tire Pressure Monitoring System), Rear Parking Sensor & Camera, Immobilizer, dan Anti Theft Alarm. 

Semua ini dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal kepada pengemudi dan penumpang.

7. Performa Cukup Buat Harian

wuling air ev

Sesekali dipakai buat liburan keluar kota pun tak masalah

Wuling Air ev menggunakan baterai Lithium Ferro-phosphate yang telah mendapatkan sertifikasi IP67. 

Baterai ini sudah diuji dan terbukti sangat tahan terhadap cuaca ekstrem dan kondisi lingkungan yang keras. 

Dengan daya motor listrik sebesar 30 kW (40 PS) dan torsi 110 Nm, mobil ini menawarkan performa yang lebih dari cukup untuk penggunaan harian. 

Selain itu, Wuling Air ev menggunakan penggerak roda belakang (RWD) dan transmisi Single Reduction Gear, yang memberikan pengalaman berkendara yang halus dan nyaman. 

Baterainya sendiri diklaim punya daya jelajah hingga 300 Km untuk tipe Long Range dan 200 Km untuk tipe Standard Range dan Lite.

Jika Anda sehari hanya menghabiskan jarak tempuh 20 Km pergi pulang ke lokasi aktifitas, maka kelebihan Wuling Air ev Long Range ketika dipakai sehari-hari, Anda cukup mengisi daya baterai setiap dua pekan sekali.

Sedangkan jika pakai Air ev Standard Range atau tipe Lite, ngecas baterainya cukup setiap 10 hari sekali.

Gimana, biaya pengeluaran hariannya mirip pakai motor bukan?!

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Wuling Air EV Standard Range 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia