Adu Hatchback Harga Rp 200 Jutaan, Mana Lebih Kece Antara Honda Brio RS 2021 atau Honda Jazz RS 2016 Bekas?

Yongki Sanjaya · 28 Jan, 2021 07:00

Adu Hatchback Harga Rp 200 Jutaan, Mana Lebih Kece Antara Honda Brio RS 2021 atau Honda Jazz RS 2016 Bekas? 01

Segmen hatchback semakin naik daun setelah tahun lalu Honda Brio merajai penjualan mobil secara nasional. Memang, penjualannya didominasi oleh Brio Satya, namun bila ingin spesifikasi yang lengkap maka bisa pilih Brio RS. Permasalahannya, semakin mahalnya harga Honda Brio RS 2021 apakah bisa membuat kita berpaling ke Honda Jazz RS bekas?

Secara segmentasi, Honda Brio ini bisa disebut 'adik' dari Honda Jazz karena ada dibawahnya langsung. Apabila belum cukup uang beli Jazz RS baru, maka Brio RS adalah pilihan rasional. Namun bisa juga sebaliknya, bila mengejar fitur yang lebih baik, maka Jazz RS bekas mungkin jadi alternatif terbaik karena Brio RS yang semakin mahal.

Adu Hatchback Harga Rp 200 Jutaan, Mana Lebih Kece Antara Honda Brio RS 2021 atau Honda Jazz RS 2016 Bekas? 02

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Memang sih, Honda Jazz RS keluaran 2016 ini mungkin jarak tempuhnya sudah cukup tinggi, pasalnya mobil ini sudah dipakai sekitar lima tahun. Persoalan lainnya ialah kita nanti akan memiliki kewajiban balik nama sekalian ganti kaleng. Maksudnya, perpanjang STNK lima tahunan sekaligus plat nomornya.

Meskipun kondisinya bekas, Honda Jazz RS punya reputasi bagus untuk hatchback harga Rp 200 jutaan sehingga banyak dicari. Di pasar mobkas, Honda Jazz jadi favorit karena kepraktisan dan performa menjanjikan. Depresiasi harganya pun terbilang kecil jika dibanding mobil bekas sejenis.

Apabila tidak ingin repot soal perawatan rutin, maka kita bisa menjatuhkan pilihan ke Honda Brio RS baru. Sedangkan bila memilih Jazz RS bekas, tentu kita harus tahu kelemahan atau kerusakan yang biasanya muncul di mobil yang sudah berusia sekitar lima tahun.

Berbagai Kelebihan Honda Jazz RS 2016

Adu Hatchback Harga Rp 200 Jutaan, Mana Lebih Kece Antara Honda Brio RS 2021 atau Honda Jazz RS 2016 Bekas? 01

Honda Jazz GK5 hadir dengan dimensi yang kompak, desain sporti kesukaan anak muda, hingga mesin bertenaga dan hemat bahan bakar. Beberapa poin tadi jadi alasan mengapa mobil ini banyak dicari. Bahkan harga mobil bekasnya pun masih cukup tinggi.

Sebagai hatchback terlaris, Honda Jazz RS ini tidak cuma andalkan desain yang stylish dan anak muda banget. Fitur dan kenikmatan berkendara hingga akomodasi barang yang fleksibel juga jadi hal lain yang jadi nilai plus pada Honda Jazz RS.

Dari segi harganya, Honda Jazz RS 2016 bekas dijual pada kisaran harga Rp 200 sampai 210 jutaan. Sementara itu, Brio RS baru dijual dengan harga Rp 204 juta. Cuma beda sedikit tapi kita dapat banyak hal yang tidak ada di Brio RS.

Honda Jazz GK5 ini sudah ada sejak 2014 dan bertahan sampai sekarang. Kalaupun ada perbedaan, biasanya hanya minimalis pada ornamen eksterior atau fitur di interior. 

Artinya, spesifikasi teknis belum berubah signifikan, sehingga estimasi biaya penggantian spare part bisa memakai perhitungan yang sekarang. Bedanya, kita perlu menambah budget untuk biaya jasa servis apabila melakukan perawatan di bengkel resmi. 

Fitur Kekinian di Honda Jazz RS 2016, Bukan Mobil Bekas yang Ecek-ecek

Adu Hatchback Harga Rp 200 Jutaan, Mana Lebih Kece Antara Honda Brio RS 2021 atau Honda Jazz RS 2016 Bekas? 02

Meskipun statusnya sudah mobil bekas, namun Honda Jazz RS dengan varian CVT adalah varian tertinggi. Ini membuat Jazz RS mendapatkan banyak fitur menarik untuk memanjakan pengemudi atau penumpang.

Untuk kenyamanan pengemudi, Jazz RS 2016 telah dibekali fitur Tilt and Telescopic Steering berikut paddle shift. Kamu dapat menyesuaikan posisi setir dengan kemauan serta kenyamanan di tangan. 

Adanya paddle shift di varian metik CVT ini memberikan sensasi pindah gigi ala mobil sport. Akselerasi bisa kita atur seperti manual dengan mencolek perpindahan gigi dari tuas paddle shift di belakang setir. 

Hal wajib yang sudah tersedia di Honda Jazz RS 2016 ialah fitur electric power steering. Fitur ini jelas sangat memudahkan bermanuver saat kita dalam mengemudi, sekaligus memberikan kenyamanan. 

Ketika pada kecepatan rendah maka setir akan terasa ringan untuk berbelok, dan ketika pada kecepatan tinggi akan otomatis menjadi berat. EPS dinilai sangat penting karena mencegah putaran kecil pada setir yang tak sengaja, sehingga membuat arah laju mobil menjadi liar.

Bagi anda yang sering menggunakan mobil modern, pasti sangat tidak asing dengan fitur cruise control. Adanya fitur ini membuat kalian bisa mengatur laju kendaraan pada kecepatan konstan secara otomatis tanpa menginjak pedal gas.

Akomodasi Honda Jazz RS 2016, Gampang Bawa Banyak Barang

Adu Hatchback Harga Rp 200 Jutaan, Mana Lebih Kece Antara Honda Brio RS 2021 atau Honda Jazz RS 2016 Bekas? 03

Honda Jazz sejak generasi pertama sudah memiliki fitur ultraseat. Fitur ini adalah pengaturan kursi belakang dan kursi penumpang yang bisa rata untuk membawa barang berukuran cukup panjang. Padahal, Honda Jazz RS ukurannya cukup kompak. 

By default, ukuran bagasi tanpa perlu melipat kursi belakang juga lumayan besar. Volume bagasi Honda Jazz mencapai 330 liter.

Itu baru untuk penyimpanan barang, sementara akses penumpang masuk ke dalam mobil juga cukup leluasa. Akses keluar masuk mobil boleh dibilang nyaman, dengan bukaan pintu yang lebar. Kamu pun dapat dengan mudah untuk keluar masuk, terutama bagi penumpang yang memiliki postur tubuh agak lebih besar.

Honda Brio RS 2021, City Car Stylish yang Overpowered 

Adu Hatchback Harga Rp 200 Jutaan, Mana Lebih Kece Antara Honda Brio RS 2021 atau Honda Jazz RS 2016 Bekas? 04

Honda menyebut konsep desain Brio dengan istilah ‘Proud of class’. Maksudnya, desain mobil ini sama sekali tak melambangkan dirinya sebagai entry-level atau mobil termurah Honda. Bahkan performanya sedikit lebih unggul dibandingkan city car sejenis. 

Hal ini karena Brio saling berbagi platform dengan Mobilio atau BR-V. Alhasil, sharing platform membuatnya paling advance dari sisi teknologi atau kemampuan mesin.

Honda Brio baik itu tipe RS atau Satya menjadi city car paling fun to drive. Sebab, mobil ini memiliki output tenaga paling besar di antara para rivalnya. Tenaga yang dihasilkan sebesar 90 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 110 Nm pada 4.800 rpm. 

Untuk urusan akselerasi sampai kecepatan tinggi, Brio ini termasuk yang terbaik dibanding setiap kompetitornya. Brio ini lebih kencang dibanding setiap mobil kecil 1200 cc lain, bahkan dibanding Spark yang mesinnya berkapasitas 1400 cc. 

Adu Hatchback Harga Rp 200 Jutaan, Mana Lebih Kece Antara Honda Brio RS 2021 atau Honda Jazz RS 2016 Bekas? 05

Akselerasinya enteng, bahkan untuk naik ke kecepatan 120 km/jam juga cukup enteng. Walaupun demikian, kecepatan maksimal dibatasi pada 145 km/jam. 

Kombinasi CVT dan karakter mesin 4 silindernya membuat putaran bawah cukup bertenaga tapi tidak terlalu agresif. Akselerasi dan ledakan torsi pada Brio memang tidak segalak Ignis, atau Agya versi 1.200cc. Karakternya terus naik hingga kecepatan tinggi terasa smooth khas CVT.

Interior Modis Honda Brio RS, Si Mungil yang Lega

Adu Hatchback Harga Rp 200 Jutaan, Mana Lebih Kece Antara Honda Brio RS 2021 atau Honda Jazz RS 2016 Bekas? 06

Honda Brio RS memang mendapat kelengkapan paling istimewa dibanding Brio Satya di bagian interior. Tipe termahal ini mendapat head unit layar sentuh berukuran 6,1-inci yang bisa terkoneksi dengan smartphone.

Konektivitas USB dan Bluetooth serta Aux juga tersedia. Hebatnya, sistem multimedia entry-level Honda ini sudah kompatibel dengan iPod dan didukung tombol audio di lingkar kemudi. Pengemudinya dapat mengoperasikan audio tanpa harus melepas tangan dari setir.

Jok depan sudah pakai sandaran kepala yang adjustable. Sedangkan Brio Satya masih setia dengan sandaran kepala fixed alias model pocong. Brio RS punya ornamen list oranye, sedangkan Brio Satya berwarna perak.

Honda juga mempertahankan kabin yang lapang, termasuk pada mobil kompak seperti Brio. Dimensi Honda Brio memang mungil, tetapi tak membuat ruang kursi belakangnya sempit. 

Adu Hatchback Harga Rp 200 Jutaan, Mana Lebih Kece Antara Honda Brio RS 2021 atau Honda Jazz RS 2016 Bekas? 07

Baris kedua ukurannya tak terlalu lapang, tetapi bisa menampung hingga tiga orang dengan cukup nyaman. Bahkan untuk bagasinya semakin Dibandingkan generasi sebelumnya. 

Ruang yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan barang-barang di belakang semakin luas. Kini bagasi mendapat tambahan panjang 60 mm, dan lebih dari cukup bila untuk membawa tas maupun sepatu. 

Sayangnya fitur keamanan Brio RS sekarang sudah harus ditingkatkan. Honda Brio RS karena semakin mahal mestinya juga mendapat fitur keyless. Padahal, Toyota Agya yang harganya lebih murah sudah mendapat keyless dan Start-Stop Button.

Kesimpulan 

Dengan harga yang sama, jelas secara spesifikasi dan fitur milik Honda Jazz RS 2016 lebih menarik daripada Brio RS 2021 kondisi baru. Kabin lega, desain lebih keren, dan image mobil yang lebih mahal pasti melekat pada Honda Jazz RS 2016.

Namun demikian, kamu harus ingat kalau status mobil yang akan dipilih ini kondisinya bekas pakai. Akan butuh biaya perawatan yang lebih besar karena sudah tidak tercover garansi. Honda Brio RS jelas minim biaya perawatan.

Kita cuma perlu siapkan duit untuk biaya penggantian part fast moving yang rutin, bayar pajak tahunan, dan beli bensin. Namun agak disayangkan karena kenaikan harga Honda Brio RS yang semakin mahal tidak diimbangi dengan penambahan fitur yang semakin lengkap.  

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Brio Satya S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru