window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Honda Civic vs Mazda 3: Perbandingan Spesifikasi Dari Dua Mobil Populer

Rezky Yusuf · 24 Des, 2019 13:15

Honda Civic vs Mazda 3: Perbandingan Spesifikasi Dari Dua Mobil Populer 01

Jika Anda sedang mencari sedan kompak tetapi masih tidak yakin model apa yang harus dipilih, maka Anda beruntung, karena kami akan mengadu Honda Civic VS Mazda 3

Sekarang mari kita bandingkan Honda Civic dan Mazda 3, dua model sedan kompak paling populer di Indonesia saat ini.

Honda Civic vs Mazda 3: Eksterior

Honda Civic vs Mazda 3: Perbandingan Spesifikasi Dari Dua Mobil Populer 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pandangan sekilas pada kedua model menunjukkan bahwa Civic Turbo memiliki dimensi yang lebih unggul daripada Mazda 3, tetapi sebenarnya sebaliknya. Mazda 27 mm lebih panjang, 24 mm lebih tinggi, dan memiliki jarak sumbu roda 25 mm lebih panjang. Honda Civic lebih lebar 4 mm.

Honda Civic vs Mazda 3: Perbandingan Spesifikasi Dari Dua Mobil Populer 01

Dalam hal gaya, desain Mazda 3 yang cair dan elegan membuatnya menonjol, terutama dibandingkan dengan sedan kompak lainnya di pasar. Bahasa desain Kodo benar-benar bekerja dengan baik dengan estetika model, menghasilkan eksterior yang tampak sangat premium dengan ukiran garis-garis berpotongan.

Sementara itu, Civic Turbo sekarang memiliki penampilan yang lebih dewasa daripada saudaranya Tipe R yang lebih besar. Tetapi dibandingkan dengan bentuk keseluruhan dan desain cair dari Mazda 3, Civic tampaknya sedikit kurang, bahkan menggunakan beberapa ventilasi udara palsu yang mungkin tidak disukai beberapa orang.

Namun demikian, Civic generasi kesepuluh bukanlah mobil jelek, dan kami sangat menghargai penambahan rake di garis atap, serta pendirian. Jika tidak, ini masih jauh dari mesin generasi kelima tahun 90-an, FD, "Dimensi" generasi ketujuh dan FD generasi kedelapan.

Honda Civic vs Mazda 3: Interior

Honda Civic vs Mazda 3: Perbandingan Spesifikasi Dari Dua Mobil Populer 02

Dalam hal fitur interior, Mazda 3 dan Civic cukup lengkap. Ergonomi kursi depan sangat baik, dengan penempatan kontrol yang masuk akal membuatnya lebih mudah ditemukan.

Dalam hal kenyamanan dan ruang kargo, Mazda 3 dan Honda Civic Turbo adalah sedan kompeten yang berkinerja baik untuk perjalanan sehari-hari. Namun pada Mazda 3, suara bising mesin sampai ke kabin. Sementara beberapa penumpang mungkin merasa keberatan, banyak pengemudi menyukainya; lagipula, Mazda 3 dirancang untuk sporty dan praktikalitas.

Sedangkan untuk Civic, tampaknya Honda telah merancang mobil untuk menyenangkan orang banyak. Kami mengatakan ini karena tidak banyak suara mesin yang masuk ke dalam kabin, sangat sedikit bising kompresor ketika Anda beralih dari gas penuh ke rem keras.

Honda Civic vs Mazda 3: Perbandingan Spesifikasi Dari Dua Mobil Populer 03

Honda Civic vs Mazda 3: Mesin dan Performa

Baik Mazda 3 dan Honda Civic Turbo menggunakan tata letak roda depan. Di bawah kap Mazda 3 terdapat mesin bensin Skyactive-G inline-4 2.0 liter dengan aspirasi alami yang menghasilkan 152 tenaga kuda dan torsi 200 Nm yang, walaupun sudah lumayan, jatuh sedikit lebih kurang jika dibandingkan dengan 171 tenaga kuda dan torsi 220 Nm pada VTEC turbo 1,5 liter.

Untuk handling, Mazda 3 memanfaatkan G-Vectoring Control Plus yang membuatnya tetap memijak saat berbelok. Kami juga menyukai transmisi otomatis 3 milik SkyActiv-Drive dengan paddle shifter, karena ini memberikan respons yang jauh lebih baik daripada CVT yang lamban pada Civic Turbo.

Honda cukup nyaman untuk dijadikan mobil sehari-hari yang cocok di jalan lebar, tetapi Mazda 3 mengungguli Civic dalam lalu lintas yang macet dan di jalan berkelok-kelok. Kami merasa CVT menyia-nyiakan kemampuan Civic Turbo, dan kami berharap Honda menghadirkan varian manual.

Untuk konsumsi bahan bakar, Honda Civic mencatatkan 9,5 km / l sedangkan Mazda 3 sedikit lebih baik pada 10,5 km / L.

Jika kita harus membandingkan keduanya dengan sedan kompak lain dengan harga yang sama, Civic Turbo dan Mazda 3 mengalahkan Toyota Altis dalam hal kinerja; lagipula Toyota Altis dirancang lebih untuk kenyamanan bukan menjadi mobil sporty.

Honda Civic vs Mazda 3: Keamanan

Mazda 3 memiliki sedikit keunggulan dibandingkan Civic, dengan airbag lutut ekstra yang membantu saat tabrakan frontal dengan mengurangi cedera kaki. Mazda 3 juga menawarkan lebih banyak dalam hal sistem bantuan pengemudi aktif seperti peringatan pindah jalur dan deteksi titik buta, selain dari kamera pandangan 360 derajat yang sangat baik yang menghilangkan bintik-bintik buta bagi pengemudi.

Honda Civic vs Mazda 3: Perbandingan Spesifikasi Dari Dua Mobil Populer 04

Mazda tampaknya berinvestasi lebih banyak pada teknologi keamanan, meskipun tidak memiliki bantuan mulai bukit yang dimiliki Civic.

Honda Civic vs Mazda 3: Kesimpulan

Honda Civic masih merupakan mobil yang cukup solid secara keseluruhan. Walaupun agak mahal, Mazda 3 menawarkan nilai uang yang lebih baik karena paket teknologi on-board-nya, belum lagi Mazda 3 lebih nyaman dikendarai berkat teknologi G-Vectoring yang brilian dan SkyActiv-Drive transmisi otomatis.

Satu hal merupakan kelebihan Honda adalah reputasi mentereng dalam hal aftermarket; tidak heran mengapa Honda menjadi kesayangan tuner custom selama bertahun-tahun. Mekanik dan teknisi memiliki pengalaman yang cukup dengan Honda untuk menghasilkan build yang benar-benar gila (dan luar biasa).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil