window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Komparasi Fitur Honda Civic Hatchback dan Mazda3 Hatchback, Mana yang Terbaik?

Mark Jacob · 11 Jul, 2020 09:00

Komparasi Fitur Honda Civic Hatchback dan Mazda3 Hatchback, Mana yang Terbaik? 01

Bagi pecinta kelas hatchback kelas atas di Indonesia rasanya nama Honda Civic hatchback dan Mazda3 hatchback tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Honda Civic hatchback sendiri memiliki banderol Rp499 jutaan sedangkan Mazda3 hatchback memiliki harga Rp508 jutaan hingga Rp549 jutaan ini sama-sama memiliki fitur canggih. Kami akan menyajikan komparasi fitur Honda Civic hatchback dan fitur Mazda3 hatchback.

Mobil New Honda Civic Indonesia tersedia dalam 3 varian, yakni Honda Civic Hatchback S, E, dan RS. Harga Honda Civic terbaru Hatchback ini berkisar Rp 431,6 jutaan hingga Rp 499 jutaan. Ini merupakan harga Civic 2020. Pada awal tahun 2020 ini Honda Indonesia meluncurkan varian RS untuk model ini dan varian lainnya berhenti dijual. Dengan demikian, Anda tak punya opsi varian selain RS dalam menentukan pembelian Honda Civic Hatchback.

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil Mazda 3 Indonesia tersedia dalam 2 jenis, yakni Mazda 3 Sedan dan Mazda 3 Hatchback. Harga Mazda 3 Sedan berkisar dari Rp 550 jutaan. Sedangkan harga Mazda 3 Hatchback berkisar dari Rp 509 jutaan. Inilah harga kedua jenis mobil Mazda 3 di Indonesia di tahun 2020.

Bukan rahasia lagi jika Mazda terasa lebih eksklusif dibandingkan pabrikan Jepang lainnya. Begitu pula dengan biaya perawatan Mazda 3. Apalagi merek Mazda yang tak terlalu dikenal konsumen awam di Indonesia membuat harga Mazda 3 bekas cukup turun di pasaran.

Pertanyaan pun kerap terlontar ketika melihat dua mobil berdesain sporty dan elegan ini. Manakah yang memiliki fitur lebih baik dan lebih canggih? Honda Civic hatchback ataukah Mazda3 yang merupakan penantang baru di segmen hatchback mewah Tanah Air? Mari kita simak jawabannya.

Fitur Honda Civic Hatchback

Eksterior Honda Civic hatchback

Sebelum membahas mengenai fitur yang ada, kami akan coba membeberkan mengenai eksteriornya terlebih dahulu. New Honda Civic hatchback di Indonesia memiliki dimensi yang cukup besar dan terdiri dari dua varian, yakni tipe E dan S. Panjangnya mencapai 4.501 mm, lebar 2.075 mm dan tinggi mencapai 1.421 mm. Desain yang diusung oleh Civic hatchback memang lebih menegaskan unsur sporty.

Hal tersebut dapat dilihat dari lekuk yang terdapat di sekujur bodinya. Desain depannya memakai headlamp berbentuk garis yang memberikan efek sipit saat lampu menyala. Lampu depannya memakai LED, dengan tambahan lampu kabut yang juga berbahan LED di bagian bawah. Desain kap mesin juga dibuat berlekuk, memberi kesan sebagai mobil sport.

Komparasi Fitur Honda Civic Hatchback dan Mazda3 Hatchback, Mana yang Terbaik? 01

Di bagian bawah bumper, terdapat aksen gril yang tertutup plastic dengan motif honeycomb. Di sisi samping, terdapat beberapa lekuk seperti di bagian bawah, dan dekat handle pintu. Lekuk ini memberikan efek elegan saat dilihat dari sisi samping. Berlanjut di bagian belakang. Bagian belakang New Honda Civic turbo hatchback ini dibuat melandai. Bagi sebagian orang, desain buritan ini dianggap keren dan sangat sporty.

Tetapi bagi mereka yang tidak menyukainya, bagian belakang ini terbilang sangat buruk karena dianggap cukup aneh. Lampu belakangnya sudah memakai LED yang terlihat seperti huruf C. Di bagian ujung atas kaca belakang dan ujung bagasi, terdapat spoiler yang menambah aura sport dari mobil 5 penumpang ini. Lanjut di bagian bumper belakang mobil Ciciv baru. Bumper belakangnya pun dibuat dengan tambahan aksen honeycomb yang tertutup plastic.

Interior Honda Civic Hatchback

Inilah yang ditunggu-tunggu, fitur apa saja yang dimiiliki New Honda Civic hatchback untuk menantang Mazda3? Di bagian dalam, Honda memberikan interior dengan nuansa hitam dan aksen titanium pada trim. Posisi duduknya rendah, dengan jok bahan kulit yang sudah dibentuk semi bucket. Sehingga diduduki akan memberikan rasa berkendara yang sporty.

Komparasi Fitur Honda Civic Hatchback dan Mazda3 Hatchback, Mana yang Terbaik? 02

Posisi duduk pengemudi dapat diatur secara elektronik dengan pengaturan 8 way untuk varian E dan 6 way driver pada varian S. Sedangkan setirnya bisa diatur tilt dan teleskopik. Setirnya pun juga sudah dibekali dengan pengaturan seperti mode, volume dan menu. Sehingga memudahkan untuk melakukan pengaturan saat berkendara. Dibalik setir juga terdapat paddle shift yang berfungsi untuk memindahkan gigi lho.

Di bagian tengah, New Honda Civic turbo hatchback dibekali dengan head unit 7 inci layar sentuh. Head unit ini sudah dilengkapi teknologi wireless mirroring smartphone Android dan iOs. Selain itu head unit ini juga bisa menggunakan USB, radio, Bluetooth dan hands free telephone switch. Pengaturan AC juga sudah memakai digital dengan layar informasi model digital.

Fitur Keselamatan Honda Civic Hatchback

Fitur keselamatannya pun terbilang lengkap. Mulai dari hill start assist, rem yang sudah ABS, electronic brake distribution, brake override system dan ECON mode. Fitur keamanan lainnya yang ada pada mobil ini adalah smart key dengan immobilier dan auto door lock sebagai standardnya. Demi meningkatkan kenyamanan, Honda juga memberikan rain sensing wiper untuk tipe E serta kamera belakang.

Komparasi Fitur Honda Civic Hatchback dan Mazda3 Hatchback, Mana yang Terbaik? 03

Ada juga fitur cruise control yang membantu pengguna saat melakukan perjalanan jauh tanpa harus menginjak pedal gas. Selain fitur tersebut, Civic hatchback juga dibekali dengan dual front airbag, side airbag dan side curtain airbag. Sehingga jika ditotal jumlah airbagnya mencapai 6 buah. Cukup oke bukan?

Di jok belakang, penumpang juga dibekali dengan sabuk pengaman 3 titik serta pengait ISOFIX yang berguna untuk membawa carseat. Kira-kira, bagaimana dengan fitur Mazda3 hatchback yang menjadi penantangnya? Apakah lebih baik?

Fitur Mazda3 Hatchback

Eksterior Mazda3 Hatchback

Jika dilihat dari luar, tampilan All New Mazda3 hatchback dengan Honda Civic hatchback bagaikan bumi dan langit. Honda Civic lebih menegaskan lewat lekuk bodi yang sporty, akan tetapi Mazda3 hatchback lebih menegaskan aura kemewahan dan elegan. Bahasa desain Kodo Soul of Motion yang diadopsi Mazda3 hatchback ini menjadikan tampilannya benar-benar mewah.

Komparasi Fitur Honda Civic Hatchback dan Mazda3 Hatchback, Mana yang Terbaik? 04

Berdasarkan data, Mazda3 hatchback memiliki dimensi panjang 4.462 mm, lebar 2.028 mm dan tinggi 1.440 mm. Di atas kertas, dimensinya memang lebih kecil dibandingkan Honda Civic hatchback sehingga lebih kompak. Namun, tampilan eksterior dari All New Mazda3 hatchback ini terbilang juga tak kalah menarik dibanding Honda Civic hatchback.

Di bagian depan, ia memiliki gril besar ala Kodo. Lampu depannya yang sudah LED dibuat menyipit, sehingga memberi kesan elegan. Tambahan lips pada bagian bawah bumper depan juga membuat mobil ini terlihat sporty dan anggun. Di sisi samping, memang mobil ini tidak memiliki lekuk tajam layaknya Civic hatchback.

Sebagai gantinya, lekukan halus dibuat sehingga mobil ini terlihat memiliki desain yang agak membulat. Oh iya, di bagian atas uniknya mobil ini memiliki lekuk seperti huruf M yang melandai. Lalu di bagian belakang, All New Mazda3 hatchback memiliki roof spoler, wiper serta lampu belakang yang sudah memakai LED dengan model 4 lampu berbentuk bulat.

Komparasi Fitur Honda Civic Hatchback dan Mazda3 Hatchback, Mana yang Terbaik? 05

Di bagian bawah bumper terdapat aksen berwarna hitam dengan adanya reflector berwarna merah. Bagian belakang All New Mazda3 hatchback ini terlihat sangat menawan dan memancarkan aura mewah yang sangat keren.

Interior Mazda3 Hatchback

Interior Mazda3 mengadopsi konsep ‘Less Is More’ sehingga semua komponen di dalam interior dibuat seminimal mungkin dan tidak berlebihan. Paduan warnanya terdiri dari merah dan hitam yang lebih mengutamakan sisi estetika sehingga menegaskan kesan mewah. Joknya juga dibuat semi bucket, dengan penggunaan material kulit yang nyaman dipegang.

Jok bagian pengemudi dapat diatur secara elektronik, setirnya pun demikian dapat diatur tilt dan teleskopik. Di bagian setir juga terdapat tombol pengaturan yang tersambung ke head unit dan menu pada layar MID. Dibalik setir juga terdapat paddle shift yang berfungsi untuk memindahkan gigi, tak kalah dengan Honda Civic hatchback deh!

Komparasi Fitur Honda Civic Hatchback dan Mazda3 Hatchback, Mana yang Terbaik? 06

Jika membeli Mazda3 hatchback, pengguna juga dapat menikmati head up display yang berada di depan pengemudi. Fitur ini berfungsi sebagai pemberi informasi mengenai kecepatan, sehingga pengemudi tak perlu repot melihat speedometer. Sayangnya Honda Civic hatchback tidak memiliki hal ini.

Pada head unit, All New Mazda3 hatchback dibekali dengan layar berukuran 8,8 inci yang dapat dioperasikan dengan sentuhan. Head unit tersebt juga dapat tersambung dengan USB, radio, Bluetooth, Android auto dan Apple Car Play.

Fitur Mazda3 Hatchback

Jika membahas soal fitur, All New Mazda3 hatchback boleh berbangga diri karena memiliki fitur lebih jempolan ketimbang kompetitornya. Ia memiliki keselamatan dasar rem cakram ABS di semua roda, electronic brake distribution, brake assist dan airbag yang berjumlah 7. Airbag ini tersebar di bagian depan, sisi samping, dan bagian kaki dari pengemudi. Wow!

Mazda juga memberikan paket keselamatan bernama i-Active Sense. Fitur ini memungkinkan untuk memberi peringatan dan feedback lewat sensor yang terdapat di beberapa titik. Fitur ini juga terdapat smart brake support (SBS) yang bisa memberikan pengereman secara otomatis. SBS ini bisa berfungsi dalam kecepatan maksimal hingga 120 km perjam. Canggih bukan?

Komparasi Fitur Honda Civic Hatchback dan Mazda3 Hatchback, Mana yang Terbaik? 07

Selain itu, ada juga fitur lane departure warning, lane keeping assist yang bisa mengeluarkan peringatan saat mobil berpindah jalur tanpa sengaja. Peringatan ini akan memberikan efek getaran pada kemudi saat mobil berjalan keluar jalur tanpa menyalakan sein. Belum selesai sampai disitu, fitur ini juga akan memberikan feedback memutar setir otomatis saat koreksi tidak diterima oleh pengemudi. Apa kabar fitur Honda Civic hatchback?

Fitur All New Mazda3 hatchback lain yang tak kalah menarik adalah adaptive front lighting system yang dapat membelokkan cahaya lampu depan. Serta adanya high beam control yang mampu menonaktifkan lampu jauh secara otomatis saat ada objek di depan agar tidak terkena silau cahaya. Saat objek sudah dilewati, fitur ini akan kembali menyala. Benar-benar canggih bukan.

Komparasi Fitur Honda Civic Hatchback dan Mazda3 Hatchback, Mana yang Terbaik? 08

Kesimpulan

Jika menarik kesimpulan dari kedua mobil tersebut, Mazda3 hatchback memang memiliki fitur yang jauh lebih canggih dan modern dibanding Honda Civic hatchback. Dimensinya Mazda3 pun juga lebih kecil sedikit dibanding Honda Civic hatchback. Sehingga maneuver dan ruang parkirnya akan lebih baik. Dengan rentang harga yang ditawarkan, Mazda3 memberikan fitur keamanan yang juga lebih baik.

Jika Honda Civic hatchback hanya memiliki 6 buah airbag, Mazda3 hatchback memiliki 7 buah airbag hingga ke bagian kaki. Sehingga keamanan penumpangnya lebih terjamin. Keduanya juga dibekali dengan cruise control, akan tetapi Mazda3 hatchback memiliki adaptive cruise control yang dapat menyesuaikan kecepatan dengan mobil yang ada di depan.

Akan tetapi, mesin dari New Honda Civic turbo hatchback memiliki performa yang lebih baik dibanding Mazda3 hatchback. Kesimpulan yang kami ambil, dari segala aspek All New Mazda3 hatchback lebih layak dibeli karena memiliki kelebihan yang jauh lebih baik dibanding Honda Civic hatchback. So, kamu setuju kah dengan komparasi fitur New Honda Civic hatchback dan All New Mazda 3 hatchback di atas ini?

Spesifikasi Honda Civic hatchback
Mesin 1.498 cc, 4 silinder, DOHC, VTEC, Turbocharge
Tenaga 171 hp @5.500 rpm
Torsi 220 Nm @1.700-5.500 rpm
Transmisi CVT with Earth Dream Technology
Velg dan ban 17 inci / 215-50
Rem depan Ventilated disc
Rem belakang Solid disc
Suspensi depan MacPherson Strut
Suspensi belakang Multi-Link
Harga OTR Jakarta Rp499 juta
Spesifikasi Mazda3 hatchback
Mesin 1.998, Skyactiv-G, 4 silinder, DOHC
Tenaga 155 hp @6.000 rpm
Torsi 200 Nm @4.000 rpm
Transmisi 6 speed torque converter
Velg dan ban 18 inci / 215-45
Rem depan Ventilated disc
Rem belakang Ventilated disc
Suspensi depan MacPherson Strut
Suspensi belakang Torsion axle beam
Harga OTR Jakarta Rp508-549 juta

Mark Jacob

Tergila-gila dengan mobil tua, apalagi buatan Eropa. Pastinya suka berteman dengan mobil yang boros, dan pintunya cuma dua.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic Hatchback RS

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil