window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Kelegaan dan Kepraktisan Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3

Franky · 8 Jul, 2020 09:00

Perbandingan Kelegaan dan Kepraktisan Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 01

Perbandingan Kelegaan dan Kepraktisan Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 02

PT Honda Prospect Motor mengawali tahun 2020 dengan meluncurkan model terbaru dari Honda Civic Hatchback, yakni All New Honda Civic Hatchback RS pada 6 Februari 2020 di Jakarta. Mobil varian tertinggi dari Honda Civic Hatchback ini dibanderol dengan harga Rp499 juta.

Mobil New Honda Civic Indonesia tersedia dalam 3 varian, yakni Honda Civic Hatchback S, E, dan RS. Harga Honda Civic terbaru Hatchback ini berkisar Rp 431,6 jutaan hingga Rp 499 jutaan. Ini merupakan harga Civic 2020. Pada awal tahun 2020 ini Honda Indonesia meluncurkan varian RS untuk model ini dan varian lainnya berhenti dijual. Dengan demikian, Anda tak punya opsi varian selain RS dalam menentukan pembelian Honda Civic Hatchback.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dilihat dari tampilannya, Penyegaran New Honda Civic Hatchback RS semakin memikat lewat tampilan yang semakin sporty dan agresif.

Daftar Harga Honda Civic Hatchback RS Terbaru

New Honda Civic Hatchback RS

Rp 499.000.000

Sementara itu, pada 1 Oktober 2019, Mazda memperkenalkan mobil Hatchback keluaran terbarunya yang dikenal sebagai kompetitor mobil Honda Civic Hatchback yaitu All New Mazda3 Hatchback. Tampilan mobil ini tampak cantik dengan desain yang simpel nan sporty dengan prinsip desain less is more.

Mobil Mazda 3 Indonesia tersedia dalam 2 jenis, yakni Mazda 3 Sedan dan Mazda 3 Hatchback. Harga Mazda 3 Sedan berkisar dari Rp 550 jutaan. Sedangkan harga Mazda 3 Hatchback berkisar dari Rp 509 jutaan. Inilah harga kedua jenis mobil Mazda 3 di Indonesia di tahun 2020.

Bukan rahasia lagi jika Mazda terasa lebih eksklusif dibandingkan pabrikan Jepang lainnya. Begitu pula dengan biaya perawatan Mazda 3. Apalagi merek Mazda yang tak terlalu dikenal konsumen awam di Indonesia membuat harga Mazda 3 bekas cukup turun di pasaran.

Daftar Harga Mazda 3 Hatchback

All New Mazda3 Hatchback

Rp 508.800.000

Perbandingan Kelegaan dan Kepraktisan Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3

Bentukan model mobil yang serupa namun tak sama membuat kedua mobil ini menjadi kompetitor satu sama lain, keduanya pun dilengkapi dengan nuansa yang mirip-mirip walaupun tidak seutuhnya sama. Seperti halnya dimensi mobil, kedua mobil ini secara model terlihat memang terlahir untuk bersaing.

Dimensi dua mobil ini juga tampak mirip, secara detail New Honda Civic turbo Hatchback lahir dengan panjang 4.501 mm, lebar 2.075 mm, tinggi 1.421 mm, dan wheelbase 2.700 mm. Sedangkan mobil Mazda3 tampil dengan panjang 4.460 mm, lebar 1.795 mm, tinggi 1.435 mm, dan wheelbase 2.725 mm.

Dalam hal ini, kedua mobil ini tampak cukup berimbang. Meskipun dimensi mobil Mazda3 sedikit lebih panjang, namun dimensi Honda Civic Hatchback RS tampil lebih lebar yang membuat kabinnya sedikit lebih luas.

Impresi Kabin Honda Civic Hatchback RS

Perbandingan Kelegaan dan Kepraktisan Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 01

Inilah tampilan All New Honda Civic Hatchback RS

All New Honda Civic Hatchback tipe terbaru sendiri sudah sangat apik didesain dengan ruang kelegaan yang terbilang cukup baik bila dibandingkan dengan mobil setipe lainnya. Honda Civic Hatchback juga kerap dianggap memiliki fitur kepraktisan yang cukup memuaskan.

Seperti halnya dari tersedianya tempat minum atau cup holder, New Honda Civic Hatchback ini dibekali dengan 7 buah Cup Holder yang tersebar di beberapa titik. Seperti di pintu depan kiri-kanan, pintu belakang kiri-kanan dan ruang di bagian tengah di antara jok. Hal ini juga menambah nilai kepraktisan dari mobil ini.

Nah berikut adalah ulasan dari kelegaan dan kepraktisan Honda Civic Hatchback.

1. Ruang Kaki Honda Civic Hatchback

Dari segi kelegaan mobil, kabin depan dan belakang yang ditawarkan oleh Honda Civic Hatchback RS ini terlihat lebih lapang mengingat ukurannya yang lebar. Ditambah lagi, kursi pengemudi mobil Honda Civic baru yang dapat diatur sedemikian rupa sesuai kenyamanan pengendara. 

Perbandingan Kelegaan dan Kepraktisan Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 02

Berikut tampilan kabin depan dan belakang Honda Civic Hatchback 2020

Begitu duduk di kabin mobil New Honda Civic Hatchback RS, Anda akan dibuat nyaman dengan posisi leg room atau ruang kaki yang baik. Di dalam kabin, Honda dinilai sukses menyajikan kelapangan yang cukup baik. Jadi, penumpang tidak perlu takut akan ruang kaki yang sempit.

2. Ruang Kepala Honda Civic Hatchback RS

Untuk ruang kepala New Honda Civic Hatchback RS pada kabin depan sudah memiliki kelegaan yang baik dan tentunya dilengkapi dengan headrest yang nyaman bagi pengendara maupun bagi penumpang mobil ini. Headroom atau ruang kepala pada mobil ini memiliki kelegaan sekitar 5 jari, hal ini tentu sangat cukup bagi mobil Hatchback ini. 

Perbandingan Kelegaan dan Kepraktisan Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 03

Tampilan kelegaan kabin depan yang membuat headroom lebih lapang

3. Kapasitas Bagasi Honda Civic Hatchback RS

Bagasi dari All New Honda Civic Hatchback pun terkenal luas dan lapang dengan kapasitas 727 Liter. Ini didukung dengan ukuran lebar Honda Civic Hatchback yang memang didesain lebih luas demi kenyamanan penumpang. Bila Cover atau Tray bagasinya dibuka, bagasi New Honda Civic Hatchback RS pun bisa diakses dari kursi penumpang belakang. Selain itu tersedia juga tonneau cover yang berfungsi untuk menutup barang bawaan Anda agar terlihat nyaman dan rapi.

Perbandingan Kelegaan dan Kepraktisan Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 04

Tampilan dari bagasi All New Honda Civic Hatchback

4. Fitur Paddle Shift Pada Honda Civic Hatchback

Pengalaman berkendara yang nyaman dan praktis memang sering ditawarkan dengan mobil bertransmisi otomatis dan manual. Mode manual biasanya terdapat pada tuas transmisi dengan tanda plus (+) dan minus (-), namun bisa juga muncul pada tuas yang ada di balik kemudi atau yang biasa dinamakan Paddle Shift. 

Perbandingan Kelegaan dan Kepraktisan Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 05

Fitur Paddle Shift yang terdapat pada mobil Honda Civic Hatchback

Fitur Paddle Shift pun dibuat untuk menambah kepraktisan dan rasa berkendara New Honda Civic Hatchback RS yang lebih sporty. Dengan adanya fitur ini, pengemudi dapat merasakan sensasi racing untuk mengatur perpindahan transmisi 7 kecepatan hanya dengan menggunakan ujung jari saja.

5. Fitur Electric Parking Brake dan Auto Brake Hold Honda Civic Hatchback

Perbandingan Kelegaan dan Kepraktisan Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 06

Fitur Auto Brake Hold dan Electric Parking pada Honda Civic Hatchback

Untuk fitur Auto Brake Hold, tentu saja sangat berguna bagi pemilik mobil terutama di kota-kota besar dengan kepadatan lalu lintas yang tinggi. Singkatnya, fitur ini memungkinkan kaki lepas dari pedal rem namun mobil tetap dalam keadaan seperti pedal rem diinjak. 

Electric Parking Brake juga fitur yang memberi kemudahan dalam melakukan parking brake hanya dengan satu sentuhan. Adanya fitur-fitur ini sudah pasti menambah nilai kepraktisan bagi New Honda Civic Hatchback RS.

Kelegaan dan Kepraktisan Mazda3

Perbandingan Kelegaan dan Kepraktisan Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 07

Tampilan mewah nan elegan mobil Mazda3

Setelah membahas Honda Civic Hatchback RS, mari kita beralih ke All New Mazda3. Kelegaan dan kepraktisan suatu mobil sudah pasti memiliki nilai tersendiri bagi para pecinta mobil, tak terkecuali dengan mobil Mazda3. Walaupun dari segi kelegaan Mazda3 tampak sedikit lebih sempit daripada Honda Civic Hatchback RS, namun dalam segi kepraktisan dan kelengkapan fitur, Mazda3 terlihat lebih unggul.

Dilengkapi dengan 8 buah Cup Holder yang tersebar di beberapa titik Mazda 3 juga memiliki fitur berkendara yang cukup banyak seperti Smart City Brake Support, Lane-Keep Assist System, Blind Spot Monitoring, Driver Attention Alert dan i-ELOOP yang sama sekali tidak dimiliki oleh Honda Civic Hatchback RS.

1. Ruang Kaki Mazda3

Meski memiliki dimensi yang lebih panjang dari mobil yang dibahas sebelumnya, ukuran kabin All New Mazda 3 relatif lebih sempit karena lebar dimensi lebih pendek jika dibandingkan Honda Civic Hatchback RS. Tak lega memang, namun jelas tidak sempit dan masih cukup nyaman bagi para pengendara.

Perbandingan Kelegaan dan Kepraktisan Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 08

Inilah tampilan interior kabin depan Mazda3

Untuk ruang kaki atau leg room di kabin belakang, model kursi depan dibuat cekung agar kapasitas ruang kaki dapat lebih lega. Hal ini jelas merupakan poin plus yang membuat penumpang lebih nyaman karena kelegaan yang cukup memadai. Sayangnya untuk penumpang belakang khususnya yang berada di tengah akan sedikit terganggu oleh tonjolan untuk kopel belakang.

2. Ruang Kepala Mazda3

Untuk ruang kepala mobil All New Mazda3 terbilang tak lega namun cukup memuaskan. Walaupun headroom terbilang pas-pasan bagi ukuran orang dewasa, namun headroom pada kabin depan masih tersisa 4 jari. Sayangnya karena memang desain mobil yang tidak terlalu tinggi maka kapasitas ruang kepala bagi penumpang belakang pun cukup terbatas bagi yang bertubuh tinggi.

Perbandingan Kelegaan dan Kepraktisan Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 09

Inilah tampilan keseluruhan interior Mazda3

3. Kapasitas Bagasi Mazda3

Bagasi mobil All New Mazda3 terbilang memiliki kapasitas yang cukup untuk membawa koper dan berbagai barang bawaan lainnya. Namun, jika anda membutuhkan kapasitas yang  lebih besar, dapat dilakukan dengan melipat rata lantai jok baris kedua. Kapasitas keseluruhan dari bagasi mobil Mazda3 pun pernah dirilis secara resmi, namun dengan melihat tampilan dari bagasi, Hal ini sudah terbilang baik bagi mobil ini.

Perbandingan Kelegaan dan Kepraktisan Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 10

Tampak bagian bagasi mobil Mazda3

4. Fitur Paddle Shift Mazda3

Seperti halnya Honda Civic Hatchback RS, All New Mazda3 juga dilengkapi dengan fitur paddle shift yang berguna untuk mengatur perpindahan transmisi kecepatan mobil. Sensasi racing pun akan didapatkan juga pada mobil Mazda3 ini. Sayangnya transmisi yang dimiliki oleh Mazda3 yakni otomatis 6-percepatan (Torque Converter) yang masih kalah dengan Honda Civic Hatchback RS.

Perbandingan Kelegaan dan Kepraktisan Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 11

Penampakan Paddle Shift pada mobil Mazda3

5. Fitur Electric Parking Brake dan Auto Brake Hold Mazda3

Mazda3 juga telah dilengkapi oleh fitur Electric Parking Brake yang berguna bagi pengemudi dalam melakukan Parking Brake tanpa harus kesusahan. Dengan kata lain, adanya fitur ini sudah pasti membuat mobil All New Mazda 3 lebih praktis. Fitur Auto Brake Hold juga memudahkan memudahkan pengemudi saat melakukan pengereman yang tentunya menambah kepraktisan fitur mobil ini.

Perbandingan Kelegaan dan Kepraktisan Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 12

Fitur Electric Parking Brake pada mobil Mazda3

Kesimpulan

Nah, kesimpulan dari ulasan di atas, kedua mobil ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun jika menitikberatkan pada kelegaan mobil maka pemenangnya tidak lain adalah adalah Honda Civic Hatchback RS yang tampil lebih lega dan membuat pengemudi baik penumpang merasa nyaman.

Tetapi jika dilihat dari lengkapnya fitur, tidak dapat disangkal jika mobil All New Mazda 3 adalah pemenangnya. Hal ini terlihat dari berbagai fitur yang ditawarkan oleh Mazda3 yang belum ada pada New Honda Civic Hatchback RS.

Setelah melihat ulasan tentang kedua mobil ini, sudahkan Anda mendapat gambaran untuk menetapkan pilihan ke mobil mana yang akan anda pilih? Pilihan ada pada Anda, semoga ulasan ini membantu dan memberikan sedikit informasi yang Anda butuhkan.

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic Hatchback RS

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil