Honda HR-V dan Hyundai Kona, Siapa Yang Lebih Banyak Fiturnya?

Naomi · 17 Mei 2020 08:00

Hyundai Kona datang belum lama ini. Crossover compact asal Korea itu memperkaya deretan lini produk Hyundai sekaligus menambah segmen baru, compact crossover. Sport Utility Vehicle (SUV) bergaya hatchback ini dijual dengan harga Rp 363,9 juta.

Raja di segmen ini adalah Honda HR-V. Memang HR-V bukan yang pertama, tapi ia yang paling populer saat ini. Padahal harganya bukanlah yang termurah. Ia dijual mulai harga Rp 297 jutaan sampai Rp 415 jutaan. Ini merupakan harga HRV di tahun 2020. Konsumen juga bisa mencari harga promo Honda HRV dari situs otomotif. New Honda HRV memiliki total 5 varian. Nah kalau dibandingkan dengan Hyundai Kona, siapa yang paling banyak fiturnya?

Sebelum masuk ke kabin dan mengulas fiturnya, tak ada salahnya membandingkan performa keduanya terlebih dahulu. Hyundai Kona datang dengan mesin yang berkapasitas lebih besar, yakni 2,0 liter Atkinson Cycle yang bertenaga 149 PS dengan torsi puncak 179 Nm. Tenaganya disalurkan melalui transmisi otomatis 6-speed shiftronic yang responsif.

Kalau New Honda HR-V ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yakni 1,5 liter dan 1,8 liter. Biar agak seimbang, coba kita lihat performa HR-V 1.8L. Tenaga yang dihasilkan 139 PS dengan torsi puncak 169 Nm. Tidak aneh karena mesin HR-V lebih kecil kapasitasnya. Tapi anehnya, Kona yang bermesin lebih besar dan lebih powerful justru lebih murah. Selisihnya bahkan sampai lebih dari Rp 50 jutaan. Terbesit anggapan, mungkin karena HR-V 1.8L punya fitur yang lebih lengkap.

Tapi kalau dilihat, ternyata fitur keduanya setara. Lampu utama keduanya sudah LED. Malahan Kona sudah LED Proyektor, sedangkan HR-V LED multi reflektor. Pengatur sorot ketinggian lampu otomatis terdapat di keduanya. Lampunya pun bisa menyala otomatis dalam keadaan gelap.

Masuk-keluar kabin mudah karena sudah ada smart key. Begitupun menghidupkan dan memadamkan mesin keduanya, karena sudah ada tombol Start-Stop. Sistem multimedia keduanya pun sudah mampu terkoneksi dengan smartphone secara mirroring. Navigasi GPS online bisa dilakukan keduanya.

Pendingin kabin Honda New HR-V dan Hyundai Kona sudah menggunakan layar indikator digital lengkap dengan mode otomatis. Hanya memang kalau melihat ke atap, HR-V 1.8 dilengkapi power panoramic sunroof. Sedangkan Kona tidak.

Fitur keselamatan keduanya sama lengkap. Rem ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Force Distribution) dan BA (Brake Assist) menjadi peranti keselamatan standard keduanya. Hadir pula fitur kontrol traksi, kontrol stabilitas berkendara hingga Hill Start Assist (HSA). Menariknya, Kona yang lebih murah malah sudah dilengkapi Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan Downhill Brake Control (DBC).

Lanjut lagi, fitur bantuan berkendara cruise control tersedia di keduanya. HR-V memang boleh bangga karena menyediakan paddle-shift untuk simulasi pergantian gigi secara manual dari transmisi otomatis jenis CVT (Continuous Variable Transmission) miliknya. Namun, Hyundai Kona punya pilihan mode berkendara, Sport, Normal dan Eco yang tak ada di mobil HR-V.

Kesimpulannya, HR-V 1.8L memang pantas lebih mahal karena punya sejumlah fitur tambahan. Paddle-Shift dan panoramic sunroof. Tapi sebetulnya sepenting apa sih atap kaca yang dapat terbuka itu di negara beriklim tropis seperti Indonesia? Apalagi kalau sampai harus menebus mahar lebih mahal sekitar Rp 50 jutaan dibanding Kona.

Daftar Harga Honda HR-V
Daftar Harga Honda HR-V
Honda HR-V 1.5L S MT Rp 297,000,000
Honda HR-V 1.5L S CVT Rp 307,200,000
Honda HR-V 1.5L E CVT Rp 331,200,000
Honda HR-V 1.5L E CVT SE Rp 348,300,000
Honda HR-V 1.8L Prestige Rp 415,700,000

Komentar

Mobil Terbaru