Lihat Keunggulan Hyundai Creta dan Honda HR-V, Sebelum Mitsubishi XFC Concept Muncul

Herdi · 24 Okt, 2022 17:01

Lihat Keunggulan Hyundai Creta dan Honda HR-V, Sebelum Mitsubishi XFC Concept Muncul 01

  • Mitsubishi XFC Concept 2023 akan diproduksi mulai tahun depan.
  • Besar kemungkinan akan dipasarkan di Indonesia.
  • Calon rival kuat Honda HR-V dan Hyundai Creta.

Mitsubishi XFC Concept 2023 tampil perdana di Vietnam. Mobil yang masuk segmen Compact Sport Utility Vehicle (SUV) akan dipasarkan di Asia Tenggara, tak terkecuali Indonesia.

Jika benar direalisasikan, Mitsubishi XFC Concept 2023 digadang-gadang akan menjadi rival beberapa mobil, seperti Hyundai Creta dan Honda HR-V.

Mitsubishi XFC Concept

Mitsubishi XFC Concept

Nah, sebelum Mitsubishi XFC Concept hadir, kami akan ingatkan kembali kelebihan dari Hyundai Creta dan Honda HR-V pada ulasan di bawah ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Baca juga: Mitsubishi XFC Concept 2023 Didesain Bisa Terabas Banjir, Cocok Banget Buat di Indonesia!

Hyundai Creta

Hyundai Creta resmi meluncur di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 lalu. Mobil SUV Compact ini dibuat di pabrik Hyundai di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Hyundai Creta

Hyundai Creta

Hyundai Creta sendiri tidak hanya dijual untuk pasar domestik, tapi juga harus memenuhi kebutuhan ekspor, mulai dari  Filipina, Vietnam, Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika.

Bicara soal Hyundai Creta, berikut ini kami akan mengulas kelebihannya.

Eksterior Hyundai Creta

Secara tampilan eksterior, Hyundai Creta cukup menarik dengan bagian wajah menggelembung. Tampang depan ini mengingkat saudara terdekatnya, Hyundai Tucson. 

Lihat Keunggulan Hyundai Creta dan Honda HR-V, Sebelum Mitsubishi XFC Concept Muncul 02

Compact SUV Hyundai yang cukup laris di Indonesia

Hyundai Creta sendiri sudah dilengkapi lampu LED dan lampu parametric jewel hidden-type DRL pada bagian depan. Oia, lampu ini cukup keren lantaran kalau lampu DRL  mati, maka tersamar dengan gril. Sementara lampu utamanya sendiri ada di bagian bemper.

Mobil ini juga memiliki kap mesin cukup panjang dengan fender depan lebar. Tarikan garis bodi berkarakter kuat. Sedangkan pada bagian belakang, model lampu high mounted stop lamp terlihat mirip boomerang yang dilengkapi.

Sedangkan pada bagian samping mobil, cukup lumayan keren, apalagi pada bagian kaki-kaki sudah menggunakan velg alloy berukuran 17 inci.

Baca juga: Bukan Cuma Jago Kandang, Tiga Mobil Buatan Indonesia Juga Laris Manis di Vietnam

Interior Hyundai Creta

Interior Hyundai Creta

Interior Hyundai Creta

Di sisi interior, Hyundai Creta menggunakan kombinasi material plastik. Namun begitu, tampilannya cukup keren. Yang menarik dari mobil ini masih banyak seperti laci pada dashboard ternyata bisa digunakan sebagai pendingin makanan atau minuman.

Khusus varian tertinggi mobil ini dilengkapi ambient mood lamp, panoramic sunroof, lalu kursi penumpang depan dan pengemudi sudah dilengkapi ventilasi sert Air Purifier di konsol tengah. Semua fitur ini cukup memberikan kesan mewah.

Hyundai Creta juga punya dua monitor lebar, satu berukuran 10,25 inci dengan tampilan digital sebagai meter cluster di sisi pengemudi, satu lagi menjadi headunit infotainment dengan ukuran 8 inci yang dapat tersambung dengan perangkat smartphone. Untuk varian tertinggi, Hyundai Creta sudah dilengkapi audio system BOSE dengan 8 speaker.

Baca juga: Hyundai Creta Pakai Ventilated Seat, Apa Sih Keistimewaannya?

Fitur Hyundai Creta

Lihat Keunggulan Hyundai Creta dan Honda HR-V, Sebelum Mitsubishi XFC Concept Muncul 04

Ada rear camera

Untuk fitur, Hyundai Creta memang cukup menarik, karena dilengkapi sejumlah fitur keamanan, seperti Hill-Start Assist Control (HAC), Emergency Stop Signal (ESS), dan Vehicle Stability Management (VSM), Driver Attention Warning (DAW), Driver Rear View Monitor (DRVM), Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA), Safe Exit Warning (SEW), High Beam Assist (HBA), Rear Occupant Alert (ROA), Hill-start Assist Control (HAC), Emergency Stop Signal (ESS), dan Vehicle Stability Management (VSM).

Selain itu, ada juga teknologi Hyundai Blue Link, dimana ini merupakan inovasi Hyundai karena memberikan layanan mobil yang memungkinkan pelanggan untuk selalu terhubung dengan mobil mereka melalui smartphone.

Tidak sampai disitu dengan adanya Hyundai Blue Link, pemilik Creta bisa mengaktifkan beberapa bagian penting pada mobil mulai dari menghidupkan atau mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci atau membuka kunci pintu, hingga mengetahui di mana kendaraan diparkir dan mendeteksi apabila terjadi pencurian.

Performa Mesin Hyundai Creta

Mesin Hyundai Creta

Mesin Hyundai Creta

Untuk jantung pacu, Hyundai Creta dibenamkan mesin bensin Smartstream G1.5L  MPI Inline 4 Cylinders, yang menghasilkan 15 ps dengan torsi maksimum hingga 143,8 Nm. Creta memiliki empat jenis mode berkendara, yaitu Eco, Comfort, Smart, dan Sport.

Tenaga yang dimiliki disalurkan ke sistem transmisi manual 6-percepatan atau Intelligent Variable Transmission (IVT) yang memungkinkan mobil ini memaksimalkan efisiensi bahan bakar.

Honda HR-V

Honda H-RV

Honda HR-V

Setelah Hyundai Creta meluncur, Honda turut menghadirkan model terbaru Honda HR-V pada Maret 2023. Bahkan ada tipe RS dan mesinnya pakai turbo. Nah, mau tahu apa saja kelebihan Honda HR-V, berikut ulasannya.

Eksterior Honda HR-V

Tampilan Honda HR-V berubah total jika dibandingkan model sebelumnya. Hal ini terlihat dari bagian wajah, dimana grille sangat berbeda karena ada garis melintang. Sedangkan untuk tipe RS, grille juga berbeda karena desainnya dibuat honeycomb.

Honda HR-V RS

Honda HR-V RS

Semua Honda HR-V untuk penerangannya sudah dilengkapi lampu Full LED Headlight with Sequential LED Turning Signal. Termasuk Fog Light sudah LED.

Body samping Honda HR-V memiliki garis-garis sehingga terkesan berotot, mulai dari kap mesin sampai lampu belakang. Pada bagian samping ini terkesan macho, berkat desain velg berukuran 18 inch. Sedangkan pada bagian belakang terlihat lampu yang melintang dari ujung kanan hingga kiri, dan lebih tipis namun terkesan modern.

Interior Honda HR-V

Interior Honda HR-V

Interior Honda HR-V

Interior Honda HR-V memadukan warga gelap, namun ada aksen silver disetiap panel tertentu. Adapun bagian jok yang dipadukan dengan kulit serta dilengkapi Rear A/C Ventilation, Air Diffusion Outlet dengan tiga mode pengaturan udara, yaitu normal, diffusion dan closed, serta Panoramic Glass Roof.

Beberapa bagian lainnya yang ada pada Honda HR-V yaitu Shift Knob berbalut kulit, One Push Ignition System & Smart Entry System, Paddle Shift dan Auto A/C.

Honda HR-V ini dilengkapi layar berukuran 4,2 inch untuk Interactive TFT Meter, yang berfungsi untuk memberikan informasi, seperti Honda Sensing, Rear Seat Reminder, indikasi lampu pada kendaraan dan konsumsi bahan bakar.

Sedangkan untuk sistem hiburannya sudah menggunakan layar berukuran 8 inch Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio yang terintegrasi dengan Bluetooth, Radio AM/FM, Hands-Free Telephone, WebLink dan Smartphone Connection. Untuk mempermudah pengemudi, pada bagian stir juga dilengkapi Audio Steering Switch.

Fitur Honda HR-V

Lihat Keunggulan Hyundai Creta dan Honda HR-V, Sebelum Mitsubishi XFC Concept Muncul 09

Headunit Honda HR-V

Honda HR-V ini sudah dilengkapi berbagai fitur seperti Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan tiga bagian, Normal View, Wide View, dan Top View, sehingga membantu pengendara saat parkir. 

Kemudian ada juga Front & Driver USB Port, Dual Rear USB Port, Vanity Mirror Lamp, Electrostatic Touch LED Map Light, Rear Armrest with Cupholder, dan Seatback Pocket. 

Tak kalah canggih, mobil ini juga sudah memiliki teknologi Honda Sensing, dimana teknologi ini diterapkan melalui fitur yang dapat melindungi  pengemudi dan penumpang agar dapat mengurangi risiko kecelakaan.

Teknologi Honda Sensing pada A Honda HR-V meliputi Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low SpeedFollow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Ada juga fitur keselamatan lain, seperti Honda LaneWatch, 4 Airbags, struktur rangka G-CON + ACE dengan Side Impact Beam, teknologi pengereman ABS + EBD + BA.

Selain itu ada juga Hill Start Assist, Hill Descent Control, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, dan Emergency Stop Signal, serta Seatbelt Reminder untuk setiap baris kursi.

Honda HR-V juga sudah dilengkapi dengan Remote Engine Start, Walk-Away Auto Lock, Smart Entry System dan Auto Foldable Door Mirror dengan LED Turning Signal.

Performa Mesin Honda HR-V

Lihat Keunggulan Hyundai Creta dan Honda HR-V, Sebelum Mitsubishi XFC Concept Muncul 10

Tipe RS pakai mesin turbo

Untuk jantung pacu, Honda HR-V menggendong mesin 1.5L DOHC i-VTEC yang menghasilkan tenaga 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Adapun untuk Honda HR-V 1.5L RS Turbo tenaga dan torsi lebih besar yaitu 177 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm pada 1.700-4.500 rpm.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Harga tukar tambah yang adil

Hyundai Creta Active M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru