window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelengkapan Fitur Facelift Daihatsu Ayla 2020, Apa Saja yang Bertambah?

Bent Aulia · 6 Sep, 2020 18:00

Kelengkapan Fitur Facelift Daihatsu Ayla 2020, Apa Saja yang Bertambah? 01

Akibat pandemik COVID-19 di Indonesia, facelift Daihatsu Ayla diperkenalkan pada bulan April lalu. Beberapa kelebihannya termasuk peningkatan fitur yang ditawarkan. Dengan harga Daihatsu Ayla 2020 dimulai dari Rp102 jutaan, intip kelengkapan fitur Daihatsu Ayla terbaru di Indonesia.

Fitur baru Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla memang sudah pernah mendapatkan facelift sebelumnya. Pada ubahan minor kedua ini, Daihatsu menambahkan berbagai sistem dan teknologi baru pada mobil Ayla. Ini dia tambahan fitur bagi konsumen di Indonesia

1. Head Unit Layar Sentuh 2DIN

Ubahan paling signifikan pada interior Daihatsu Ayla terbaru menawarkan desain yang lebih mewah dibandingkan generasi sebelumnya. Daihatsu akhirnya menanamkan head unit 7 inci yang bisa dihubungkan dengan MP3, DVD, USB, Bluetooth, serta pengaturan Aux.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kelengkapan Fitur Facelift Daihatsu Ayla 2020, Apa Saja yang Bertambah? 01

Walaupun tidak terlalu besar, tapi peningkatan ini sangat terasa mengingat harga Daihatsu Ayla yang sangat terjangkau. Tampilannya menjadi lebih modern tanpa ada tombol pengaturan gaya kenop putar yang biasa terlihat pada Ayla keluaran sebelumnya.

Kelebihan lainnya adalah audio switch yang diberikan pada setir. Kepraktisan berkendara terasa dengan kemudahan mengatur fitur di dalam kabin, mulai dari mengatur vlume suara, mode fitur, serta mengubah saluran radio.

2. Pengaturan AC Digital

Bersamaan dengan kehadiran head unit layar sentuh, Ayla akhirnya mendapatkan pengaturan AC Digital. Ubahan baru ini tentu saja mempermudah pengaturan dan meningkatkan kenyamanan selama berkendara.

Kelengkapan Fitur Facelift Daihatsu Ayla 2020, Apa Saja yang Bertambah? 02

Bahkan ubahan baru dari AC Digital yang ditanamkan pada dashboard Daihatsu Ayla memberikan kesan yang lebih stylish ketika berada di dalam mobil. Pengaturannya lebih modern dibandingkan tombol konvensional yang terdapat pada model Ayla sebelumnya.

Selain untuk kemudahan, fitur ini juga mempengaruhi tampilan Ayla yang terasa lebih mewah dibandingkan sebelumnya. Pasalnya model AC Digital sebagian besar baru terasa pada mobil-mobil seharga Rp200 jutaan.

3. Retractable mirror

Meskipun tak signifikan terhadap pengendaraan, namun tambahan fitur retractable mirror pada Ayla memberikan kepraktisan tambahan ketika berkendara. Pengemudi tak perlu lagi mengatur posisi spion samping secara manual ketika akan memarkirkan kendaraan.

Kelengkapan Fitur Facelift Daihatsu Ayla 2020, Apa Saja yang Bertambah? 03

Cukup dengan menekan tombol pada dashboard, maka spion samping Daihatsu Ayla bisa melipat secara otomatis. Dan ketika akan berkendara lagi, maka spion akan kembali pada posisinya semula. ‘Keselamatan’ spion akan terjaga, apalagi ketika memarkirkan kendaraan di tempat yang sempit.

4. Kamera parkir mundur

Salah satu fitur lanjutan bagi sistem keselamatan berkendara ini bisa diberikan berkat kehadiran head unit baru dari Ayla. Fitur ini bahkan sudah umum diberikan bagi kendaraan dengan head unit 2DIN yang bisa memutar video.

Kelengkapan Fitur Facelift Daihatsu Ayla 2020, Apa Saja yang Bertambah? 04

Keunggulan dari kamera parkir mundur yang ditambahkan pada facelift Daihatsu Ayla adalah kemudahan ketika akan memarkirkan kendaraan. Seperti namanya, kamera di belakang akan menangkap tampilan kondisi di belakang kendaraan.

5. Sensor parkir belakang

Bukan hanya kamera parkir mundur, tapi Daihatsu Ayla juga akhirnya mendapatkan sensor parkir belakang. Fitur ini akan sangat membantu ketika akan memarkirkan kendaraan, terlebih bagi pengemudi baru yang sedang berada di jalanan yang sempit.

Kelengkapan Fitur Facelift Daihatsu Ayla 2020, Apa Saja yang Bertambah? 05

Pada saat memundurkan kendaraan, maka sensor akan berbunyi ketika mendeteksi halangan di belakang kendaraan. Sebagai salah satu fitur keselamatan, sensor parkir akan mengantisipasi benturan dengan mendeteksi halangan yang tidak tertangkap kamera belakang.

Kelengkapan fitur Daihatsu Ayla

Tambahan yang diberikan termasuk fitur-fitur yang sudah diberikan kepada Daihatsu Ayla sejak facelift pertama yang diperkenalkan tahun 2017 silam. Varian tertinggi Ayla sudah mendapatkan sabuk pengaman di semua baris, side impact beam, serta immobilizer dan alarm.

Kelengkapan Fitur Facelift Daihatsu Ayla 2020, Apa Saja yang Bertambah? 06

Daihatsu Ayla juga sudah dilengkapi dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) serta Electronic Brakeforce Distribution (EBD) pada varian Ayla 1.2L. Sedangkan sistem keselamatan pasif termasuk Dual SRS Airbag yang mencegah cedera berlebih ketika terjadi benturan.

Sayangnya jika dibandingkan dengan saudaranya Toyota Agya, beberapa fitur memang masih belum terlihat pada mobil Ayla terbaru. Fitur tersebut seperti sistem start/stop engine guna menambah efisiensi bahan bakar serta pengaturan keyless entry yang lebih mewah.

Kelengkapan Fitur Facelift Daihatsu Ayla 2020, Apa Saja yang Bertambah? 07

Sedangkan dari segi mesin, Ayla masih menggunakan teknologi mesin yang sama. Ada dua pilihan mesin 1.0L 3-silinder bertenaga 65 PS dan torsi puncak 86 Nm, serta mesin 1.2L 4-silinder dengan keluaran 88 PS dan 108 Nm torsi maksimal.

Dengan harga yang diberikan, Daihatsu Ayla 2020 masih menjadi pilihan mobil perkotaan paling terjangkau dengan beragam fitur yang ditawarkan. Ubahan kedua kalinya menawarkan peningkatan yang membuat Ayla lebih aman dan nyaman ketika diajak berkendara bersama keluarga.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil