window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

4 Mobil Baru di Bawah Rp150 Juta, Mulai dari Daihatsu Ayla 2023 Sampai Daihatsu Sigra Siap Dipilih Buat Lebaran

Enda · 1 Mar, 2024 16:03

Mobil baru di bawah Rp150 juta

Tak sedikit konsumen di Indonesia yang mencari mobil baru di bawah Rp 150 juta ketimbang mereka membeli mobil bekas.

Alasannya pun cukup rasional, menjatuhkan pilihan pada mobil baru selain karena tampilan lebih modern, mesinnya sudah menggunakan teknologi yang membuat lebih hemat bahan bakar, serta tidak perlu repot melakukan perbaikan yang masif selama 4-5 tahun ke depan.

Kebutuhan akan mobil baru ini juga biasanya melonjak seiring mendekati Hari Raya Idul Fitri.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Keinginan mudik ke kampung halaman bersama seluruh famili dengan mempertimbangkan budget lebih ekonomis jika membawa mobil pribadi daripada harus naik transportasi umum seperti kereta atau pesawat terbang, jadi pemicunya.

Lonjakan angka penjualan mobil baru jelang Lebaran juga kerap ditunjang dari para Agen Pemegang Merek (APM) yang berlomba-lomba memberikan promo potongan harga terbaik atau kemudahan kredit dengan DP ringan.

Kedua kondisi yang saling berkaitan tersebut, tentunya akan menguntungkan konsumen karena jadi punya pilihan lebih banyak.

Bicara mobil baru, untuk kategori menengah rata-rata harga yang ditawarkan kini berada di atas Rp250-300 juta.

Tapi bukan berarti tidak ada pilihan mobil baru di bawah Rp 150 juta, meskipun mengkin opsinya lebih sedikit daripada mobil baru dengan harga di atas itu.

Walau demikian jangan jadi kecil hati, jika kalian cuma memiliki budget tidak lebih dari Rp150 juta, kami punya beberapa pilihan model mobil baru mulai dari city car hingga LMPV.

Ingin tahu apa saja pilihannya? Simak ulasan berikut.

Baca juga: 6 Pilihan Mobil Baru MPV Harga Rp200-250 Jutaan Buat Mudik Lebaran

1. Daihatsu Ayla 1.0

Mobil baru di bawah Rp150 juta

Daihatsu Ayla 1.0 M

PT Astra Daihatsu Motor meluncurkan generasi kedua Ayla lewat ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023.

Menempati segmen LCGC 5-seater, sebagai tipe terendah Ayla 1.0 M kondisi baru saat dibandrol Rp135 juta OTR Jakarta.

Berbekal teknologi DNGA (Daihatsu New Global Architecture) pada struktur rangka yang digunakan, mobil ini memiliki kabin lebih luas, serta hemat dalam hal penggunaan bahan bakar. 

Selain itu platform DNGA menghasilkan stabilitas berkendara lebih baik dan handling semakin rigid berkat suspensi dengan teknologi baru, serta kabin yang kian senyap. 

Sebagai tipe terendah, varian ini masih mengandalkan bohlamp halogen, serta velg kaleng yang ditutupi dop pada bagian eksterior.

Tak hanya itu, untuk spionnya juga tidak dilengkapi electric mirror serta belum ada rear wiper dan high mount stoplamp.

Meski begitu, di bagian dalamnya mobil ini berhasil dilengkapi headunit yang mendukung format seperti USB dan AUX, AC, power window di semua jendela Serta Electronic Power Steering (EPS).

Dari segi keselamatan berkendara, Ayla 1.0 M memperoleh dual SRS airbags di depan, front seatbelt with pretensioner.

Untuk jantung pacunya, mobil ini dibekali mesin 1KR-VE DOHC 998 cc 3-silinder segaris dengan teknologi VVT-i.

Di atas kertas, mesinnya sanggup meletupkan tenaga 62 PS di 6.000 rpm dengan torsi 89 Nm pada 4.400 rpm yang dipadukan transmisi manual 5-percepatan.

Baca juga: Transmisi Manual Makin Tersisih, Ini Alasan Mobil Baru Kebanyakan Menggunakan Transmisi Matic

2. Daihatsu Ayla 1.0 X

Mobil baru di bawah Rp150 juta

Daihatsu Ayla 1.0 X

Menempati posisi satu tingkat di atas Ayla 1.0 M, harga baru Ayla 1.0 X dengan transmisi manual 5-percepatan per 2024 ditawarkan seharga Rp147,9 juta.

Tampil lebih stylish, mobil ini sudah menggunakan velg alloy 14 inci, spion dengan pengaturan electric, serta rear wiper dan high mount stoplamp pada bagian buritan.

Menilik bagian dalam, mobil ini mendapat tambahan tachometer pada panel instrument, serta cup holder di baris keduanya.

Bicara keamanan berkendara, model ini sudah mendapatkan remote alarm. 

Dari segi performa, Ayla 1.0 X serupa dengan varian dibawahnya yaitu berbekal mesin 1KR-VE DOHC 998 cc 3-silinder segaris dengan teknologi VVT-i, yang sanggup meletupkan tenaga 62 PS di 6.000 rpm dengan torsi 89 Nm pada 4.400 rpm.

3. Daihatsu Sigra 1.0 D

Mobil baru di bawah Rp150 juta

Daihatsu Sigra 1.0 D

Sebagai LMPV entry-level, Daihatsu Sigra D 1.0 untuk harga barunya per Maret 2024 diniagakan Rp138 juta.

Varian terendah Sigra ini umumnya digunakan sebagai taksi online dan kendaraan operasional perusahaan, tapi bukan berarti tak layak dimiliki pribadi sebagai mobil keluarga.

Sebagai tipe paling bawah, secara fitur DaihatsuSigra 1.0 D masih sangat sederhana.

Seperti yang terlihat pada fasadnya, untuk lampu utama masih mengandalkan bohlamp halogen serta tidak dilengkapi foglamp.

Untuk pengaturan spionnya pun masih dilakukan secara manual dari luar, serta lingkar rodanya yang menggunakan velg kaleng 13 inci tanpa ditutup dop. 

Buritannya mobil ini tidak dibekali rear wiper, reflektor stoplamp pada garnish dan di bagian atas antennanya masih menggunakan model pole.

Walaupun begitu, mobil ini sudah mendapatkan sistem hiburan, AC di bagian depan serta power window untuk semua jendelanya.

Untuk memudahkan pengemudi, mobil ini sudah diaplikasikan fitur Electronic Power Steering (EPS).

Terasa ergonomis, semua barisnya mendapatkan cup holder di bagian door trim.

Seperti Ayla baru, Sigra 1.0 D dibenamkan mesin berkapasitas 998 cc dengan 1KR-VE.

Mengenai performa yang dihasilkan, mesin dengan teknologi Electronic Fuel Injection 12-valve 3 Silinder Segaris, DOHC, VVT-i tersebut sanggup merilis tenaga di angka 67 PS di putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal mencapai 89,25 Nm dengan angka 4.400 rpm.

Untuk gearbox, mobil ini cuma hadir dengan transmisi manual 5-percepatan.

Baca juga: 6 Hal Sepele Tapi Penting Saat Melakukan Test Drive Mobil Baru atau Bekas

4. Daihatsu Sigra 1.0 M

Mobil baru di bawah Rp150 juta

Daihatsu Sigra 1.0 M

Selisih Rp10,6 juta dari tipe D, harga baru Daihatsu Sigra 1.0 M saat ini dijual Rp143,6 juta.

Secara tampilan, varian ini sedikit lebih mewah dibandingkan tipe dibawahnya.

Terlihat untuk bagian luarnya, Sigra 1.0 M berhasil diaplikasikan velg dengan ukuran lebih besar yakni 14 inci berbahan dasar besi yang sudah dilengkapi wheel cap.

Ada juga mud guard, shark fin antenna di atap kendaraan, serta cover spion yang dicat sewarna body. Di belakang, tipe M berhasil disematkan rear wiper.

Untuk kabinnya, Sigra M terasa lebih comfortable dimana pada baris pertama joknya dibuat seolah menyambung sehingga mampu memberikan posisi duduk yang lebih leluasa dengan tambahan arm rest. 

Speedometer pun terlihat lebih mewah berkat adanya ECO indikator dengan silver ring ornament pada meter cluster, jam digital, layar MID, serta tachometer. 

Pada center clusternya tipe ini mendapat tambahan smartphone pocket yang diletakan tepat di bawah in-dash transmission.

Baris kedua, tipe ini mendapatkan air circulator yang diletakkan di plafon antara baris pertama dan keduanya guna menyalurkan udara sejuk dari bagian depan hingga penumpang di baris ketiga. 

Terasa lebih akomodatif, mobil ini memperoleh port charging di baris kedua, seat back door pocket di belakang jok pengemudi dan penumpang depan, rear room lamp, serta central door lock.

Soal fitur keselamatan dan keamanan, tipe ini berhasil dilengkapi rear parking sensor, immobilzer, serta integrated key & remote. 

Mengenai dapur pacu dan performa, tipe ini sama seperti varian dibawahnya.

Kesimpulan

Pilihan mobil baru di bawah Rp 150 juta mungkin memang tidak banyak, karena hanya Daihatsu yang sanggup menyajikan kebutuhan kelas entry level tersebut.

Namun dengan mempertimbangkan beberapa faktor yang sudah dijelaskan sebelumnya, seperti desain yang lebih kekinian, beberapa teknologi yang sudah modern misalnya kemampuan headunit untuk terkoneksi dengan ponsel, rasanya mobil-mobil ini masih snagat layak dipertimbangkan.

Terlebih untuk kalian yang baru kali pertama punya mobil dan mungkin belum punya pengetahuan cukup banyak tentang teknis sebuah kendaraan.

Dengan adanya kemudahan perawatan karena tersedia garansi dan layanan free service, teknologi mesin yang membuatnya jadi lebih hemat bahan bakar, serta fasilitas emergency service 24 jam saat terjadi kondisi darurat, maka membeli mobil-mobil baru ini dirasa cukup value for money.

Jadi sepertinya, pilihan mobil baru di bawah Rp 150 juta sebagai first car saat mendapatkan budget lebih ketika ada dana THR atau bonus dari kantor adalah pilihan bijak.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil