Kesan Pengguna Suzuki Vitara Brezza

Setelah SUV yang berasal dari China, Wuling Almaz, resmi mengaspal di dalam negeri, Vitara Brezza dari Suzuki yang berada di segmen sama pun terindikasi akan diperkenalkan juga.

Tapi sebelum model tersebut dipajang untuk pasar Indonesia, mari kita lihat dulu apa pendapat para pemilik Suzuki Vitara Brezza di luar negeri terkait kelebihan dan kekurangan mobil ini.

Apa yang akan tersedia di Suzuki Vitara Brezza versi Indonesia?

Menurut info di halaman resminya, Suzuki Vitara Brezza diperkirakan akan meluncur bulan Januari 2020 di Indonesia dan dikenalkan dengan tiga varian yang harganya dibanderol mulai dari Rp 152,8 juta sampai Rp 207,7 juta.

Di balik kap mesinnya, terpasang mesin Diesel DOHC berkubikasi 1.248 cc empat silinder yang mampu menyemburkan tenaga hingga 88PS pada 4.000 rpm dan torsi maksimum 200Nm pada 1.750 rpm yang disalurkan dengan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis berupa Automatic Gear Shift (AGS) seperti yang ada pada mobil Ignis.

Kelebihan Mobil Vitara Brezza

Eksterior

 

Tampilan Brezza sangat personal. Ada sebagian orang yang menyukainya, ada juga yang tidak. Seperti saya yang menyukai tampilannya dari depan dan samping. Dari belakang, menurut saya oke, mungkin karena lampu belakangnya. Saya rasa, lampu belakangnya seharusnya lebih besar.

Bicara masalah eksterior, itu hal paling menarik bagi siapa saja tentang mobil. Kesan pertama tentang Brezza menjadikannya layak dibeli. Bumper depannya terlihat seperti bumper SUV yang sempurna. Lampu LED TANDUK KERBAU-nya sangat memikat, nyalakan saja di kondisi temaram, maka orang-orang akan menoleh secara otomatis. Serius, lampu Suzuki Vitara Brezza sudah sangat keren buat siapa pun.

Dari luar mobil Vitara Brezza kelihatan keren, macho/bertubuh kekar, sehingga menarik perhatian kalangan muda dengan DRL bagian depan dan belakangnya, postur tinggi.

Dengan dua warna, tampilannya luar biasa, terutama dengan kombinasi merah & hitam mirip Range Rover Evoque.

Interior

Bagian interior Vitara Brezza sangat bagus. Mobil Brezza punya saya tipe ZDI+, jadi kaya dengan fitur, di antaranya Cruise Control, Auto Headlights, wiper yang bisa mendeteksi hujan, dll. Ruangnya cukup untuk 4 orang dewasa dan mungkin satu orang anak.

Interior Brezza tampil menarik, dengan sistem infotainment yang mudah digunakan, kotak sarung tangan, saklar-saklar, dsb, tetapi kualitas plastiknya memuaskan, walaupun tetap kelihatan bagus.

Suzuki Vitara Brezza sangat-sangat lega. Lebih baik kita bicara di dalam dan membahas tentang ruang kabinnya daripada membicarakannya hanya dengan melihat foto-fotonya, karena ruang kabinnya, pada kenyataannya, jauh lebih besar daripada yang terlihat di foto.

Kursinya nyaman, ketinggian tempat duduknya bagus dan dari kaca depan Anda bisa menikmati jarak pandang yang luas, itu tentu saja salah satu keunggulan utama mobil ini.

Mobil Vitara Brezza ini melimpah dengan fitur-fitur baru, seperti tombol start/stop button, cruise control, player layar sentuh dengan kamera car play/reverse, panel instrumen multi warna, sandaran tangan di depan dan belakang, kursinya sangat nyaman walaupun tinggi badan saya ±180 cm, AC-nya sangat cepat dinginnya, kursi belakangnya bisa diduduki 3 orang dengan nyaman, ruang bagasinya besar dan lebar, dan kita bisa merebahkan kursi belakang untuk mengeluarkan barang di bandara.

Performa Mesin, Efisiensi BBM dan Transmisi Mobil

Mesin yang diusungnya gahar setelah 2000 RPM. Terasa kalau Vitara Brezza memberikan tenaga sesuai permintaan. Lewat gigi 2 ke atas, tiba-tiba dia jadi bertenaga.

Efisiensi BBM - Konsumsi BBM Vitara Brezza saya rata-rata 16km/L+, tapi hari ini saya kaget sewaktu di perjalanan dari rumah ke Terminal, pagi hari sekitar jam 6:30. Lalu lintasnya padat dan, yang luar biasanya, konsumsi BBM bisa mencapai 28Km/ltr sekali waktu, pas pulang ke rumah. Senang sekali perasaan saya.

Mesinnya ENTENG BANGET. Anda tidak akan tahu ketika kecepatan mencapai 100kmpj. Kabinnya sunyi sekali, sampai-sampai Anda tidak akan merasa sedang mengendarai mesin diesel. Transmisinya halus dan pedal koplingnya enteng sekali, ini yang tidak dimiliki pesaingnya. Saya sudah mengendarainya sampai 200km, dan efisiensi BBM-nya di awal-awal sekitar 14,5km per liter.

Kualitas Berkendara & Handling

Handing-nya bagus. Setirnya sangat enteng dibandingkan mobil Chevy yang juga saya miliki. Kualitas berkendaranya bagus, kecuali ketika mengerem. Remnya kurang pakem dan mungkin itu sebabnya sering loncat.

KUALITAS BERKENDARA SANGAT HALUS. Handlingnya bagus. Sunyi senyap. Tapi suspensinya terasa kaku, jadi kalau duduk di belakang, Anda bakal merasakan jalan yang tidak rata dan saat pengereman. Mobil ini paling pas buat yang berkendara tiap hari di jalan tol dengan kecepatan minimal sekitar 80kmpj.

Kalau Anda menginginkan performa terbaik dari Brezza, bawa 5 penumpang, penuhi bagasinya, terus masuk ke jalan tol. Anda bakal merasakan pengalaman terbaik.

Kekurangan mobil Vitara Brezza

Interior

Satu hal yang membuat saya tidak puas dan tidak senang sama sekali tentang Suzuki Vitara Brezza adalah kualitas bahannya dari dalam, yang sangat buruk dibandingkan mobil lain yang saya punya. Semua materialnya bisa ditekan dengan jari atau sedikit tekanan, sama sekali tidak ada plastik lembut, semuanya berbahan plastik yang murah dan berkualitas rendah.

Mesin 

Tenaga mesin Vitara Brezza kurang, saya sudah berkali-kali ke beberapa mal, ketika keluar dari basement, rasanya tenaga kendaraan ini kurang. Juga efisiensi BBM yang mereka klaim itu tidak sesuai kenyataan. Konsumsi BBM saya 14 sampai 15 km per liter di tengah kota.

Mobil Vitara Brezza terasa ada jeda tenaga turbo di mesinnya, tenaganya cuma keluar pas RPM menyentuh angka 2000 rpm.

Fitur-fitur seperti konektivitas ke handphone memang bagus, dan dia juga mendukung apple play, tapi tidak mendukung android play. Produsennya perlu mempertimbangkan itu juga. Sistem musiknya kelihatan kurang maksimal, Mesinnya tidak cocok untuk mobil ini.

Servis Suzuki Luar Negara

Saya kecewa sekali dengan mobil Brezza ini. Dari hari pertama, saya menemui gangguan pada suspensi. Tapi saya menunggu servis pertama untuk melihat apa ada perbaikan, tapi dari hari ke hari malah tambah parah.

Saya komplain setiap kali servis tentang semua kendala pada shock absorber dan masalah getaran di body mobil, tapi mereka selalu meyakinkan saya, katanya ini bukan masalah.

Saya sudah putus asa ketika akhirnya saya berkendara ke kampung halaman bareng keluarga, pengalamannya parah banget dan menyakitkan, buat keluarga dan orang tua saya.

Keseluruhan

Anda tidak bisa berharap lebih dari Suzuki Vitara Brezza dengan harga sebesar itu dan untuk orang-orang yang percaya bahwa interior harus miliki creta. Tolong ingat satu hal, banderol harga paling murah yang dipasang creta itu sama dengan harga termahal brezza. Jadi, pertimbangkan juga masalah harga kalau mau membandingkan keduanya.

Desain eksterior, lega, kabin sunyi, pandangan depan dari kaca, kursi, tampilan interior terlihat bagus, kualitas plastik yang digunakan di bagian interior tidak jelek, tapi cukup memuaskan.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Mengetahui Konsumsi BBM Suzuki Jimny, Pantaskah Dibilang Irit? Panduan Membeli
Mengetahui Konsumsi BBM Suzuki Jimny, Pantaskah Dibilang Irit? Pagelaran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, sempat dihebohkan salah satu jenama mobil asal Jepang, di mana Suzuki kembali memperkenalkan Jimny terbaru.Sebagai mobil petualang, SUV dengan Wheelbase pendek dan bermodelkan sasis tangga ini, sudah tidak lagi menggunakan mesin kecil 1.000 cc yang dianggap kurang bertenaga.Pada Jimny generasi keempat, Suzuki telah menanamkan mesin baru berkodekan K15B pada SUV berkonfigurasi empat penumpang ini. Yang mana diketahui mesi
Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Reviews
Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Toyota C-HR mungkin kalah pamor dengan beberapa crossover merek lain yang ada di Indonesia. Mungkin bagi banyak orang, mobil seharga Rp509 jutaan ini kemahalan. Untuk model yang lebih valuable, masih ada Honda HR-V yang tak kalah keren.Sekalipun mahal, Toyota C-HR bukan berarti tidak menarik. Mobil ini menawarkan suatu kenikmatan fun to drive ala Toyota. Penampilannya lebih agresif dengan sudut-sudut tegas.Sebelum membahas soal impresi berkendara, kita harus tahu juga spesifikasi Toyota C-HR yan
 Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Berita
Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Toyota Corolla Cross akhirnya resmi meluncur di Thailand. Belakangan ini kabar mengenai calon mobil baru Toyota ini memang cukup menghebohkan dunia maya. Selain menjadi mobil dengan model baru, produk SUV ini juga heboh karena menggunakan sebuah nama yang sudah eksis dan sukses akan model sedan Toyota. Nyaris tak ada DNA Corolla sedan pada mobil ini. Wajar saja karena mobil baru ini adalah SUV. Hanya saja, kesamaannya adalah rancang bangun yang menganut Toyota New Global Architecture (
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Berita
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Mercedes-Benz S-Class yang merupakan sedan flagship merek three pointed star ini memiliki infotainment canggih. Bernama Mercedes-Benz User Experience atau disingkat MBUX, fitur ini sudah menjadi gebrakan saat pertama kali diperkenalkan saat 2018 silam.Nah, baru saja Mercedes-Benz memperkenalkan generasi terbaru dari MBUX. Walau teknologi MBUX generasi pertama masih jauh dari kata usang atau bahkan ketinggalan zaman, namun pabrikan asal Jerman ini tetap memberikan peningkatan kemampuan infotainmn
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Panduan Membeli
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Sejak Wuling Confero diperkenalkan pada 2017 silam, kehadirannya langsung menggebrak segmen MPV keluarga Tanah Air. Bersaing dengan Ertiga dengan harga mulai dari Rp205 jutaan, spesifikasi Wuling Confero S yang dibanderol Rp197 jutaan hampir sama baiknya.DimensiMobil Wuling Confero masuk ke dalam segmen Low MPV dengan dimensi yang hampir sama dengan Ertiga. Tapi kabin Confero cukup lapang dengan wheelbase 2.720 mm. Namun keunggulan Confero S adalah kapasitas bagasi yang terbaik dibandingkan segm

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik