Selisih Rp1 Juta, Apa Saja Perbedaan Fitur Keselamatan Peugeot 5008 vs Mazda CX-8?

Bent Aulia · 15 Sep 2020 12:00

Harga Peugeot 5008 2020 yang dibanderol Rp745 jutaan hanya selisih Rp1 jutaan saja dengan varian tertinggi Mazda CX-8 yang dihargai Rp746 jutaan. Sama-sama menawarkan pilihan 7-seater, bagaimana perbandingan kedua model ini dalam hal fitur keselamatan?

Fitur Keselamatan Peugeot 5008

Sebagai salah satu SUV premium milik Peugeot di Indonesia, 5008 tentu saja menawarkan teknologi tercanggih Peugeot di Tanah Air. Meskipun ada beberapa fitur yang dihilangkan, tapi kelengkapannya terasa sangat membantu pengendaraan.

Selain 6 airbag sebagai sistem keselamatan standar, fitur Peugeot 5008 terbaru juga sudah mendapatkan teknologi Speed Limit Recognition System, Lane Departure Warning, Driver Attention Alert serta kamera belakang 180 derajat.

Keunggulan dari sistem keselamatan Peugeot 5008 termasuk sistem Advanced Grip Control yang memberikan rasa aman ketika berkendara di jalanan off-road, termasuk lumpur, pasir, dan salju. Sistem ini juga menawarkan fitur Hill Assist Descent Control ketika melewati lereng yang curam.

Semua kelengkapan yang diberikan pada New Peugeot 5008 Allure Plus menghasilkan rating bintang lima ketika mobil ini melalui uji tabrakan oleh Euro NCAP (European New Car Assessment Programme) pada tahun 2017 silam.

Fitur Keselamatan Mazda CX-8

Fitur standar yang juga diberikan pada Mazda CX-8 2020 berupa sistem pengereman ABS+EBD+BA yang sangat membantu ketika menghadapi jalanan yang licin setelah hujan. Yang terbaru dari CX-8 adalah sistem i-Activsense sebagai bagian dari kelengkapan sistem keselamatan yang ditawarkan Mazda. 

Fitur Mazda CX-8 yang digunakan termasuk Blind Spot Monitoring (BSM), Lane Departure Warning System (LDWS), Lane Keep Assist System, Smart City Brake Support, serta Pedestrian Brake bahkan Driver Attention Alert yang bisa ditemukan pada 5008.

Mazda yang dikenal karena gaya berkendara yang fun-to-drive tak ketinggalan menawarkan berbagai sistem kontrol pada CX-8. Fitur Mazda CX-8 termasuk Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control, hingga Hill Launch Assist.

Adalah sistem G-Vevtoring Control (GVC) yang menjadi pembeda kedua model ini. Fitur ini merupakan representasi Mazda dalam memberikan kenyamanan dan pengendaraan yang menyenangkan dengan memudahkan handling CX-8 ketika berada di jalanan berbelok.

Kesimpulan

Meskipun dibanderol lebih terjangkau dibandingkan Peugeot 5008, jelas terasa bagaimana Mazda CX-8 menawarkan berbagai teknologi dan fitur keselamatan. Memberikan pengendaraan yang menyenangkan layaknya model Mazda lainnya yang dipasarkan di Indonesia.

Komentar

Mobil Terbaru