Ada Diskon PPnBM, Beli Honda Brio RS 2021 Baru Jauh Lebih Untung Daripada Mobil Bekas

Enda · 18 Mar, 2021 15:00

Ada Diskon PPnBM, Beli Honda Brio RS 2021 Baru Jauh Lebih Untung Daripada Mobil Bekas 01

Diler Toyota

Pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri Perindustrian (Menperin) dalam upaya membangkitkan kinerja industri otomotif di Tanah Air, memberikan relaksasi PPnBM. Kebijakan diskon PPnBM berlaku untuk 21 model Kendaraan Bermotor (KB) yang dilaksanakan mulai Maret 2021 hingga beberapa bulan ke depan dengan berbagai tahapan. Hal ini dilakukan untuk kembali membangkitkan gairah otomotif nasional yang sempat lesu akibat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.

Disebutkan dalam Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor dengan PPnBM atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah, ditanggung oleh Pemerintah pada Tahun Anggaran 2021.

Upaya pemerintah dalam pemberian insentif fiskal berupa diskon PPnBM ini tentunya tidak hanya memberikan dampak pada sektor industri kendaraan baru. Para pegiat mobil bekas juga merasakan imbasnya meskipun dianggap tidak terlalu signifikan.

Ada Diskon PPnBM, Beli Honda Brio RS 2021 Baru Jauh Lebih Untung Daripada Mobil Bekas 02

Bursa mobil bekas

“Mobil bekas punya pasar tersendiri. Bulan ini (Maret) ada peningkatan sekitar 30% penjualan pada mobil bekas dari bulan lalu. Bicara relaksasi PPnBM, penjualan mobil bekas selama hampir satu bulan program pemerintah ini memang ada beberapa dampaknya meski tidak signifikan,” ujar Yudi, selaku Area Manager bursa mobil bekas Carsentro Semarang.

Yudi pun menambahkan, selisih harga mobil bekas dengan mobil baru jika membeli secara kredit maupun cash memang tidak terlalu banyak, itupun khusus untuk kendaraan yg mendapatkan PPnBM.

"Untuk mobil yang mendapat relaksasi PPnBM konsumen akan lebih memilih membeli mobil baru," imbuhnya.

Baca juga: Toyota Innova Dapat Relaksasi PPnBM, Ini Skema Cicilan Kreditnya

Harga Honda Brio RS Baru Vs Harga Honda Brio RS Bekas

Ada Diskon PPnBM, Beli Honda Brio RS 2021 Baru Jauh Lebih Untung Daripada Mobil Bekas 03

Honda Brio RS Urbanite Edition

Honda Brio RS merupakan salah satu kendaraan yang mendapatkan relaksasi PPnBM selama beberapa bulan ke depan. Bicara mengenai harga barunya, hatchback kompak besutan pabrikan otomotif Jepang ini dibandrol Rp179.800.000 hingga Rp200.200.000 setelah diberikan insentif fiskal berupa diskon PPnBM oleh pemerintah.

Harga kondisi bekasnya, diketahui Brio RS produksi 2020 dari beberapa iklan pada marketplace kini ditawarkan mulai dari Rp160.000.000 sampai dengan Rp178.000.0000.

Harga Honda Brio 2021 Diskon PPnBM
Model Harga Normal Diskon PPnBM Harga Setelah PPnBM
Honda Brio RS MT Rp190.000.000 Rp10.200.000 Rp179.800.000
Honda Brio RS CVT Rp206.000.000 Rp11.300.000 Rp194.700.000
Honda Brio RS MT Urbanite Edition - - Rp185.800.000
Honda Brio RS CVT Urbanite Edition - - Rp200.200.000

Relaksasi PPnBM, Waktu yang Tepat Untuk Membeli Mobil Baru?

Ada Diskon PPnBM, Beli Honda Brio RS 2021 Baru Jauh Lebih Untung Daripada Mobil Bekas 04

Beli mobil baru

Melihat pada kasus Honda Brio RS, secara konklusi ini merupakan waktu yang tepat untuk membeli mobil baru. Memiliki sedikit perbedaan harga antara kondisi baru dan bekasnya, konsumen akan lebih memilih untuk membeli kendaraan baru.

Baca juga: Beli Mobil Hybrid Sekarang, Sebelum Harganya Naik Akibat PPnBM

Berikut daftar 21 kendaraan roda empat yang berkesempatan merasakan relaksasi PPnBM selama beberapa bulan ke depan:

1. Toyota Yaris

2. Toyota Vios

3. Toyota Sienta

4. Daihatsu Xenia

5. Toyota Avanza

6. Daihatsu Grand Max Minibus

7. Daihatsu Luxio

8. Daihatsu Terios

9. Toyota Rush

10. Toyota Raize

11. Daihatsu Rocky

12. Mitsubishi Xpander

13. Mitsubishi Xpander Cross

14. Nissan Livina

15. Honda Brio RS

16. Honda Mobilio

17. Honda BRV

18. Honda HRV

19. Suzuki Ertiga

20. Suzuki XL7

21. Wuling Confero

Alasan Kenapa Lebih Memilih Untuk Membeli Mobil Baru?

Dapat Fasilitas Servis Gratis

Ada Diskon PPnBM, Beli Honda Brio RS 2021 Baru Jauh Lebih Untung Daripada Mobil Bekas 05

Servis mobil

Jika kalian berencana membeli mobil baru, maka akan mendapatkan fasilitas servis gratis untuk beberapa kali layanan hingga batas waktu tertentu. Selain itu, kalian juga bisa menanyakan langsung secara detail mengenai fasilitas service gratis yang diberikan ini kepada diler. Servis mobil baru ini cendereung lebih mudah, karena umumnya pemilik hanya melakukan penggantian oli dan servis mesin ringan yang mana hingga 50.000 km masih dibebaskan biaya jasa perbaikan.

Mendapatkan Garansi

Ada Diskon PPnBM, Beli Honda Brio RS 2021 Baru Jauh Lebih Untung Daripada Mobil Bekas 06

Kelebihan lain dari membeli mobil baru ialah garansi yang diberikan oleh pabrikan. Tentunya ini sangat menguntungkan bagi kalian. Karena pabrikan memberikan jaminan yang umumnya terdiri dari garansi mesin, garansi bodi mesin serta garansi suku cadang.

Premi Asuransi Lebih Murah

Ada Diskon PPnBM, Beli Honda Brio RS 2021 Baru Jauh Lebih Untung Daripada Mobil Bekas 07

Perlu kalian ketahui, premi untuk asuransi mobil baru jauh lebih murah ketimbang mobil bekas atau mobil lama. Sebab kemungkinan terjadinya kerusakan pada mobil baru sangatlah kecil terjadi. Untuk itu, pihak asuransi berani memberikan premi yang murah.

Merasa Lebih Puas

Ada Diskon PPnBM, Beli Honda Brio RS 2021 Baru Jauh Lebih Untung Daripada Mobil Bekas 08

Membeli mobil baru, rasanya akan lebih menyenangkan. Hal ini dikarenakan memengaruhi psikologis seseorang yang bisa menimbukan rasa senang dan puas. Disisi lain, rasa senang ini timbul karena mobil belum pernah digunakan, sehingga tidak ada kerusakan mobil akibat suatu kejadian. Selain itu, kalian tidak perlu khawatir akan adanya kerusakan, karena mobil baru pasti memiliki kualitas yang lebih baik dari mobil bekas.

Kesimpulan

Dengan adanya diskon PPnBM ini, bisa kalian manfaatkan untuk membeli mobil baru. Hal ini dikarenakan harga mobil baru dengan mobil bekas lansiran tahun 2020 memiliki selisih harga yang sedikit jika melihat kasus Honda Brio RS di atas.

Membeli mobil baru juga akan merasa lebih terjamin, karena tidak perlu khawatir mobil tersebut bekas nabrak, banjir, maupun bermasalah. Selain itu, dengan membeli mobil baru pemilik akan mendapatkan garansi, asuransi lebih murah, serta layanan servis gratis. Disisi lain, dengan membeli mobil baru juga dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi pemilik.

Sebagai informasi, selama 2021 ini besaran dikon PPnBM yang diberikan pemerintah terdapat beberapa tahapan. Juni sampai dengan Agustus 2021 sebesar 50 persen dan September hingga Desember 2021 hanya 25 persen saja. Kapan lagi membeli mobil baru dengan harga murah kalau bukan sekarang?

Baca juga: Harga Honda Brio RS 2021 Diskon PPnBM Ditambah Potongan Diler

Komentar

Up to 20% higher than average trade-in price

Honda Brio Satya S M/T

Upgrade

Add your car

Service powered by

Mobil Terbaru