window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Belum Ada yang Pakai Fitur ADAS, Suzuki Anggap Teknologinya Kurang Cocok

Prasetyo · 13 Jul, 2023 12:02

Belum Ada yang Pakai Fitur ADAS, Suzuki Anggap Teknologinya Kurang Cocok 01

Fitur ADAS (Advanced Driver Assistance System) merupakan perangkat keselamatan aktif yang kini semakin banyak dipasang pada kendaraan modern.

Meskipun sama-sama ADAS, namun masing-masing pabrikan memberikan penamaan yang berbeda untuk fitur pelindung penumpang dari kecelakaan di jalan raya ini.

Baca juga: Ngeri...ADAS di Mobil Listrik Ini Tangkap Penampakan Hantu Saat Lewat Kuburan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Honda Sensing kamera

Kamera dan sensor untuk ADAS di Honda Civic

Misalnya di Honda yang diberi nama Honda SENSING, kemudian Toyota yang mempunyai Toyota Safety Sense (TSS), lalu ada Hyundai dengan Hyundai SmartSense.

Selain itu Wuling, Chery, dan juga KIA juga sudah menerapkan fitur ADAS pada sebagian besar kendaraan yang mereka produksi.

Tapi bagaimana dengan Suzuki?

Baca juga: Harga Setengahnya Toyota Camry, MG7 Sedan 2023 Menantang Berbekal ADAS

Suzuki Belum Terapkan Fitur ADAS

ADAS di Wuling Almaz

ADAS di Wuling Almaz

Dari beberapa mobil Suzuki yang dipasarkan di Indonesia, seperti Ertiga, XL7, bahkan Grand Vitara sekalipun belum memiliki ADAS.

Walau begitu, pihak Maruti Suzuki mengaku kalau mereka sedang mengevaluasi secara mendalam keunggulan teknologi keselamatan ini.

Tetapi CV Raman, Chief Technical Officer Maruti Suzuki India Limited menilai kalau fitur ini wajib meneliti dan mendalami penerapan teknologi tersebut dengan kondisi jalan raya di India atau negara-negara lain.

Suzuki Grand Vitara

Grand Vitara juga belum ada ADAS

"Meskipun ADAS dapat dipasang pada kendaraan kami, mungkin banyak fungsi yang tidak dapat digunakan di dalam kota, beberapa diantaranya mungkin hanya bisa dipakai di jalan tol. Oleh karena itu kami mempertimbangkan nilai kepada pelanggan untuk manfaat ADAS tersebut," katanya di kutip dari Autocar India, Kamis (13/07/2023).

Baca juga: Hyundai Verna 2023 Semakin Menarik, Pakai ADAS Harganya Lebih Murah dari Vios

ADAS Dinilai Kurang Cocok untuk India

Toyota Innova Zenix

Innova Zenix sudah ada TSS sementara Suzuki Invicto belum

Bukan cuma Indonesia, Maruti Suzuki di India juga belum menerapkan sistem ADAS ini pada semua lini produknya.

Adpaun model terakhir yaitu Suzuki Invicto yang merupakan kembaran dari Toyota Innova Hycross (Innova Zenix) sudah memiliki beberapa fitur keselamatan aktif.

Seperti Lane Keep Assist dan Adaptive Cruise Control, tapi keseluruhan fitur ADAS tidak dilekatkan seutuhnya pada mobil tersebut.

Padahal model aslinya sendiri sudah menggunakan TSS untuk unit yang dipasarkan di India.

Suzuki Baleno

Baleno juga belum ada ADAS

Mengenai hal ini Raman menjelaskan kalau ADAS belum tentu cocok utnuk penggunaan di India.

"ADAS harus relevan dengan kondisi di India, dalam arti harus bermanfaat dalam menghindari atau mengurangi kecelakaan di jalan. Oleh akrena itu kami masih mengevaluasi dan membuat pemetaannya berdasarkan relevansi kebutuhan untuk pasar kami," terang Raman.

Ucapan ini seakan berbanding terbalik dengan kendaraan-kendaraan merek lain yang beredar di Negeri Bollywood itu.

Pasalnya Hyundai maupun MG yang memasarkan produknya di negara tersebut juga sudah menawarkan teknologi ADAS pada beberapa modelnya.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil