Biaya Service Berkala Daihatsu Terios Lebih Mahal dari Toyota Rush

Dhoni · 1 Okt 2020 09:00

Daihatsu Terios yang memiliki saudara kembar yakni Toyota Rush merupakan salah satu produk andalan Daihatsu untuk meningkatkan penjualan. Keberhasilan melakukan penjualan hingga lebih dari 8.400 unit, tentunya diiringi dengan aftersales atau service berkala yang mumpuni. Lalu bagaimana perbandingan biaya perawatan berkala antara Daihatsu Terios dengan Toyota Rush.

Seperti diketahui bersama, Daihatsu Terios maupun Toyota Rush menggunakan mesin yang sama dengan Daihatsu Xenia dengan kode mesin 2 NR-VE. Mesin 4 silinder segaris 16-katup DOHC berkapasitas 1.500 cc dapat mengeluarkan tenaga 103 Ps dan torsi 136 Nm.

Memang antara Daihatsu dan Toyota Rush memiliki DNA yang sama termasuk pada mesin. Seperti diketahui bersama, Daihatsu Terios maupun Toyota Rush menggunakan mesin yang sama dengan Daihatsu Xenia dengan kode mesin 2 NR-VE. Mesin 4 silinder segaris 16-katup DOHC berkapasitas 1.500 cc dapat mengeluarkan tenaga 103 Ps dan torsi 136 Nm.

Dengan hampir banyak persamaan antara keduanya, pertanyaan yang sering terlontar adalah biaya perawatan kedua. Untuk pastinya, berikut kami jabarkan biaya perawatan berkala untuk Daihatsu Terios dan Toyota Rush.

Service Berkala Daihatsu All New Terios dan Toyota New Rush

Pada dasarnya, service berkala dilakukan secara rutin setiap 6 bulan sekali atau sesuai jarak tempuh yang telah tercapai. Langkah ini merupakan antisipasi dalam mengatasi kerusakan sejak dini. Service berkala adalah pemeriksaan dan pemeliharaan komponen pada kendaraan yang meliputi mesin, kelistrikan, sistem penggerak, sistem pembakaran, sistem pengereman, sistem kemudi, wiper dan washer hingga lampu maupun klakson.

Biaya perawatan All New Terios selama lima tahun atau 100.000km dengan total biaya 10.060.990 untuk tipe manual. All New Daihatsu Terios untuk mesin dengan transmisi otomatis membutuhkan biaya Rp 10.358.156.

Biaya tersebut sudah termasuk biaya jasa, suku cadang dan material. Biaya tersebut bisa menjadi tak terlalu berat lantaran seluruh pemilik Daihatsu New Terios mendapat bebas biaya jasa selama 3 tahun atau 50.000 km.

Sedangkan All New Toyota Rush membutuhkan biaya service New Rush A/T Rp 9.932.600 dan New Rush M/T sebesar Rp 9.801.100. Biaya dipastikan gratis jasa hingga service ke 6 atau mencapai 50.000 km dan juga telah terkena biaya pajak.

Dengan perbandingan estimasi biaya service berkala saat ini, Daihatsu All New Terios membutuhkan biaya lebih tinggi daripada Toyota New Rush. Namun tentunya biaya tersebut kemungkinan akan meningkat seiring dengan meningkatnya harga suku cadang dan lainnya.

Komentar

Mobil Terbaru