Diantara 5 Mobil Low SUV Ini, Mana yang Paling Layak Dibeli?

Enda · 24 Okt 2020 19:00

Bukan cuma Multi Purpose Vehicle (MPV), nyatanya mobil jenis Low Sport Utility Vehicle (LSUV) juga banyak diminati oleh konsumen di Tanah Air. Selain mampu dimuati hingga tujuh penumpang, alasan pemilihan mobil jenis ini karena memiliki tampilan lebih Eyes-catching.

Di Indonesia, setidaknya terdapat lima nama LSUV yang paling sering diburu. Diantaranya, Mitsubishi Xpander Cross, Toyota Rush, Daihatsu Terios, Suzuki XL7 dan terakhir Honda BR-V.

Dari lima nama LSUV yang disebutkan tadi, setidaknya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurang. Baik dari segi desain, fitur, mesin, transmisi, penggerak, serta kenyamanan.

Dalam pembahasan kali ini kita akan membangun opini dari kelimanya.

Model LSUV yang paling enak dilihat

Tahun ini tepatnya pada awal Januari lalu, Suzuki meluncurkan XL7 sebagai LSUV yang diambil dari Ertiga pada segi platform. Meski terlihat seperti MPV flagshipnya, XL7 mendapat ubahan di tampilan depan, dan sedikit di belakang yang terlihat SUV banget.

Begitu juga Mitsubishi. Belum lama ini, pihaknya memperkenalkan edisi spesial Xpander Cross. Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Editon ini mendapatkan ubahan mencolok pada sisi eksterior yang kini terlihat lebih garang berkat dilaburnya warna hitam pada beberapa bagian di tubuhnya. Tampilan dalam juga mendapat sedikit pembaruan, dan penggunaan sistem audio Rockford Fosgate.

Bak pinang dibelah dua, Toyota Rush dan Daihatsu Terios yang lebih dulu hadir meramaikan kancah otomotif nasional di segmen ini. Mendapatkan penyegaran secara major facelift pada 2017 lalu, baik Terios dan Rush terlihat lebih agresif meskipun konde di belakangnya kini telah ditanggalkan.

Dari pabrikan otomotif berlogo H jenama Jepang, Honda juga tak ingin tertinggal dalam meramaikan persaingan LSUV di Tanah Air. Honda BR-V ini diketahui berbagi platform dengan Mobilio juga untuk menghemat cost produksi.

Tidak ingin kalah bicara soal tampilan, sebenarnya Honda BR-V bisa diterima masyarakat dengan baik. Namun sayang, pamornya tidak begitu gemilang dibandingkan dengan para pesaingnya.

Menarik beberapa opini dari lima LSUV yang disebutkan di atas, banyak orang yang juga setuju jika Mitsubishi Xpander Cross memiliki tampilan terbaik di kelasnya, disusul Suzuki XL7, lalu Toyota Rush dan Daihatsu Terios, terakhir Honda BR-V.

LSUV paling irit dan biaya perawatan rendah

Baik Mitsubishi Xpander Cross, Toyota Rush, Daihatsu Terios, Suzuki XL7 dan Honda BR-V sama-sama ditanami mesin berkubikasi 1.5L. Namun dari masing-masing produsen memiliki teknologi berbeda yang ditanamkan guna menghasilkan bahan bakar lebih irit namun tetap bertenaga.

Berikut data penggunaan bahan bakar dari kelimanya.

Penggunaan BBM Luar Kota
Mitsubishi Xpander Cross 17.6 km/l
Toyota Rush 16.4 km/l
Daihatsu Terios 16.4 km/l
Suzuki XL7 15.7 km/l
Honda BR-V 11.4 km/l

Bicara soal biaya perawatan, sudah jelas Toyota Rush dan Daihatsu Terios paling unggul dari ketiganya. Mengingat keduanya memiliki layanan after sales terbaik, serta murah dan mudahnya mendapatkan suku cadang.Paling irit dalam hal konsumsi bahan bakar menurut data di atas, berhasil diraih oleh Mitsubishi Xpander Cross ketika digunakan berpergian keluar kota melaju di jalan yang bebas hambatan.

Toyota memiliki layanan Remote Service Point, Express Maintenance, 24-Hour Service, Toyota Home Service (THS), Emergency Road Assistance (ERA), Body & Paint Workshop, Toyota Genuine Parts (TGP). Sedangkan Daihatsu mempunyai Layanan Pengingat, Penerimaan, Proses Perbaikan, Inspeksi Hasil, Pengiriman Kendaraan, Mengkonfirmasi Hasil, Rapid Service.

Murahnya suku cadang juga terbuktikan, yang mana sebagai contoh untuk kampas koplingnya saja baik Rush dan Terios dibandrol Rp300 ribuan. Sedangkan kampas rem dijual Rp60 ribuan.

Harga paling terjangkau

Berikut daftar harga LSUV kelimanya

Harga On The Road jakarta
Mitsubishi Xpander Cross Rp272.7-Rp295.7 juta
Toyota Rush Rp255.2-Rp276.6 juta
Daihatsu Terios Rp211.8-Rp266.4 juta
Suzuki XL7 Rp232-Rp269 juta
Honda BR-V Rp248.9-Rp274.4 juta

Untuk harga bekasnya, Daihatsu Terios generasi terbaru lansiran 2017 akhir kini dijual Rp170 jutaan.Menarik kesimpulan berdasarkan data pada table di atas, Daihatsu Terios merupakan LSUV paling terjangkau yang mana menurut situs resminya dibandrol mulai dari Rp211.8-Rp266.4 juta.

Kesimpulan

Berbicara opini sebagai model LSUV yang paling enak dilihat, tampaknya Mitsubishi Xpander Cross memiliki tampilan terbaik di kelasnya. Kemudian disusul Suzuki XL7, lalu Toyota Rush dan Daihatsu Terios, terakhir Honda BR-V.

Pantauan keiritan dari segi konsumsi bahan bakar, dalam hali ini berhasil diraih oleh Mitusbishi Xpander Cross. Ketika berkendara di dalam kota, LSUV besutan tiga berlian ini mampu menempuh jarak hingga 12 km/l. Saat pengujian dilakukan di jalur bebas hambatan, angka yang berhasil diraih tercatat 17.6 km/l.

Menyinggung soal biaya perawatan, Toyota Rush dan Daihatsu Terios juaranya. Mengingat keduanya memiliki layanan after sales terbanyak, serta murah dan mudahnya mendapatkan suku cadang.

Terakhir membahas soal harga jual kendaraan baru dari lima LSUV yang disebutkan, Daihatsu Terios merupakan LSUV paling terjangkau dijual mulai dari Rp211.8-Rp266.4 juta.

Namun, bisa ditarik kesimpulan bahwa Mitsubishi Xpander Cross merupakan LSUV yang paling menarik perhatian konsumen berkat tampilannya yang paling futuristik, irit bahan bakar, dan memiliki segudang fitur unggulan.

Komentar

Mobil Terbaru