Bikin Mobil Tak Sesuai Selera Bos, Kepala Desain VW Didepak

Herdi · 24 Jan, 2023 19:02

Bikin Mobil Tak Sesuai Selera Bos, Kepala Desain VW Didepak 01

Perusahaan otomotif asal Jerman, Volkswagen (VW), memiliki kepala desainer baru, Andreas Mindt. Ia akan mendesain mobil-mobil listrik di masa depan dan mulai bekerja per 1 Februari 2023.

Kehadiran kepala desainer baru yang dicomot dari Bentley ini memunculkan sebuah rumor yang tak sedap. Khususnya bagi desainer mobil listrik VW sebelumnya, Jozef Kaban. 

Baca juga: Mengenang Kiprah VW Kodok, Mobil Rakyat Hasil Gagasan Diktator Hitler

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Andreas Mindt

Andreas Mindt menggantikan Jozef Kaban

Melansir Carscoops, Selasa (24/1/2022), Jozef Kaban tampaknya gagal mengesankan CEO VW, Thomas Schäfer, dan sejumlah dewan direksi perusahaan.

Disebutkan juga bahwa desain mobil listrik buatan Kaban, VW ID.2, dianggap masih kurang bersaing dengan mobil-mobil listrik yang ada saat ini. Bahkan VW LIFE Concept yang digarap Kaban dan pernah dipamerkan juga disebut akan tetap direvisi oleh Mindt di kemudian hari.

Baca juga: VW Kembar Siam ini Sukses Jadi Jawara HW Legends Tour Indonesia, Bakal Jadi Legenda Hot Wheels dari Indonesia!

VW Mengalami Pergolakan Terkait Desain

Jozef Kaban

Kepala Desian VW Jozef Kaban, digantikankan Andreas Mindt

Pergantian struktur organisasi khususnya dalam hal menangani desain mobil memang terus dilakukan rakasa otomotif asal Jerman tersebut dalam beberapa tahun terakhir.  

Bahkan sebelum mencoret nama Jozef Kaban sebagai kepala desainer, CEO Grup Volkswagen Oliver Blume juga memecat Klaus Zyciora. Saat itu Zyciora menjabat sebagai kepala desain grup, dan digantikan dengan Michael Maurer dari Porsche.

Kepala Desian VW Jozef Kaban, digantikankan Andreas Mindt

Jozef Kaban akan mendesain mobil listrik VW

Kendati Kaban kehilangan jabatan dari desainer baru VW, dikabarkan dia tidak akan langsung dipecat. Sebaliknya dia hanya akan dipindahkan di bidang desain yang lainnya di Grup VW. Hanya saja, bagaimana perannya nanti, belum diketahui dengan jelas.

Baca juga: Kisah Mobil China Tiruan: Tak Kapok Dituntut, Hingga Cuek Patenkan Desain ala VW Beetle di Eropa

Perjalanan Sang Desainer Jozef Kaban

Bagi Kaban, bekerja di Volkswagen Group sejatinya seperti di rumah sendiri. Pasalnya, Kaban yang diketahui meniti karir sejak tahun 1993, mulai bekerja di Group VW sejak 2003-2017. 

Kepala Desian VW Jozef Kaban, digantikankan Andreas Mindt

 Kaban pernah turut andil dalam mendesain mobil Skoda hingga Bugatti

Pada tahun 2003, Kaban dipindahkan ke Audi, dan pada tahun 2008-2017, Kaban dipercaya menjabat sebagai kepala desain eksterior Skoda (termasuk Grup VW). Hingga akhirnya, pria asal Slovakia itu berlabuh ke BMW sebagai kepala desain, dan pada Maret 2019, bergabung dengan Rolls-Royce. 

Namun VW Group kembali menariknya dan mempercayakan dia sebagai kepala desainer VW Passenger Cars, pada 1 Juli 2020, menggantikan Klaus Bischoff.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Volkswagen Golf 1.4L TSI

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru