window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daihatsu Ayla Tipe Tertinggi Semakin Mewah, Jadi LCGC Paling Worth It

Yongki Sanjaya · 8 Okt, 2020 22:41

Daihatsu Ayla Tipe Tertinggi Semakin Mewah, Jadi LCGC Paling Worth It 01

Di tengah pandemi virus Corona yang seakan tidak ada habisnya, Daihatsu justru meluncurkan Ayla terbaru. Tidak ada perbedaan yang sifatnya besar-besaran, hanya penyematan fitur-fitur tambahan dan polesan pada segi eksterior. 

Sedangkan dari segi mesin, Ayla masih menggunakan teknologi mesin yang sama. Ada dua pilihan mesin 1.0L 3-silinder bertenaga 65 PS dan torsi puncak 86 Nm, serta mesin 1.2L 4-silinder dengan keluaran 88 PS dan 108 Nm torsi maksimal.

Upgrade terlengkap pastinya hadir pada tipe tertinggi. Dengan pembaharuan ini, sosok Daihatsu Ayla semakin mewah dan berkelas, harga juga makin mahal. Apakah masih layak disebut sebagai LCGC? 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kodratnya sebagai mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC), ternyata membuat kita masih bisa berharap banyak. Beruntung versi penyegaran kedua, Daihatsu Ayla mendapat sejumlah fitur baru. Dua versi awalnya, mobil ini sangat minim fitur bahkan cenderung lebih layak disebut sangat sederhana. 

Dibanding kategori LCGC lainnya, Daihatsu Ayla 2020 bisa dibilang punya harga paling terjangkau. Bayangkan saja, rentang harganya berada di kisaran Rp. 101 jutaan hingga Rp. Rp. 159 jutaan.

Dengan harga yang diberikan, Daihatsu Ayla 2020 masih menjadi pilihan mobil perkotaan paling terjangkau dengan beragam fitur yang ditawarkan. Ubahan kedua kalinya menawarkan peningkatan yang membuat Ayla lebih aman dan nyaman ketika diajak berkendara bersama keluarga. 

Daihatsu Ayla, Pelopor LCGC yang kini Fiturnya Makin Lengkap

Daihatsu Ayla Tipe Tertinggi Semakin Mewah, Jadi LCGC Paling Worth It 01

Ayla meluncur pertama kali pada Indonesia International Motor Show tahun 2012 sebagai jawaban dari Daihatsu atas keinginan pemerintah Indonesia memasarkan mobil LCGC yang memiliki konsumsi bahan bakar yang irit namun dengan harga yang terjangkau. 

Melihat harganya, Ayla memang masih layak menyandang status sebagai mobil murah. Sebab, untuk facelift eksterior berlaku hampir menyeluruh di setiap tipe termasuk versi 1.0. Bahkan, fitur di Ayla tipe 1.2 R DLX sebagai tipe tertinggi paling lengkap di antara jajaran LCGC lainnya. 

Pada Daihatsu Ayla 2020 1.2 R DLX, Anda akan disuguhkan sebuah fitur kamera parkir. Nantinya, ketika Anda melakukan parkir, tampilan visual bodi belakang akan dimunculkan pada layar 7 inci terbarunya. Perlu diketahui pula, fitur ini masih belum dimiliki kompetitornya baik Toyota Agya serta Honda Brio Satya. 

Bahkan, jagoan terlaris dari Honda itu malah belum memakai head unit model layar. fitur ini memang tergolong sangat penting. Karena targetnya adalah generasi milenial, yang sebagian dari mereka baru memahami cara menyetir mobil, hadirnya fitur kamera parkir bisa memudahkan agar tidak terjadi tabrakan. 

Sayangnya jika dibandingkan dengan saudaranya Toyota Agya, beberapa fitur memang masih belum terlihat pada mobil Ayla terbaru. Fitur tersebut seperti sistem start/stop engine guna menambah efisiensi bahan bakar serta pengaturan keyless entry yang lebih mewah.

Ubahan baru dari AC Digital yang ditanamkan pada dashboard Daihatsu Ayla memberikan kesan yang lebih stylish ketika berada di dalam mobil. Pengaturannya lebih modern dibandingkan tombol konvensional yang terdapat pada model Ayla sebelumnya. 

Eksterior Sporty Sang Mobil Murah

Daihatsu Ayla Tipe Tertinggi Semakin Mewah, Jadi LCGC Paling Worth It 02

Dibandingkan edisi sebelumnya, tampilan eksterior Daihatsu Ayla bisa dibilang lebih maskulin dan sporty. Tentu saja, mengingat Ayla dan Agya memang dipasarkan untuk menggaet konsumen dari generasi muda.

Bisa dibilang Ayla mendapatkan desain grille yang lebih besar dengan finishing berwarna hitam yang terinspirasi dari Ayla Turbo, menawarkan tampang yang lebih agresif.

Interior Daihatsu Ayla Tipe Termurah dan Termahal Cuma Beda Tipis 

Daihatsu Ayla Tipe Tertinggi Semakin Mewah, Jadi LCGC Paling Worth It 03

Ada perbedaan antara model varian tertinggi dengan varian entry level dalam fitur dari setir. Yaitu tombol kontrol audio yang dimaksudkan untuk mempermudah akses ke sistem hiburan. Sedangkan setir palang tiga yang diberikan pada varian entry level polos tanpa tombol.

Selain itu, tidak ada perubahan dari desain jok yang ditawarkan. Daihatsu menghadirkan jahitan warna merah di tengah interior berwarna hitam yang senada dengan tampilan interior. Kenyamanannya masih terasa, meski getaran di jalan terlalu menghilang.

Fitur Keselamatan di Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla Tipe Tertinggi Semakin Mewah, Jadi LCGC Paling Worth It 04

Meski harga Daihatsu Ayla bisa dibilang sangat terjangkau dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama, Daihatsu tetap menawarkan berbagai daftar fitur keselamatan yang dipasangkan pada mobil ini.

Fitur keselamatan milik Ayla termasuk sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) serta Electronic Brakeforce Distribution. Dan dual airbag yang ditanamkan setelah facelift pertama masih dipertahankan tanpa banyak tambahan.

Kesimpulan

Untuk sekelas mobil perkotaan, ubahan terbaru dari facelift Daihatsu Ayla menawarkan tampilan yang lebih segar. Tak hanya pada tampilan luar dengan desain yang lebih sporty, kabin juga mendapatkan sedikit penyegaran dan dibuat lebih stylish.

Dua pilihan mesin serta berbagai warna yang ditawarkan memberikan banyak pilihan bagi generasi muda. Untuk ukuran mobil yang menawarkan kepraktisan berkendara dari satu tempat ke tempat lain, Ayla masih tetap memuaskan walaupun tidak istimewa. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil