window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Diminta Siapkan Mobil Listrik Buat Indonesia, Daihatsu Pilih yang Sesuai Daya Beli Masyarakat

Herdi · 8 Jun, 2023 11:02

Diminta Siapkan Mobil Listrik Buat Indonesia, Daihatsu Pilih yang Sesuai Daya Beli Masyarakat 01

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengajak Daihatsu Motor Co.,LTD untuk ikut andil dalam program percepatan kendaraan listrik berbasis baterai di Tanah Air. 

Lobi-lobi ini dilakukan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ketika bertemu para pejabat manajemen Daihatsu disela kunjungannya kerjanya di Tokyo, Jepang, Selasa (6/6/2023) waktu setempat. 

Baca juga: Sampah Baterai Mobil Listrik yang Sudah Tak Terpakai Ternyata Bisa Jadi Peralatan yang Berguna

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pemerintah bertemu Daihatsu

Pemerintah Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita bertemu para pejabat manajemen Daihatsu di Tokyo, Jepang

"Kami berharap Daihatsu dapat ikut berpartisipasi, karena baru ada dua perusahaan yang eligible masuk dalam program ini,” ungkap Agus dalam keterangannya. 

Menurut Agus, pemerintah Indonesia akan membantu para prinsipal otomotif asal Jepang yang berinvestasi di Indonesia dengan menyiapkan berbagai fasilitas insentif pengembangan Electric Vehicle (EV).

Baca juga: Korea Selatan Bikin Cara Ampuh Atasi Mobil Listrik Terbakar di Parkiran

Pengisian mobil listrik

Pengisian mobil listrik

Bahkan Agus menyatakan, sebagai upaya mendorong ekosistem EV di Tanah Air, Presiden Joko Widodo telah menandatangani kebijakan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

"Dengan adanya peraturan yang mewajibkan Kementerian atau Lembaga, Pemerintah Daerah untuk membelanjakan anggaran untuk kendaraan listrik, demand terhadap EV di Indonesia menjadi potensial untuk digarap oleh Daihatsu,” ucapnya.

Tanggapan Daihatsu Terkait Mobil Listrik untuk Indonesia

Sebagai keluarga Toyota, Daihatsu mempercayakan pasar kendaraan listrik  kepada Toyota dan Lexuz

Sebagai keluarga Toyota, Daihatsu mempercayakan pasar kendaraan listrik  kepada Toyota dan Lexuz

Menanggapi pernyataan Menperin, Chairman Daihatsu Motor Co., Ltd, Matsubayashi Sunao mengatakan pihaknya akan mengupayakan hadirnya kendaraan elektrifikasi, termasuk di Indonesia. 

Hanya saja, lanjut dia, Daihatsu perlu bekerja keras lagi untuk menyiapkan line up produksi yang sesuai dengan daya beli masyarakat. 

“Selain itu, Daihatsu belum memproduksi EV di Jepang. Rencananya tahun depan baru akan memulai produksi EV,” Sunao.

Untuk kendaraan elektrifikasi, Daihatsu masih berkutat pada teknologi hybrid

Untuk kendaraan elektrifikasi, Daihatsu masih berkutat pada teknologi hybrid yang dibenamkan pada Daihatsu Rocky

Sekadar informasi, pemerintah Indonesia sejatinya cukup berperan aktif mendorong kendaraan yang lebih ramah lingkungan melalui program insentif untuk belanja mobil dan motor listrik. 

Bahkan dari turunan Inpres Nomor 7 Tahun 2022, Kemenperin juga menerbitkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 6 Tahun 2023 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Roda Dua, yang telah diundangkan pada 20 Maret 2023. 

Nah, program bantuan tersebut diberikan berupa potongan harga sebesar Rp7 juta per unit KBLBB Roda Dua yang memiliki TKDN minimal 40 persen, dengan kuota sebesar 200.000 unit pada tahun 2023.

Selain itu, syaratnya untuk kendaraan tersebut sepenuhnya EV yang dibuat atau diproduksi di Indonesia.

Oia, saat ini mobil listrik yang memenuhi persyaratan tersebut yaitu Hyundai dengan mobilnya IONIQ 5 dan Wuling, berupa Air ev.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia