window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Efek Pakai Bio Solar di Mitsubishi Pajero Sport, Part Seharga Rp3 Jutaan Jadi Korban

Yongki Sanjaya · 17 Nov, 2022 08:00

Efek Pakai Bio Solar di Mitsubishi Pajero Sport, Part Seharga Rp3 Jutaan Jadi Korban 01

Saat ini SUV bermesin diesel seperti Mitsubishi Pajero Sport semakin disukai masyarakat. Kemampuan mesin diesel commonrail dengan turbo performanya lebih dari cukup untuk aktivitas harian. Namun agak disayangkan para pengguna SUV diesel modern masih sering mengisi BBM memakai bio solar.

Sebagaimana kita ketahui, kualitas BBM bersubsidi seperti bio solar ini kurang bagus untuk sistem commonrail di mesin diesel modern. Meskipun banyak yang sadar hal tersebut, tapi banyak pengguna SUV diesel bergeming. Solar bersubsidi harganya cukup murah, membuat biaya perjalanan jadi cukup ekonomis.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sering Pakai Solar Berkualitas Rendah, Apakah Bahaya Bagi Mesin Toyota Fortuner?

Dampak Kenaikan BBM Subsidi, Segini Biaya Isi Solar Toyota Kijang Innova dan Fortuner Diesel

Harganya Dikabarkan Naik 1 September 2022, Ini Mobil yang Haram Pakai Pertalite dan Solar Subsidi

Pengguna mobil diesel harus memperhatikan kandungan sulfur dalam solar yang dipakai. Bila terus dipaksa diisi bahan bakar solar berkualitas rendah, ada beberapa bahaya yang bisa mengintai dan merusak beberapa komponen.

Sebenarnya pengguna SUV diesel masih bisa menggunakan bio solar, asalkan rutin melakukan penggantian filter solar setiap 10 ribu kilometer. Tak cukup sampai di situ, gunakan filter solar yang genuine karena kemampuannya dalam menyaring kotoran dalam bahan bakar jauh lebih baik ketimbang filter solar yang biasa alias KW.

Dampak Memakai Bio Solar dan Filter KW di Mitsubishi Pajero Sport

Efek Pakai Bio Solar di Mitsubishi Pajero Sport, Part Seharga Rp3 Jutaan Jadi Korban 01

Perlu kamu ketahui kalau SUV modern seperti Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport sudah menggunakan sistem commonrail. Masalah pertama yang masih ringan dan bakal sering terjadi yakni filter solar akan lebih cepat kotor. Untuk kasus yang cukup parah di Pajero Sport bisa merusak komponen Switch Control Valve (SCV).

Kerusakan ini ditandai dengan check engine menyala dan mesin terdengar kasar. Kemudian saat di scan terbaca mengalami trouble pada supply pump. Tugas SCV untuk mengatur jumlah bahan bakar yang mengalir ke supply pump, dan dikontrol secara elektronik. Walau kecil ukurannya tapi harganya lumayan mahal, di marketplace mencapai Rp3.450.000 dan untuk versi 'lokal' harganya Rp900.000.

Efek Pakai Bio Solar di Mitsubishi Pajero Sport, Part Seharga Rp3 Jutaan Jadi Korban 02

Dikutip dari tayangan Youtube Dokter Otomotif, kalau SCV rusak maka cirinya yaitu check engine bisa nyala terus, dan ciri lainnya di mesin kadang sulit untuk starter. Ketika mesin sudah hidup, putaran mesin tertahan antara 1.500-2.000 rpm. Ketimbang komponen kecil yang mahal ini rusak, kita bisa melakukan pencegahan walau masih nekat memakai bio solar.

Kalau kalian mau pakai solar biasa, diharuskan pada filter solarnya memakai part yang original, dengan penggantian rutin tiap 10 ribu kilometer. Kalau pakai filter solar yang biasa, membuat SCV cepat rusak akibat kotoran yang tak tersaring masuk ke komponen ini. 

Bahaya Solar Berkualitas Rendah di Mesin Diesel Commonrail

Efek Pakai Bio Solar di Mitsubishi Pajero Sport, Part Seharga Rp3 Jutaan Jadi Korban 03

Solar berkualitas rendah memiliki kadar air dan sulfur yang cukup tinggi. Hal ini dapat membuat injector pada commonrail menjadi tersumbat. Efeknya cukup bahaya kalau didiamkan, karena pembakaran tidak sempurna dan nantinya akan muncul gejala brebet atau mesin menjadi ngelitik.

Kalau sudah begini, tinggal menunggu waktu masuk bengkel. Pasalnya mobil diesel modern yang sudah menggunakan commonrail cenderung lebih sensitif, injector pada mesin rawan mampet akibat sulfur dan kandungan air.

Mesin diesel commonrail memerlukan pressure bahan bakar yang sangat tinggi untuk pengabutan yang sempurna. Supaya tekanan tetap optimal memerlukan bahan bakar kualitas baik sehingga kinerja mesin diesel tetap maksimal. Kandungan air dan sulfur itu rentan membuat kotor dan tekanan semprotan berkurang.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil