FAQ: Tahu Lebih Banyak Tentang Kelebihan Honda City Hatchback 2021

Bent Aulia · 14 Feb 2021 20:05

Honda City Hatchback 2021

Honda akhir tahun lalu meluncurkan Honda City Hatchback untuk pasar Thailand. Berbagai laporan menyebutkan bahwa mobil ini siap berkelana ke pasar Asia Tenggara untuk menggantikan hatchback Honda Jazz yang dikabarkan akan disuntik mati. Sebelum masuk ke Indonesia, mari kita intip apa saja kelebihan Honda City Hatchback 2021 yang diprediksi meluncur tahun ini.

Saudara baru Honda City

Sebelum mengenal Honda City Hatchback, kita perlu melihat lebih jauh ke tahun 1981. Kala itu, Honda meluncurkan generasi pertama dari sedan kompak dengan Honda City. Sebelum menjadi sedan, City awalnya merupakan hatchback 3 pintu yang awalnya dibuat untuk pasar Jepang, Eropa dan Australia. Penjualannya dihentikan pada tahun 1994 setelah generasi kedua.

Honda City 1981

Papan nama City kembali dihidupkan pada tahun 1996. Digunakan pada serangkaian sedan kompak empat pintu yang ditujukan terutama untuk pasar berkembang. Model baru ini pertama kali dijual di Asia, kemudian menyasar pasar Amerika Latin dan Australia.

Sejak saat itu, City menjadi sedan kompak yang dibangun pada platform Honda Global Small Car yang digunakan bersamaan dengan Honda Jazz (atau dikenal juga dengan nama Honda Fit) Honda Airwave, serta Honda Mobilio generasi pertama dengan letak tangki bahan bakar di bawah jok depan.

Honda City Hatchback 2021

39 tahun dan tujuh generasi kemudian, Honda menawarkan bentuk model baru pada 2020 lalu. Perkenalan Honda City Hatchback pertama kali dilakukan di Thailand yang menjadi basis versi sedan untuk Asia Tenggara. Tampilannya yang baru memberikan kesan modern yang dikhususkan untuk pengendaraan perkotaan.

Tak begitu berbeda dibandingkan versi sedannya, City Hatchback baru menawarkan gaya bodi dan desain yang lebih segar, bersamaan dengan pilihan mesin yang sesuai untuk berbagai gaya berkendara. Menurut Honda, hal ini akan menjadi daya tarik yang efektif bagi pelanggan.

Honda Jazz 2020

Honda berencana mengganti Honda Jazz di sebagian pasar dengan City Hatchback terbaru. Menyasar pasar Asia Tenggara dan Amerika Selatan, Jazz generasi keempat sudah dijual di pasar Jepang, Amerika Utara, dan Eropa.

Saat ini, Honda City memang sudah dipasarkan di Thailand. Beberapa negara Asia Tenggara kemungkinan besar mendapatkan model hatchback baru Honda ini. Hanya saja pandemi COVID-19 masih menjadi momok besar peluncurannya, termasuk di Indonesia.

Namun sebelum mobil ini dirilis di Tanah Air, ternyata berbagai kelebihan Honda City Hatchback 2021 membuatnya menjadi daftar pesaing yang patut diperhitungkan di segmen hatchback menengah ini, semisal Toyota Yaris maupun Mazda 2.

1. Gabungan sporty dan elegansi

Sama seperti versi sedannya, City Hatchback mendapatkan tampilan menawan yang stylish untuk pengendaraan perkotaan. Di bagian depan, grille chrome diapit lampu depan proyektor dengan DRL LED, sementara profil samping memamerkan pegangan pintu dan kaca spion dengan warna bodi yang senada.

grille Honda City Hatchback 2021

Dari segi eksterior, Honda City Hatchback memiliki beberapa kesamaan dengan sedan City generasi terbaru. Mulai dari grille, lampu depan, tata letak bonnet, bumper, hingga lampu kabut seakan diambil langsung dari sedan. Semua lampu sudah mendapatkan teknologi LED, termasuk velg 16 inci yang tersedia sebagai fitur standar.

Namun masuk ke bagian pilar C, perbedaan langsung terlihat. Pasalnya pada bagian belakang, mobil ini sangat berbeda dengan versi sedannya. Lampu belakang, spoiler, dan bumper belakang mendapatkan desain ulang untuk memberikan kesan hatchback pada mobil ini.

lampu belakang Honda City Hatchback 2021

Dengan suspensi MacPherson strut independent di depan dan pengaturan torsion beam di belakang menghadirkan rasa nyaman tersendiri bagi penghuni kabin. City Hatchback melaju dengan 135 mm dari permukaan tanah menggunakan velg 15 inci dengan ban seri 185/60.

bagian belakang Honda City Hatchback

Di Thailand, City Hatchback tersedia dalam enam warna eksklusif; Platinum White Pearl, Ignite Red Metallic, Meteoroid Grey Metallic Crystal Black Pearl, Sonic Grey Pearl, dan Taffeta White. Opsi aksesoris lain yang diberikan termasuk garnish pada spoiler belakang, pelindung gagang pintu, dan aksen opsional pada spatbor.

2. Kabin yang lapang

Selain bagian luar, ada beberapa perubahan pada interior Honda City Hatchback. Selain memperkenalkan sistem infotainment 8.0 inci yang mendukung Apple CarPlay dan Android Auto, fitur lainnya termasuk sensor parkir dan sistem audio 8 speaker. Tapi daya tarik utama mobil ini tentu saja ruang kabin yang lapang.

kursi Honda City Hatchback 2021

Sama seperti Honda Jazz, City Hatchback dilengkapi dengan komposisi Ultra Seat dari Honda. Memberikan mobil ini lebih banyak ruang untuk kaki dibandingkan dengan varian sedan. Meski dari segi wheelbase, City Hatchback lebih pendek 70 mm dibandingkan Jazz.

cupholder Honda City Hatchback 2021

Semua kursi di bangku baris kedua sudah mendapatkan headrest, memberikan kenyamanan dan keselamatan tersendiri bagi penumpang belakang. Setara dengan sedannya, kerebahan bangku belakang juga cukup baik.

sandaran kursi Honda City Hatchback 2021

Kepraktisan di dalam kabin juga tak kalah dibandingkan saudaranya. Ada konsol tengah dengan dua cup holder dan tuas persneling. Sedangkan pengaturan kursi belakang mendapatkan berbagai mode untuk menyimpan barang-barang di dalam kabin, terbagi menjadi mode Utility, Long, Tall, dan Refresh.

bagasi Honda City Hatchback 2021

Tentu saja yang menjadi kelebihan Honda City Hatchback 2021 dibandingkan model sedan adalah kepraktisan dan kapasitas ruang bagasi belakang yang lebih baik. Dengan bagian belakang bergaya hatchback menyisakan ruang untuk menyimpang barang-barang sepanjang perjalanan. Hanya saja Honda belum mengungkapkan berapa kapasitas bagasi mobil ini.

3. Teknologi canggih Honda

Kabin berwarna gelap yang menghadirkan kesan elegan dan sporty dipadukan dengan teknologi canggih yang digunakan oleh Honda. Pengemudi di depan sudah mendapatkan sistem entry tanpa kunci dengan push-start button, pengunci pintu dengan sensor kecepatan, fungsionalitas start-stop, sistem MID dan indikator ECO serta tombol ECON untuk efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

paddle shift Honda City Hatchback 2021

Untuk sistem keselamatan, terdapat empat airbag sebagai fitur standar. Ditambah dengan sistem Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution, Vehicle Stability Assist, Hill-Start Assist, Emergency Stop Signal, hingga Seat Belt Pretensioner System.

Salah satu fitur City Hatchback yang belum ditemukan pada model Honda yang dibawa ke Indonesia adalah Honda Connect. Fitur ini akan memberi tahu kapan mobil harus melakukan perawatan berkala, serta mengetahui dimana lokasi parkir mobil. Fitur ini juga bisa membuat smartphone sebagai remote control untuk menyalakan AC dan mesin mobil dari jarak jauh.

Honda Connect

Varian Honda City Hatchback RS sebagai varian tertinggi tampil menonjol dengan grille depan hitam, elemen diffuser belakang, serta velg eksklusif 16 inci. Begitu pula dengan paddle shifter, cruise control, dua outlet listrik tambahan untuk penumpang belakang, sistem telematik Honda Connect serta enam total airbag bagi pengemudi dan penumpang.

Struktur rangka dengan sistem G-Force Control Technology juga memberikan dampak positif pada sistem keselamatan mobil ini. Teknologi milik Honda ini bisa membantu meminimalisir dampak tubrukan di dalam kabin ketika mobil mengalami kecelakaan dengan mendistribusikan energi tubrukan secara merata.

4. Mesin irit khas City

Honda City sedari dulu dikenal sebagai mobil yang menawarkan konsumsi bahan bakar yang irit. Hal ini tentu saja bisa ditemukan pada efisiensi bahan bakar yang menjadi kelebihan Honda City Hatchback. Apalagi mobil baru ini sudah mendapatkan teknologi turbo yang memberikan tenaga dan kekuatan lebih.

mesin Honda City Hatchback 2021

Meski City Hatchback di Thailand membawa mesin 1.0T yang baru, Honda Indonesia kemungkinan besar masih mempertahankan mesin berkode L15B, penggunaan mesin ini memberikan berbagai keuntungan, seperti penyediaan komponen mesin yang lebih hemat serta lebih familiar bagi jajaran teknisi Honda di Indonesia.

Mesin 1.5L juga memberikan tenaga yang tak kalah mumpuni dibandingkan versi turbo. Mesin 1.5L i-VTEC DOHC mampu menghadirkan tenaga maksimal 120 ps pada putaran 6.600 rpm serta torsi puncak tercatat 145 Nm pada 4.600 rpm.

Dan sesuai dengan nama besar Honda City, efisiensi mesin menghadirkan pengendaraan yang ramah bahan bakar. Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh rekan kami di Malaysia, City Hatchback mampu menawarkan konsumsi bahan bakar 18,7 km/liter dengan lalu lintas yang cukup sepi, dan 13,9 km/liter ketika berkendara dalam kondisi lalu lintas stop-and-go.

Honda Earth Dreams

Tapi berbeda dengan versi sedannya, City Hatchback belum mendapatkan teknologi hybrid. Tapi untuk menyasar konsumen di berbagai negara, kemunculan mesin hybrid bisa menjadi daya tarik tersendiri pada mobil ini. Menawarkan opsi lain untuk mobil dengan biaya bahan bakar yang lebih sedikit serta model yang lebih ramah lingkungan.

Mesin Honda City Hatchback 2020

Tipe Mesin

L15B 1.5L 4-silinder segaris

Kapasitas Silinder

1.498 cc

Tenaga Maksimal

120 ps @ 6.600 rpm

Torsi Maksimal

145 Nm @ 4.600 rpm

Bore x Stroke

73.0 mm x 89.5 mm

Transmisi

CVT otomatis

Sistem Penggerak

Front-wheel drive

5. Harga yang ramah kantong?

Berdasarkan laman resmi Honda di Thailand, City Hatchback akan mendapatkan tiga varian model. Terdiri dari model entry-level S+, varian menengah SV, serta varian Honda City Hatchback RS yang menjadi varian tertinggi. Bandingkan dengan hanya satu model Honda City yang dipasarkan di Indonesia saat ini.

Honda City Hatchback 2021 dari belakang

Di Negeri Gajah Putih tersebut, harga Honda City Hatchback dengan varian S+ dibanderol mulai dari 599.000 bath (Rp 280 jutaan), varian SV dihargai 675.000 (Rp 315 jutaan), sedang varian tertinggi bisa didapatkan dengan harga 749.000 (Rp 350 jutaan).

Hanya saja belum ada konfirmasi berapa harga Honda City Hatchback 2021 yang nantinya akan dipasarkan di Indonesia. Namun jika dibandingkan dengan Honda City, sedan kompak ini merupakan salah satu sedan kompak termurah yang dijual saat ini.

dashboard Honda City Hatchback 2021

Dengan potensi City Hatchback sebagai pengganti Honda Jazz, kemungkinan besar harganya tak jauh berbeda dibandingkan hatchback populer tersebut. Saat ini, harga Honda Jazz dibanderol mulai dari Rp 255 jutaan. Di segmen hatchback menengah, Jazz bahkan lebih murah dibandingkan pesaingnya, Toyota Yaris maupun Mazda 2.

Detail tentang harga masih tertutup rapat hingga saat ini. Namun jika Honda ini memasarkan City Hatchback dengan harga yang lebih terjangkau, tak menutup kemungkinan ada banyak teknologi yang dilepaskan dan tak dipasang di Indonesia untuk membantu mengurangi harga.

Kesimpulan

Sebagai model terbaru dari pabrikan Jepang ini, ada banyak kelebihan Honda City Hatchback yang membuatnya menarik untuk dimiliki. Tampilannya yang elegan serta beragam teknologi canggih di dalamnya, Honda City Hatchback memiliki efisiensi bahan bakar yang menjadi ciri khas nama besar Honda City. Menarik dilihat apa saja yang dibawa Honda untuk City Hatchback ke Indonesia ketika mobil ini diperkenalkan nantinya.
 

Komentar

Mobil Terbaru