Bukan Mitsubishi Pajero Sport, Berikut Musuh Utama Hyundai Palisade 2021!

Enda · 18 Des, 2020 19:00

Bukan Mitsubishi Pajero Sport, Berikut Musuh Utama Hyundai Palisade 2021! 01

Hyundai Palisade 2021 vs Mitsubishi Pajero Sport

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) selaku Agen Pemegang Merek Hyundai di Tanah Air baru-baru ini meluncurkan line up terbaru SUV kelas premiumnya yang diberi nama All New Hyundai Palisade.

Hyundai Palisade 2021 ini merupakan SUV flagship 7-seater terbaru dari Hyundai Indonesia, yang dihadirkan dengan desain premium, fitur canggih penuh inovasi dan kemewahan.

Secara resmi melantai di penghujung 2021, Hyundai Palisade 2021 dibandrol mulai dari Rp777.000.000 hingga Rp1.078.000.000. Dengan harga yang ditawarkan, Large SUV jenama negeri Gingseng ini terbilang lebih mahal dari Mitsubishi Pajero Sport.

Bukan Mitsubishi Pajero Sport, Berikut Musuh Utama Hyundai Palisade 2021! 02

Tampilan belakang All New Hyundai Palisade

Tidak hanya itu, teknologi yang ada pada SUV premium berlogokan ‘H’ miring ini juga digadang-gadang lebih modern.

Dengan begitu rasanya tidak pantas jika Mitsubishi Pajero Sport dan kawan-kawan sebagai rival terberatnya saat ini.

Lantas siapa musuh utama Hyundai Palisade 2021? Simak terus ulasan perbandingannya.

Mazda CX-9 lebih pantas dikatakan sebagai pesaing utama Hyundai Palisade 2021?

Bukan Mitsubishi Pajero Sport, Berikut Musuh Utama Hyundai Palisade 2021! 01

Hyundai Palisade 2021 vs Mazda CX-9

Secara harga serta penampilan, Hyundai Palisade 2021 menduduki kasta sedikit lebih tinggi dari Mitsubishi Pajero Sport juga Toyota Fortuner. Sebagai SUV premium terbesar dan terluas yang dimiliki Hyundai Indonesia saat ini, Palisade lebih cocok diadu dengan Mazda CX-9. Mengapa demikian?

Secara dimensi keduanya bisa dikatakan sama, meski kenyatanya Mazda CX-9 memiliki ukuran sedikit lebih panjang. Berikut perbandingannya.

Perbandingan dimensi
Keterangan Hyundai Palisade Mazda CX-9
Panjang 4.980 mm 5.075 mm
Lebar 1.975 mm 1.969 mm
Tinggi 1.750 mm 1.747 mm
Wheelbase 2.900 mm 2.930 mm

Begitupun soal harga, baik Hyundai Palisade 2021 maupun Mazda CX-9 dikatakan cukup bersaing. Berikut perbandingan harga keduanya.

Harga Hyundai Palisade
Hyundai Palisade Prime Rp777.000.000
Hyundai Palisade Signature Rp888.000.000
Hyundai Palisade Signature AWD Rp1.078.000.000
Harga Mazda CX-9
Mazda CX-9 2WD Rp849.900.000
Mazda CX-9 4WD Rp954.900.000

Bagian dalam Hyundai Palisade 2021 dan Mazda CX-9 sama-sama nyaman?

Bukan Mitsubishi Pajero Sport, Berikut Musuh Utama Hyundai Palisade 2021! 02

Interior All New Hyundai Palisade

Tampil dengan kesan yang mewah, Hyundai Palisade 2021 mampu menyuguhkan aura premium pada kabin.

Di baris kedua mobil ini berhasil disematkan jok model captain seat. Tidak hanya itu, seluruh jok dibalut kulit premium jenis Nappa, yang dapat memberikan pengalaman berkendara semakin menyenangkan dan berharga.

Bagi kalian yang suka akan gaya berekendara, Hyundai Palisade 2021 juga berhasil disematkan dual sunroof. Dengan begitu pandangan ke luar mobil akan terlihat semakin luas.

Keseluruhan desain interior pada Hyundai Palisade 2021 memadukan rasa kenyamanan dengan kemewahan. Pada bagian panel instrumen mobil dibalut woodgrain trim untuk menciptakan desain yang luas namun tetap elegan.

Bukan Mitsubishi Pajero Sport, Berikut Musuh Utama Hyundai Palisade 2021! 03

Dashboard Hyundai Palisade 2021

Bicara soal kenyamanan lainnya, All New Hyundai Palisade didukung fitur pintar seperti smart power tailgate. Dengan adanya fitur ini, pintu dapat terbuka secara otomatis yang memungkinkan pemilik mobil untuk mengatur kecepatan membuka serta menutup ketinggian pintu bagasi sesuai dengan keinginan.

Selain itu, jendela kanan pengemudi dan bagian kiri penumpang depan didukung dengan double-laminated glass yang mana menggerakan jendela secara otomatis.

Bukan Mitsubishi Pajero Sport, Berikut Musuh Utama Hyundai Palisade 2021! 04

Charging port Hyundai Palisade 2021

Pada seluruh baris tempat duduk SUV terbesar Hyundai di Tanah Air ini telah disediakan 7 port USB untuk semua penumpang (6 port USB pengisi daya dan 1 port USB terminal multimedia).

Selain itu, Hyundai Palisade 2021 dilengkapi wireless charger dan touch display audio berukuran 8 inci.

Apabila pengemudi dan penumpang di kursi depan ingin menikmati musik selama perjalanan, maka pengemudi dapat mengaktifkan Quiet Mode (Mode tenang) yang akan mematikan speaker di bagian belakang hanya dengan menekan satu tombol.

Tidak tertinggal, Hyundai Palisade 2021 dilengkapi sistem pengaturan AC secara otomatis 3 zon dengan kontrol independen dan Cluster. Baris pertama dan keduanya juga dilengkapi heated & ventilated seats.

Bukan Mitsubishi Pajero Sport, Berikut Musuh Utama Hyundai Palisade 2021! 05

Dashboard Mazda CX-9

Selanjutnya melihat kenyamanan Mazda CX-9 sebagai rival yang bakal 'head to head' langsung.

Mazda sendiri sudah melengkapinya dengan Tilt & Telescopic di balik lingkar kemudi yang dapat disesuaikan dengan kenyamanan pengendara. Pada stir juga sudah dilengkapi dengan tombol control untuk menjalankan berbagai perintah dalam fitur.

Kenyamanan lainnya datang dari layar berukuran 9-inci, Apple CarPlay, Android Auto, serta kamera 360 derajat yang ditampilkan di MZD Connect.

Bukan Mitsubishi Pajero Sport, Berikut Musuh Utama Hyundai Palisade 2021! 06

Interior Mazda CX-9

Mazda CX-9 berhasil disematkan Adjustable Head Restraints yang bisa diatur menyesuaikan sandaran kepala, pengaturan jok elektrik pada sisi samping jok pengemudi dan penumpang bagian depan untuk mengatur tinggi rendahnya jok, serta ventilasi kursi dan pemanas kursi.

Sedangkan di baris keduanya Mazda CX-9 mendapatkan sandaran tangan di bagian tengah yang sudah dilengkapi USB Ports untuk pengecasan daya ponsel.

Sama seperti Hyundai Palisade, Mazda CX-9 juga mendapatkan Sunroof yang membuka dan menutupnya hanya dengan menekan tombol. Selain itu ada juga fitur elektrik tailgate yang dapat membuka pintu belakang hanya dengan mendekatkan kaki ke bumper saja.

Fitur keselamatan unggulan keduanya terbilang sangat baik?

Bukan Mitsubishi Pajero Sport, Berikut Musuh Utama Hyundai Palisade 2021! 07

6 airbag All New Hyundai Palisade

Sebagai fitur standar, Hyundai Palisade 2021 mendapat buah 6 airbag di bagian depan, ditambah sepasang airbag di samping untuk melindungi area dada dan panggul.

Sedangkan curtain airbag di bagian kiri dan kanan memberikan perlindungan untuk kepala bagi seluruh penumpang.

All New Palisade berhasil mencatat tingkat keselamatan yang baik melalui penghargaan tertinggi 5-Star Overall Safety Rating dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) 2020 dan The Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) 2020 di Amerika Serikat.

Teknologi smart driving terbaru dihadirkan pada SUV flagship Hyundai ini termasuk Blind-Spot Collision Warning (BCW), Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW).

Selain itu, terdapat Safe Exit Assist (SEA) yang dapat mendeteksi kendaraan yang datang dari arah belakang dan secara otomatis tetap mengunci pintu, sehingga mencegah penumpang untuk keluar.

Ada juga Rear Occupant Alert (ROA) untuk mengetahui pergerakan di dalam mobil dan memberi peringatan kepada pengemudi pada saat keluar dari mobil untuk memberitahukan bahwa masih ada penumpang di belakang.

Bukan Mitsubishi Pajero Sport, Berikut Musuh Utama Hyundai Palisade 2021! 08

Fitur i-ASTIVENSE Mazda CX-9

Sedangkan Mazda CX-9 sendiri mendapatkan fitur keselamatan unggulan berupa i-ACTIVSENSE.

I-ACTIVSENSE ini meliputi Adaptive LED Headlights (ALH), Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Lane Departure Warning System (LDWS), Lane Keep Assist System (LAS), Smart City Brake Support (Forward & Reverse)(SCBS F & R), Pedestrian Brake (F)dan terakhir Driver Attention Alert (DAA).

Fitur keselamatan standar yang ada pada Mazda CX-9 di antaranya, 6 buah Airbags, ISOFIX child-seat anchors For rear seats, High-mount stop lamp, Side-impact door beams, Collapsible steering Shaft & injury-minimizing brake pedal, Neck injury mitigation front seats, dan terakhir Ring Structure unibody construction SKYACTIV-BODY.

Hyundai Palisade 2021 kalah tenaga dari Mazda CX-9?

Bukan Mitsubishi Pajero Sport, Berikut Musuh Utama Hyundai Palisade 2021! 09

Dyno test Hyundai Palisade 2021

Sebagai kendaraan Large SUV yang menyandang status premium, sudah bisa dipastikan bahwa Hyundai Palisade 2021 dan Mazda CX-9 akan sangat nyaman digunakan. Semua itu berkat spesifikasi yang dimiliki keduanya.

Akan tetapi, keduanya memiliki perbedaan karakter mesin. Hyundai Palisade 2021 sendiri menggunakan jantung mekanik berjenis diesel. Sedangkan Mazda CX-9 memakai mesin bensin konvensional.

Agar lebih jelas, informasi mengenai spesifikasi, kami rangkum melalui table di bawah ini.

Perbandingan jantung pacu
Keterangan Hyundai Palisade Mazda CX-9
Mesin R 2.2L CRDi inline 4-cylinder diesel with e-VGT

2.488 cc SKYACTIV-G 2.5 Turbo 4 silinder segaris, DOHC 16 valve, Turbocharged

Transmisi Otomatis 8-percepatan

Otomatis 6-percepatan

Tenaga 200 PS 231 PS
Torsi 440 Nm 420 Nm
Sistem penggerak FWD & AWD FWD & AWD

Meski memiliki jumlah tenaga yang tergolong lebih kecil dari Mazda CX-9, Hyundai Palisade 2021 mempunyai torsi yang lebih unggul. Selain itu, konsumsi bahan bakarnya juga terbilang lebih efisien berkat karakter yang ada pada mesin diesel saat ini.

Oiya, bicara transmisi yang ada pada Hyundai Palisade 2021 dapat diatur menggunakan tombol shift-by-wire (SBW).

SUV ini juga menyediakan Drive Mode yang terdiri dari COMFORT, ECO, SPORT dan SMART.

Bukan Mitsubishi Pajero Sport, Berikut Musuh Utama Hyundai Palisade 2021! 10

Transmisi Hyundai Palisade 2021

Selain Drive Mode, Hyundai Palisade 2021 juga dilengkapi dengan Multi-Terrain Control yang terintegrasi untuk beralih dari Drive Mode dan Terrain Mode. Dengan mengaktifkan Terrain Mode, Hyundai Palisade 2021 dapat menjelajahi berbagai kondisi medan yang ada.

Melalui pilihan mode SNOW, MUD, dan SAND yang ada di fitur Terrain Mode, All New Palisade dapat memberikan daya cengkram pada ban lebih optimal.

Kesimpulan

Bukan Mitsubishi Pajero Sport, Berikut Musuh Utama Hyundai Palisade 2021! 11

All New Hyundai Palisade

Hadir sebagai Large SUV kelas premium, Hyundai Palisade 2021 bukan tandingan Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Nissan Terra, bahkan Isuzu MU-X. Secara dimensi, harga, fitur, serta penampilan, SUV terbaru Hyundai ini lebih layak diadu dengan Mazda CX-9 yang sama-sama dijual dengan harga di atas Rp750 juta.

Sebagai tambahan, Hyundai All New Palisade dihadirkan dalam 3 varian, Prime, Signature, dan Signature All-Wheel Drive (AWD). Trim terendahnya dibekali velg alloy berukuran 18 inci, sedangkan varian Signature dan Signature AWD menggunakan velg alloy berukuran 20 inci.

Sebagai SUV premium, yang menganut mesin diesel dengan dorongan turbo, Hyundai Palisade 2021 mempunyai tingkat konsumsi bahan bakar terbilang sangat efisien, ramah lingkungan, dan bertenaga. Tenaga yang dihasilkan diklaim mampu menorehkan daya terbaik di kelasnya, namun tetap memenuhi aturan emisi.

Bukan Mitsubishi Pajero Sport, Berikut Musuh Utama Hyundai Palisade 2021! 12

Tampilan samping Hyundai Palisade 2021

Oiya, Hyundai Palisade 2021 ini dihadirkan dalam beberapa varian warna eksterior, Timeless Black, White Cream, Steel Graphite, dan Moonlight Cloud. Sementara pilihan interior tersedia dalam Black Mono-tone, Black+Burgundy, dan Navy+Warm Grey.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru