window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

First Drive KIA Carens 1.5 2022 : Lebih Unggul dari Toyota Kijang Innova?

Dito · 13 Okt, 2022 19:57

First Drive KIA Carens 1.5 2022 : Lebih Unggul dari Toyota Kijang Innova? 01

  • Begini rasa mengemudi KIA Carens 1.5 2022.
  • Harga KIA Carens 2022 Rp389 juta - Rp449 juta.
  • KIA Carens tawarkan fitur di atas rivalnya.

Meski tren SUV sedang naik, pasar MPV tetap terbanyak di Indonesia. PT Kreta Indo Artha (KIA) pun mencoba peruntungan dengan membawa MPV andalannya, Carens. 

Dari sisi dimensi, mobil ini lebih sesuai masuk ke segmen Low MPV yang bersaing dengan Toyota Avanza, Hyundai Stargazer hingga Mitsubishi Xpander. Tetapi dengan harga hingga Rp449 juta justru pesaing terdekatnya adalah Toyota Kijang Innova.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

First Drive KIA Carens 1.5 2022 : Lebih Unggul dari Toyota Kijang Innova? 01

Tampilan belakang KIA Carens 2022

Lain halnya bila melihat spesifikasi mesin yang diusung yakni 1.400 cc Turbo. Mesin tersebut sejatinya bisa bersaing dengan medium MPV Wuling Cortez, meski dari sisi harga cukup berbeda jauh. 

Wuling Cortez terbaru harganya Rp329 juta saja. Sedangkan Toyota Kijang Innova, tipe 2.0 V A/T Bensin Luxury yang paling mendekati harga KIA Carens.

First Drive KIA Carens 1.5 2022 : Lebih Unggul dari Toyota Kijang Innova? 02

Posisi mengemudi cukup nyaman

Saat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 lalu, KIA sudah memberi kesempatan kepada media mencoba 1.4 Turbo. Kali ini, kami diberi kesempatan dalam acara Media Test Drive untuk mencoba KIA Carens 2022 bermesin 1.5 Naturally Aspirated. Dengan harga Rp389 juta, apakah lebih unggul dari Toyota Kijang Innova?

Baca juga : 2 Mobil Kia Ini Paling Laris di GIIAS 2022 Carens Termasuk?

Ruang Kabin Mewah dan Senyap

First Drive KIA Carens 1.5 2022 : Lebih Unggul dari Toyota Kijang Innova? 03

KIA Carens 2022 interior

Hal pertama yang patut diapresiasi pada KIA Carens adalah tampilan interiornya. Pada dasbor mulai dari door trim pengemudi membentang ke dasbor hingga door trim penumpang depan, terlihat kesatuan warna piano black. 

Tepat di tengah dasbor ada monitor layar sentuh berukuran 8 inci sebagai head unit. Fitur head unit pada kabin KIA Carens sudah cukup lengkap. Monitor 8 inci dengan layar sentuh sudah mempunyai konektivitas Bluetooth, Apple Car Play dan Android Auto.

First Drive KIA Carens 1.5 2022 : Lebih Unggul dari Toyota Kijang Innova? 04

Ada ambient light

Ditambah lagi ada 7 pilihan warna ambient light yang menambah nuansa mewah saat perjalanan malam hari. Kemewahan juga terasa dari speaker BOSE sebanyak 8 titik yang tersebar di kabin. Saat mencobanya kami mendengar suara yang premium, merdu dan jernih, berbeda dengan speaker standar pabrikan.

Kekedapan kabinnya juga cukup baik jika dibandingkan para rivalnya. Road noise pun tidak terlalu terdengar menyusup ke kabin. Meskipun bila dipakai berakselerasi kencang atau kick down, suara “jeritan” mesin tetap terdengar jelas.

Baca juga : Sediakan Dua Varian, Ini Dia Perbedaan Kia Carens Versi Indonesia dengan Versi India

Fitur Cukup Lengkap

First Drive KIA Carens 1.5 2022 : Lebih Unggul dari Toyota Kijang Innova? 05

Slot USB dan soket 12 volt

KIA Carens mempunyai tempat pengisian baterai smartphone yang lengkap. Mulai dari colokan 12V yang harus menggunakan adapter, ada juga colokan USB type-A, USB type-C hingga wireless charger. Rasanya apapun smartphone Anda bisa dicas selama perjalanan. 

Khusus cup holder bagian tengah, dilengkapi ventilasi AC atau penyejuk untuk menjaga minuman lebih segar meski dalam cuaca panas ketika dalam perjalanan. Panel instrumen sudah digital dengan beberapa informasi seperti konsumsi bahan bakar rata-rata, trip, dan juga ada tire pressure monitoring system (TPMS).

First Drive KIA Carens 1.5 2022 : Lebih Unggul dari Toyota Kijang Innova? 06

Jok depan dengan ventilated seat

Fitur lainnya yang tidak dimiliki oleh rivalnya adanya ventilated seat yang umumnya hanya ditemui pada mobil mewah di atas Rp500 juta. Fitur ini menurut kami cukup berguna ketika Anda melakukan perjalanan panjang di siang hari yang panas, bisa membuat sejuk bagian punggung.

Baca juga : Kia Carens 2022 di Indonesia Akan Punya Dua Pilihan Mesin, Segini Harganya

Pengemudi dan Penumpang Sama-sama Nyaman

First Drive KIA Carens 1.5 2022 : Lebih Unggul dari Toyota Kijang Innova? 07

Posisi penumpang jok baris kedua

Posisi mengemudi cukup nyaman dengan setir yang sudah disematkan fitur tilt dan telescopic. Visibilitas juga sangat baik karena pilar A yang cukup landai sehingga tidak terlalu mengganggu. Bantingan suspensi terasa pas, empuk dan nyaman. Mengingat ini adalah MPV, maka ketika membawa banyak penumpang dan barang tetap terasa nyaman melewati speed bump.

Handling setir terasa cukup presisi. Saat mencoba zig zag, masih ada terasa limbung tetapi tidak separah dari Toyota Kijang Innova yang memakai rangka ladder frame dan dimensi lebih besar. Kami juga sempat mencoba putar balik dan ternyata KIA Carens mempunyai radius putar yang kecil sehingga terasa mudah tanpa harus khawatir menyenggol trotoar di depan.

First Drive KIA Carens 1.5 2022 : Lebih Unggul dari Toyota Kijang Innova? 08

Audio BOSE hasilkan kualitas suara jempolan

Baris ketiga sebenarnya tidak terlalu lega dengan ruang kaki yang terbatas. Terlebih ban serep KIA Carens diletakkan di bawah bagasi sehingga sedikit memakan ruang pada lantai baris ketiga. Tapi jangan khawatir karena jok baris kedua bisa di maju-mundurkan untuk memberi ruang yang lebih baik untuk penumpang di baris ketiga.

Baca juga : Punya Fitur Tak Kalah Lengkap, Kia Carens 2022 Siap Teror Toyota Veloz

Kesimpulan

Dengan harga Rp389 juta, KIA Carens berhadapan langsung dengan Toyota Kijang Innova 2.0 G A/T Bensin dengan banderol yang mirip. Ada beberapa fitur yang membuat KIA Carens lebih unggul, seperti ventilated seat dimana belum banyak dipakai baik segmen low maupun medium MPV. 

First Drive KIA Carens 1.5 2022 : Lebih Unggul dari Toyota Kijang Innova? 09

LMPV rasa premium

Selain itu speaker Bose yang disematkan juga memanjakan telinga dengan suara yang lebih jernih dan merdu untuk menemani perjalanan. Tidak hanya fitur mewah, fitur sederhana seperti colokan charger smartphone hingga cup holder berpendingin patut diberi jempol. 

Meskipun dalam hal kelegaan kabin tentu masih nyaman Toyota Kijang Innova mengingat dimensi yang lebih besar. Terlebih pada baris ketiga dimana KIA Carens cukup terbatas dan rasanya lebih layak diduduki oleh anak-anak.

Baca juga : Umumkan Harga Carens, Kia Juga Tampilkan Sorento HEV di GIIAS 2022

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Kia Carens 1.4T Premiere (6 seats) 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil