window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Kelemahan Kia Carens 2 yang Harus Diwaspadai

Yongki Sanjaya · 21 Sep, 2023 15:00

5 Kelemahan Kia Carens 2 yang Harus Diwaspadai 01

Kia Carens 2 meluncur pada 2003 dan pensiun pada tahun 2008. Selama periode tersebut, Carens 2 sukses jadi compact MPV alternatif dari Kijang Kapsul yang menawarkan fitur canggih. Meskipun demikian, Kia Carens 2 tak lepas dari berbagai kelemahan.

Carens 2 hadir sebagai MPV compact yang seolah menjadi versi ekonomis dari Carnival. Dengan harga bekas paling mahal Rp55 juta, Kia Carens 2 memberikan semua aspek mendasar dari sebuah mobil modern. 

Baca juga: 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mulai dari mesin yang tenaga lumayan oke (130 hp), fitur yang cukup lengkap, hingga konfigurasi 7-seater yang umum dicari oleh konsumen Indonesia. Namun, mobil ini juga tak lepas dari beberapa kelemahan. 

Apa saja poin minus yang terdapat dari Kia Carens 2 tersebut? Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Mesin yang Lumayan Boros BBM

5 Kelemahan Kia Carens 2 yang Harus Diwaspadai 01

MPV asal Korea ini dibekali mesin berkapasitas 1.794 cc mengusung teknologi DOHC 16 katup, yang mampu menghasilkan daya 130 dk pada 6.000 rpm dan torsi 163 Nm @4.500 rpm

Bicara konsumsi BBM dari hasil kinerja mesin 1.800 cc di Kia Carens 2 ini sayangnya lumayan boros. Bagaimana tidak, perbandingan nya adalah 1:7 untuk konsumsi dalam kota dan 1:12 untuk konsumsi rute luar kota atau jarak jauh.

2. Mesin Gampang Ngelitik Akibat Bensin Oktan Rendah

5 Kelemahan Kia Carens 2 yang Harus Diwaspadai 02

Secara spesifikasi, mesin yang digunakan pada Carens 2 menuntut bensin dengan oktan 92. Jika pemilik sebelumnya sering menggunakan bensin premium oktan 88 atau mungkin kini oktan 90, mesin mobil mengalami knocking dan kurang bertenaga.

Efek jangka panjang, komponen bergerak di mesin bisa lekas aus sehingga perlu overhoul untuk memperbaiki jeroan mesin agar performanya kembali prima. 

3. Kerusakan Sensor Udara

5 Kelemahan Kia Carens 2 yang Harus Diwaspadai 03

Masih seputar mesin, masalah yang biasanya muncul berdasarkan pengalaman para pengguna Carens 2 yaitu pada sensor udara yang berada di dekat boks filter. 

Ciri-ciri Mass Air Flow (MAF) rusak paling gampang adalah mobil tidak bisa dinyalakan, atau bisa distarter tapi cuman nyala sebentar kemudian mesin mati lagi.

Untuk memeriksa kondisi MAF, coba copot soket MAF dalam kondisi mesin mati, kemudian nyalakan mesin mobil. Apabila mesin sehat, maka mesin bisa distarter walaupun rpm mesin terdengar seperti tersendat tidak bisa digas.

Kemudian coba soket MAF dipasang kembali. Apabila mesin berangsur-angsur mati atau tiba-tiba mati, maka tandanya (kemungkinan besar) MAF sudah rusak dan harus diganti.

Bila komponen tersebut rusak, maka ECU tidak bisa mencampur kombinasi udara dan bensin yang ideal. Ciri bila sensor tersebut rusak yaitu dengan melihat asap dari knalpot.

Semburan asap yang keluar dari lubang knalpot terasa pedas dan pedih aromanya bila terhirup atau terkena mata. Ini karena mesin terlalu kaya komposisi bensin, dan kurang asupan udara akibat sensor tersebut rusak. Solusinya cukup ganti sensor yang bermasalah tersebut dan mesin bisa kembali bekerja secara normal.

4. Pembagi Arus di Kabel Koil Kia Carens 2 Bermasalah

5 Kelemahan Kia Carens 2 yang Harus Diwaspadai 04

Sebagai mobil dengan sistem mesin yang cukup canggih pada masanya, tentu sistem elektrikal jadi hal yang perlu diperhatikan dari sebuah Carens 2. Dengan usia mobil yang mencapai 20 tahun, beberapa elektrikal fungsinya menurun termasuk kabel koil.

Dikutip dari akun Youtube Atmajaya Motor, bagian yang jadi masalah ialah pada bagian pemecah arus koil yang ada di kabel. Gejala yang bisa kita rasakan ialah tarikan mobil yang brebet.

Ini disebabkan karena pengapiannya yang bermasalah. Bila sudah merasakan gejala tersebut, jangan keburu memvonis koil yang bermasalah.

Apabila mengalami mesin pincang atau brebet, penyebabnya belum tentu dari koil atau busi, bisa saja kabel koil yang pemecah arusnya sudah ngaco. Bila sudah begini, kalian bisa ganti kabel koilnya terlebih dahulu.

Harganya relatif terjangkau, di bawah Rp200 ribu. Bila pengapian masih bermasalah, barulah kalian periksa bagian busi dan koil di Carens 2. Sebagai informasi, harga koil di Carens 2 berkisar Rp300 ribuan.

5. Kaki-kaki Kia Carens 2 'Njeduk' Saat Lewat Makadam

5 Kelemahan Kia Carens 2 yang Harus Diwaspadai 05

Hal yang cukup menjengkelkan di kalangan pengguna Carens 2 ialah kaki-kaki yang kadang muncul suara njeduk pelan saat lewat jalan tanah berbatu.

Padahal, kondisi kaki-kaki mobil sepenuhnya sehat dan tidak bermasalah bila dikendarai di jalan halus. Suara ini mirip seperti shockbreaker yang mentok, namun bukan karena masalah tersebut.

 Konon, penyebab njeduk ini karena rusaknya seal yang seukuran karet seal tabung gas LPG. Hal ini bisa diperparah bila kaki-kaki tidak terawat dengan baikm kerusakannya mampu menimbulkan suara yang tidak enak di dengar.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Kia Carens 1.4T Premiere (6 seats) 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil