window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga BBM Makin Mahal, Masyarakat Mulai Beralih ke Mobil Hybrid

Adit · 8 Jul, 2022 09:05

Harga BBM Makin Mahal, Masyarakat Mulai Beralih ke Mobil Hybrid 01

  • Harga BBM makin mahal, masyarakat mulai pilih mobil irit bahan bakar berupa mobil hybrid
  • Efisiensi mobil hybrid lebih tinggi ketimbang mobil konvensional, emisi gas buangnya juga lebih bersih
  • Kini Toyota cuma menjual 4 mobil hybrid

Dampak kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) rupanya berimbas pada perubahan preferensi mobil bagi sebagian masyarakat Indonesia. Mobil yang menjanjikan efisiensi BBM tinggi atau irit bahan bakar, seperti mobil hybrid kini semakin digandrungi banyak orang. 

Hal inilah yang diakui National Sales Division Auto2000, Yagimin. Bahkan menurutnya sejak dimulainya gonjang-ganjing kenaikan harga bahan bakar, permintaan akan mobil hybrid mulai menunjukkan peningkatan. 

Harga BBM Makin Mahal, Masyarakat Mulai Beralih ke Mobil Hybrid 02

Toyota Camry Hybrid

Baca Juga: Masuk Era Elektrifikasi, Sebaiknya Pilih Mobil Hybrid atau Sekalian Mobil Listrik?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Hybrid ini cukup luar biasa karena melihat situasi sekarang kustomer sudah mulai banyak mempertimbangkan keunggulan mobil hybrid, apalagi dengan harga bahan bakar melonjak cukup tinggi, ini membuat kustomer mulai mencari mobil yang hemat dan efisien, sudah banyak meminta model hybrid," katanya di Jakarta, Kamis (7/7/2022). 

Yagimin belum merinci total kenaikan permintaan mobil hybrid yang dikompilasi Auto2000. Namun yang jelas ada beberapa penyebab lonjakan permintaan model-model hybrid. Selain harga bahan bakar yang makin mahal, juga ada keterkaitannya dengan isu lingkungan. 

@autofun.indonesia Punya Rp 35 juta, Bakal Beli Motor Baru Apa Mobil Bekas? #tipsmobil #mobiltua #mobilseken #autofact ♬ original sound - AutoFun Indonesia

"Didorong juga kebijakan pemerintah untuk masuk ke era ramah lingkungan Euro 4, dan ini juga membuat sebagian kustomer kami mempertimbangkan kontribusi yang lebih baik, jadi untuk segmen tertentu mereka sudah menyasar model yang bisa memberikan sumbangsih emisi yang lebih rendah," sambungnya. 

Baca Juga: Mengenal Teknologi Mobil Plug-in Hybrid, Bisa Lebih Irit BBM Dibanding Hybrid Biasa

Mobil Hybrid Toyota Kini Cuma 4 Model

Bila menilik data wholesales Gaikindo, dalam hal ini secara distribusi dari pabrik ke diler secara nasional, bukan hanya yang dijual oleh Auto2000, performanya menurun pada periode Januari-Mei 2022 dibanding kurun waktu yang sama tahun lalu. 

Selama lima bulan pertama tahun ini, sudah 788 unit mobil hybrid yang terdistribusi ke jaringan penjualan. Sementara dibandingkan periode yang sama tahun lalu, pabrikan berhasil menyuplai 982 unit kendaraan jenis yang sama. 

Harga BBM Makin Mahal, Masyarakat Mulai Beralih ke Mobil Hybrid 01

Toyota Corolla Cross Hybrid, mobil hibrida terlaris saat ini di Indonesia

Keadaan bisa berbeda apabila perbandingan datanya sampai Juni atau tepat genap perbandingan satu semester tahun ini dan tahun lalu. Sayangnya data Gaikindo yang dirilis baru sampai periode Mei 2022. 

Portofolio mobil Toyota di segmen hybrid kini cuma menyediakan empat model yang terdiri dari Corolla Altis Hybrid, Camry Hybrid, C-HR Hybrid, dan Corolla Cross Hybrid. Sebelumnya ada Toyota Alphard Hybrid, namun sudah dihentikan penjualannya sejak 2019 lalu. 

Baca Juga: Jangan Keliru, Ini Perbedaan Mobil Hybrid dan Mobil Listrik Murni

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil