window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Bekas Truk Mitsubishi Fuso Canter Malah Bisa Lebih Tinggi dari Barunya

Prasetyo · 30 Okt, 2023 09:03

Mitsubishi Fuso Canter bekas

Mobil bekas umumnya mengalami depresiasi harga seiring pemakaian dari tahun ke tahun, namun  rupanya kondisi demikian tidak terjadi dengan harga bekas Mitsubishi Fuso Canter.

Loyalitas yang kuat para pengguna truk "Kepala Kunging" ini menjadikan harga unit bekasnya cenderung stabil, bahkan uniknya bisa naik setelah pemakaian lebih dari lima tahun.

Hal tersebut diungkapkan oleh Toni, Pengurus Pusat Canter Mania Indonesia Community (CMIC).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter Meluncur Tahun Depan, Sasar Pengusaha Logistik

Harga Bekas Mitsubishi Fuso Canter Bisa Naik Setelah Pemakaian 5 Tahun

mitsubishi fuso canter

Pengguna setia Truk Kepala Kuning

Toni menjabarkan, satu dari beberapa alasan banyak pengguna truk ini yang setia dengan brand Mitsubishi adalah harga jualnya yang tidak terlalu merosot.

Menurut dia, jika membeli truk dalam kondisi baru, biasanya dalam kurun waktu 1-4 tahun akan mengalami depresiasi harga antara 5 hingga 10 persen.

"Tapi kalau udah lebih dari lima tahun malah untung, ini lucunya," kata Toni ketika ditemui di sela acara Jamnas ke-10 CMIC di Kudus, Jawa Tengah, Minggu (29/10/2023).

Baca juga: Daimler dan Mitsubishi Fuso Bikin Kongsi dengan Hino-Toyota Bikin Truk Hidrogen

harga bekas mitsubishi fuso canter

Jika kondisinya terawat, harga bekasnya lebih tinggi

Lebih lanjut ia mencontohkan, ketika ada unit Fuso Canter bermesin Euro 4 hadir, banyak pengguna truk Canter ini yang mencari unit dengan spek mesin Euro 2.

"Karena banyak yang cari harganya naik, bisa sama dengan harga barunya waktu beli. Tapi biar mahal tetap dibeli kalau kondisinya bagus, terawat," ujarnya.

Toni sendiri mengaku pernah mengalami hal ini, ketika ia pernah membeli Fuso Canter generasi pertama lalu ia jual dengan harga di atas dari harga beli.

"Jadi bukannya buntung tapi untung, bisa untung 20 persen karena kondisinya memang dirawat baik," sebut dia.

Spare Part Mudah Bikin Gak Khawatir Kemana-mana

mitsubishi fuso canter bekas

Banyak juga yang dimodifikasi ekstrim

Selain harga jual, alasan utama yang diungkapkan Toni kalau dia begitu setia dengan Fuso Canter adalah urusan ketersediaan suku cadang.

"Yang paling enak dari mobil ini onderdilnya gampang, kalau pas mogok kena komponen yang vital, barangnya ready. Istilahnya dimana sih toko yang gak jual onderdil Canter," sebut dirinya.

Ia juga menceritakan pernah mengalami trouble saat melakukan perjalanan ke Nusa Tenggara Timur (NTT), dan ternyata di kota terpencil itu pun, suku cadang mobil ini masih tetap tersedia.

Baca juga: Liberty Walk Garap Body Kit Buat Truk Fuso, Begini Jadinya!

harga bekas mitsubishi fuso canter

Suku cadang mudah ditemui jadi alasan penggunanya loyal

"Kalau merek lain pernah sampai tunggu dua minggu itu pun dikirim dulu ke kota besar, jadi sekarang pilihannya ngapain dibeli kalau nyusahin," seloroh Toni.

Dirinya pun mengungkapkan, kalau para sopir tidak ada masalah dengan penggantian mesin spek Euro 4 dari sebelumnya Euro 2 di Canter.

Sebab untuk kesamaan komponennya nyaris tidak ada yang berubah kecuali sistem pembakaran dan pembuangan.

mitsubishi fuso

Layanan Mobile Workshop Mitsubishi

"Kalau untuk perbedaan komponen memang antara yang Euro 4 dan Euro 5 sekitar 50 persen komponennya sama kecuali di sistem commonrail da pembuangan," sebut Novian Taufiq, General Manager PT KTB (Krama Yudha Tiga Berlian Motors).

Novian menyebut, sama seperti konsumen mobil penumpang dari Mitsubishi, untuk para pembeli Fuso juga disediakan paket servis serta layanan purna jual terbaik di seluruh jaringan dealer Mitsubishi di Indonesia.

Bahkan KTB juga kerap memberikan promo servis dan suku cadang pada momen-momen tertentu, misalnya di acara Jamnas ke-10 CMIC ini.

@autofun.indonesia Rupa-Rupa Dandanan Truk Engkel #reviemobil #canter #fuso #modifikasitruk ♬ original sound - masakan.simple - Masakan Simple

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Mitsubishi L300 Cab Chasiss 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil