Harga Murah Alasan Daihatsu Sigra Geser Xenia Sebagai Mobil Terlaris Daihatsu? 

Yongki Sanjaya · 14 Jan, 2021 16:00

Sepanjang tahun lalu, masyarakat Indonesia menghadapi pandemi Covid-19 yang membuat penjualan kendaraan bermotor turun hingga setengahnya. Tidak cuma itu, tren pembelian konsumen juga bergeser. Ini membuat Daihatsu Sigra jadi mobil terlaris brand Daihatsu di Indonesia.

Pergeseran ini sudah muncul sejak pertengahan tahun 2020 lalu. Daihatsu melihat bila penjualan Xenia tidak begitu membaik. Adapun penjualan Sigra mengalami pertumbuhan yang semakin baik.

Berdasarkan data yang diolah Daihatsu, penjualan retail Daihatsu Sigra dari Januari sampai Desember 2020 sebesar 26.219 unit. Jumlah tadi mencapai sekitar 26,2 persen market share penjualan retail keseluruhan Daihatsu. 

Lebih lanjut, penjualan Daihatsu sepanjang tahun lalu didominasi oleh 3 model utama, yaitu Sigra dengan capaian sebanyak 26.219 unit (berkontribusi 26,2 persen), diikuti oleh Gran Max Pick-Up 24.297 unit (24,3 persen), dan Terios 14.493 unit (14,5 persen).

“Daihatsu bersyukur dapat menutup tahun 2020 dengan market share 17,3 persen secara keseluruhan. Penurunan penjualan Daihatsu juga masih lebih baik dibandingkan penurunan pasar secara nasional,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melalui keterangan resminya. 

Kondisi Pandemi Covid-19 Mendorong Orang Pilih Daihatsu Sigra Daripada Xenia

Di tengah masa pandemik Covid-19 ini, memang tetap ada kebutuhan akan mobil baru di masyarakat. Dalam konferensi pers di bulan Juni lalu, Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT Astra International, Daihatsu Sales Operation menyebut kalau untuk transaksi mobil baru ini cenderung dilakukan secara cash. 

Dari perubahan ini, membuat penjualan beberapa mobil Daihatsu meningkat secara presentase. Model kendaraan yang naik diantaranya yaitu Daihatsu Sigra dan Terios. Sebagai gambaran, konsumen dari Xenia bergeser ke Sigra karena mencari alternatif mobil yang harganya lebih murah. 

Meningkatnya komposisi penjualan khususnya di Sigra ini disebabkan karena dari sisi harga yang lebih terjangkau. Peningkatan penjualan Daihatsu Sigra ini tak lepas dari kebutuhan masyarakat Indonesia yang tetap mencari MPV sebagai incaran utama.

Budaya Beli MPV Jadi Faktor Kenaikan Penjualan Daihatsu Sigra

Hendrayadi saat itu menjelaskan, apabila orang Indonesia ketika sangat membutuhkan mobil, maka mereka akan membeli MPV. Melihat kondisinya, maka masyarakat pun lebih hati-hati spending saat membeli mobil yang dibutuhkan. Ini karena daya beli sedang menurun.

Untuk pilihan pembeli secara cash pun kian rasional, sehingga membuat penjualan Sigra dan Terios cukup meningkat. Lantas, bagaimana penjualan Daihatsu Xenia?

Penjualan Daihatsu Xenia bisa dikatakan tidak cukup baik. Bahkan, posisinya melorot di urutan keenam, bahkan di bawah Daihatsu GranMax minibus. Penjualan retail Daihatsu Xenia sepanjang 2020 hanya mencapai 9.231 unit atau 9,2 persen dari total penjualan Daihatsu.

Adapun kondisi penjualan otomotif nasional selama semester 2, terus menunjukkan trend peningkatan. Hal ini merupakan sinyal positif untuk memasuki tahun 2021, walaupun pandemi masih belum hilang.
 

Komentar