Harga Suzuki Carry Minibus 2021 Tembus Rp 262 Juta, Mending Beli Daihatsu Luxio atau Wuling Cortez?

Yongki Sanjaya · 10 Feb, 2021 16:00

Harga Suzuki Carry Minibus 2021 Tembus Rp 262 Juta, Mending Beli Daihatsu Luxio atau Wuling Cortez? 01

Suzuki Carry baru saja mendapat varian baru berupa minibus dan camper van. Namun demikian, keduanya bukan hasil garapan Indomobil selaku produsen. Suzuki Carry Minibus buatan karoseri ini harganya terbilang cukup mahal. 

Untuk varian Carry Minibus, PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) menawarkan harga mulai dari Rp 253 juta, sedangkan yang memakai AC dan power steering, mulai dari Rp 262 juta. Lumayan mahal untuk sebuah kendaraan penumpang hasil rombakan karoseri.

Lantas, apa menariknya Suzuki Carry Minibus dengan harga yang mahal itu?

Harga Suzuki Carry Minibus Mahal Tapi Interior Sederhana Dengan Fitur Standar

Harga Suzuki Carry Minibus 2021 Tembus Rp 262 Juta, Mending Beli Daihatsu Luxio atau Wuling Cortez? 02

Penampilan dashboard Carry Minibus mirip dengan model pick up. Hanya saja pada versi minibus ada penambahan head unit dengan layar termasuk kamera parkir. Lalu di dekat setir, ada tombol untuk menyalakan lampu tengah dan ambience light. 

New Carry Minibus memiliki ruang kabin yang lega dan muatan hingga 10 orang dalam 4 baris dengan banyak pilihan konfigurasi kursi. 

Untuk meningkatkan kenyamanan, kursinya pun didesain modern, dilapisi kulit sintetis. Sebagai mobil penumpang, maka Carry Minibus dilengkapi total empat charger conector di setiap baris tempat duduk. 

Lantai mobil didesain dengan model rata, dilengkapi plafon tertutup dan lampu interior dengan ambience light di tengah, serta AC double blower. 

Agar terlihat mewah, kursi pengemudi dan penumpang depan dilapis lagi dengan bahan kulit sintetis. Karena basisnya dari pick up maka penyetelan kursi pengemudi dan penumpang sangat terbatas, sekadar maju mundur saja, tidak bisa direbahkan. 

Harga Suzuki Carry Minibus 2021 Tembus Rp 262 Juta, Mending Beli Daihatsu Luxio atau Wuling Cortez? 03

Beralih ke kabin belakang, saat masuk, bukaan pintu memang luas dan sliding door membuatnya bisa diparkir di tempat sempit. Layaknya angkot, lantai kabin cukup tinggi sehingga agak merepotkan. 

Pada kabin belakang, ada tiga baris kursi dengan susunan 2-2-3, semua kursi ini dilapis bahan kulit serta bisa diatur kerebahannya dan dilipat.

Carry minibus ini jugs tidak akomodatif soal bagasi. Seperti era Carry lawas, ruang penyimpanan barangnya sempit ketika semua kursi ditegakkan. Kita cuma bisa menyimpan barang yang cukup besar di kolong kursi paling belakang. 

Dengan harga yang cukup mahal ini, Carry Minibus memang didesain sebagai kendaraan komersial untuk mengangkut banyak penumpang. Jadi bukan menyediakan kemewahan ataupun kenyamanan seperti mobil pribadi. Carry Minibus hanya fokus dengan seberapa banyak penumpang yang bisa diangkut dalam satu mobil.

Harga Carry Minibus Mahal, Mending Daihatsu Luxio

Harga Suzuki Carry Minibus 2021 Tembus Rp 262 Juta, Mending Beli Daihatsu Luxio atau Wuling Cortez? 04

Untuk segmen minibus ini Daihatsu punya pilihan yang lengkap. Ada GranMax yang sederhana atau Luxio yang lebih mewah.

Luxio cuma memiliki jok 3 baris yang kapasitasnya bisa mengangkut 8 penumpang dewasa. Semua varian, termasuk pada yang termurahnya sudah dilengkapi AC double blower dan armrest jok guna meningkatkan kenyamanan.

Bila melihat konfigurasi kursi yang tersedia, maka Luxio ini adil soal ruang kaki yang lega. Tidak ada baris yang kesempitan seperti pada Carry Minibus di baris kedua, dan lega di baris ketiga dan empat.

Harga Suzuki Carry Minibus 2021 Tembus Rp 262 Juta, Mending Beli Daihatsu Luxio atau Wuling Cortez? 05

Soal mesin hanya tersedia mesin 1.495 cc (3SZ-VE) DOHC VVT-i bertenaga 95 dk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 134 Nm pada 4.400 rpm. Daya maksimumnya dikawinkan pada transmisi manual 5-percepatan atau otomatis AT.

Berapa harga Luxio sekarang? Daihatsu Luxio tersedia dalam tiga tipe antara lain :

  • Luxio 1.5 D M/T MC Rp 205.950.000
  • Luxio 1.5 X M/T MC Rp 224.100.000
  • Luxio 1.5 X A/T MC Rp 235.200.000

Wuling Cortez, Pilihan Paling Rasional Rp 260 Jutaan 

Harga Suzuki Carry Minibus 2021 Tembus Rp 262 Juta, Mending Beli Daihatsu Luxio atau Wuling Cortez? 06

Bila melihat harga yang cukup mahal, kita bisa melirik MPV merek China yang harganya lebih rasional. Bila mencari mobil dengan fitur mewah harga murah, Wuling Cortez adalah jawabannya. 

Untuk kisaran harga serupa Carry Minibus, ada Wuling Cortez 1.5 CVT C yang dihargai Rp 259,8 juta. Wuling Cortez Tipe C tipe C menggunakan 16 inci Alloy Wheel with Machining. Wuling Cortez Turbo tipe C dibekali headlamp projector namun pencahayaan masih dari lampu halogen. 

Bicara soal konfigurasi kursi, untuk tipe C belum menggunakan captain seat. untuk Cortez CT tipe C yang tipe manual masih menggunakan bahan fabrique, sementara Cortez CT tipe C CVT dan L menggunakan bahan semi leather.

Harga Suzuki Carry Minibus 2021 Tembus Rp 262 Juta, Mending Beli Daihatsu Luxio atau Wuling Cortez? 07

Wuling Cortez CT tipe S maupun tipe C dan L, sudah dilengkapi beragam teknologi canggih diantaranya One Push Start/Stop Button, Keyless Entry. Cortez tipe C dibekali dengan multi information display (MID) berdimensi 3,5 inci untuk memberi informasi selama mengemudi.

Untuk dukungan hiburan mengandalkan Advanced 8" entertainment system, 4 speaker, tombol pengendali fungsi audio dan panggilan telepon via Bluetooth di kemudi, sensor parkir, kamera belakang, remote open window and trunk serta USB charging port di setiap baris bangku.

Fitur Keselamatan Wuling Cortez Lengkap

Pada varian Wuling Type C sudah dilengkapi fitur keselamatan yang cukup lengkap, diantaranya Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-Froce Distribution (EBD), Seatbelt hingga barus ketiga, ISOFIX, 4-Points Rear Parking Sensor, ISOFIX, Auto door lock by Speed, Hill Hold Control (HHC), Traction Control System (TCS), dan Rear Parking Camera.

ada juga fitur lain yang dimiliki oleh Wuling Cortez Type C:

  • Electronic Stability Control (ESC)
  • Tire Pressure Monitoring System (TPMS)
  • Automatic Vehicle Holding (AVH)

Kesimpulan

Melihat harga yang ditawarkan, maka Suzuki Carry Minibus ini cukup mahal untuk sebuah mobil penumpang untuk kebutuhan niaga. Pasalnya, Daihatsu Luxio yang punya interior lebih lega dan nyaman, harganya lebih murah.

Bila ingin yang lebih mewah, ada Wuling Cortez yang bisa menawarkan kenyamanan ala MPV 300 jutaan. Mesinnya juga sudah dibekali turbo yang membuatnya kian bertenaga. 

Jadi, masih tertarik membeli Carry Minibus untuk nostalgia Carry Futura?  

Komentar